Brilio.net - Uni Emirat Arab memang negara yang kaya, kecanggihan teknologinya pun tak kalah maju. Baru-baru ini kota sangat identik dengan sumber daya alamnya berupa minyak bumi, Dubai baru saja memperkenalkan pada dunia mobil polisi mini yang dipasangkan dengan teknologi pengenalan wajah.

Mobil-mobil ini nantinya akan mulai berpatroli di jalan-jalan di Dubai pada akhir tahun untuk membantu mengidentifikasi dan melacak tersangka yang masih berkeliaran.

Kendaraan keamanan beroda empat ini juga bisa menjadi pesawat tak berawak udara yang bisa digunakan untuk mengintai area dan orang-orang yang tidak dapat dijangkau oleh kamera CCTV atau robot.

Mobil yang dinamakan O-R3 ini bisa menavigasi sendiri dengan menggunakan algoritma pembelajaran mesin, namun polisi bisa mengendalikan robot dari jarak jauh dari balik meja komputer.

Kendaraan ini juga dilengkapi dengan 'thermal imaging' dan 'license-plate readers'. Pabrikan, Otsaw Digital yang berbasis di Singapura yang diklaim sebagai duo mobil-dan-drone pertama dari jenisnya.

Loading...

Otoritas polisi Dubai dan Otsaw mengatakan bahwa robot tersebut dimaksudkan untuk tidak menggantikan perwira, namun untuk mengelola sumber daya dan tenaga kerja dengan lebih baik.

"Kami berusaha untuk menambah operasi dengan bantuan teknologi seperti robot. Intinya, kami bertujuan agar jalan-jalan aman dan damai tanpa patroli polisi yang berat," kata Abdullah Khalifa Al Marri kepala polisi Dubai seperti dikutip brilio.net dari Science Alert, Sabtu (8/7).

Wah keren ya!