Brilio.net - Belakangan game Pokemon Go sedang digandrungi masyarakat luas. Game tersebut mengharuskan pemain untuk menjelajah antara dunia nyata dan virtual untuk menangkap makhluk yang berbeda yang muncul di layar ponsel. Uniknya makhluk tersebut diyakini ada di kehidupan nyata. Namun, para ahli telah memperingatkan bahwa pengguna iOS dari Pokemon Go menempatkan diri mereka dalam risiko dengan mendaftar menggunakan akun Google mereka. Mengapa demikian?

Seperti yang dilansir brilio.net dari dailymail.co.uk, Rabu (13/7), ketika kamu memberikan akses penuh, aplikasi permainan Pokemon Go ini rupanya dapat melihat dan memodifikasi hampir semua informasi di akun Google milikmu. Serem, ya?

Pokemon Go Risk © 2016 brilio.netfoto: theverge.com

Nah, akses penuh ini berupa hak istimewa yang kamu berikan untuk Pokemon Go sehingga aplikasi ini mampu melihat seluruh isi dan data di akun Googlemu, baik yang kamu log in di komputer pribadi, ponsel, atau tablet. Informasi yang dapat diakses meliputi semua email, semua dokumen perjalanan Google, riwayat penelusuran dan sejarah navigasi Maps, dan akses ke foto pribadi yang disimpan di Google Photo.

Pokemon Go Risk © 2016 brilio.netfoto: gamespot.com

Loading...

Namun kemarin, seperti yang dilansir brilio.net dari Polygon.com, Rabu (13/7), Niantic, perusahaan yang membuat Pokemon Go mengeluarkan pernyataan untuk Polygon mengenai pengguna iOS yang memberikan Pokemon Go akses penuh ke akun mereka dengan mendaftar untuk permainan.

Tanggapan Niantic adalah sebagai berikut:

"Kami baru-baru ini menemukan bahwa proses pembuatan akun di Pokemon Go iOS keliru dengan meminta izin akses penuh untuk akun Google pengguna. Namun, Pokemon Go hanya mengakses informasi profil Google dasar (khusus User ID dan alamat email) dan tidak ada informasi akun Google lainnya yang dapat diakses atau dikumpulkan. Setelah kami menyadari kesalahan ini, kami mulai bekerja dengan memperbaiki sisi klien dan hanya meminta izin untuk  informasi profil Google dasar saja, sejalan dengan data yang benar-benar diakses. Google telah memverifikasi bahwa tidak ada informasi lain yang diterima atau diakses oleh Pokemon GO atau Niantic. Google akan segera mengurangi izin Pokemon Go untuk hanya data profil dasar saja yang diperlukan Pokémon Go, dan pengguna tidak perlu khawatir lagi."