Brilio.net - Saat ini obrolan dan berkirim pesan dengan orang-orang terdekat tak lagi menggunakan sms atau pun telepon. Banyak aplikasi chatting yang bisa diunduh secara gratis dan mudah di smartphone. Salah satu aplikasi yang paling populer dan digunakan oleh orang-orang Indonesia adalah aplikasi chatting WhatsApp.

Apikasi ini memudahkan kita dapat mengirimkan pesan, foto, video dan melakukan panggilan video call secara cepat. Namun, di balik kemudahan itu terkadang juga ada hal yang mambuat kita kesal. Penyebabnya karena media penyimpanan yang tiba-tiba penuh oleh foto atau video yang dikirim dari teman-teman WhatsApp.

Seiring berjalannya waktu, hal tersebut membuat cara kerja smartphone jadi terganggu karena memori tak lagi mencukupi. Mungkin sebagian dari kamu mengalami hal ini, berikut cara mudah menonaktifkan fitur download otomatis di WhatsApp, Senin (15/9).

Cara mudah menonaktifkan fitur download otomatis di WhatsApp pixabay

foto: pixabay

Loading...

1. Kamu bisa membuka aplikasi WhatsApp, lalu pilih menu Setting atau tiga titik di kanan atas layar.

2. Kemudian klik Data and storage usage.

3. Setelah itu pilih bagian Media auto-download, dan tap When using mobile data.

4. Hilangkan centang di samping tulisan Photos, lanjutkan dengan klik Ok.

5. Lakukan hal serupa di bagian When connected on Wi-Fi dan When roaming.

Cara mudah menonaktifkan fitur download otomatis di WhatsApp pixabay

foto: pixabay

Namun, untuk kamu pengguna perangkat iOS cara mematikan fitur download otomatis ini tidak terlalu berbeda, bahkan lebih mudah. Kamu cukup memilih menu Settings dan klik Data and storage. Kemudian klik Photos lalu pilih Never, saat opsi muncul untuk menhentikan fitur auto-download.

Kamu bisa menghilangkan centang di sebelah Videos, Audios dan Documents di masing-masing bagian untuk mencegah apa pun bentuk media yang dikirim untuk diunduh ke smartphone.

Setelah kamu menonaktifkannya tidak akan ada bentuk media yang terunduh secara otomatis. Jika kamu ingin menyimpannya, kamu bisa meng-klik ikon download di tengah gambar.