Brilio.net - Untuk memulai di Vultr sangatlah mudah. Tidak seperti hostingan cloud lain, anda tidak perlu pengetahuan teknis untuk menyambungkan domain dan menginstall wordpress, membuatnya menjadi salah satu penyedia layanan cloud yang sangat ramah untuk pemula. Dan anda bisa mendapatkan website baru secara gratis dengan langkah-langkah ini. Yang pertama-tama adlaah syaratnya memiliki kartu debit atau kredit sebagai syarat registrasi awal dan anda akan mendapatkan kupon kredit sebesar 100$ lewat link ini. Bagi yang belum memiliki kartu kredit segera buat sekarang dengan juga gratis lewat BTPN Jenius, dan setelah membuat kartu jenius, anda akan bisa menggunakannya untuk registrasi di Vultr dan mendapat website gratis.

Langkah awal setelah membuka website Vultr adalah memulai akun anda adalah mendeploy server anda. Untuk melakukannya, pertama-tama, tentukan lokasi server. Saya rekomendasikan memilih tempat yang sangat dekat dengan kustomer anda dalam hal ini Indonesia.

Bagaimana cara menyambungkan domain dan menginstall Wordpress 

Kedua, anda perlu memilih tipe server anda, dengan memilih di bagian tab aplikasi, anda dapat memilih server yang belum di konfigurasi dan terlihat beberapa aplikasi terkenal termasuk Joomla, cPanel, dan kemudian Wordpress.

Pilih wordpress dan kemudian pilih rencana bulanan anda sesuai kredit gratis yang anda dapatkan. Saya rekomendasikan untuk memilih plan yang sangat murah karena nantinya anda bisa upgrade di kemudian hari.

Kemudian, kamu akan ditawari beberapa seri tambahan add-ons berbayar. Secara default tidak ada yang diwajibkan dan memang tidak terlalu diperlukan. Jadi anda bisa meninggalkannya. Dan anda tentunya bisa merubahnya di kemudian hari.

Loading...

Kemudian, tentukan nama hostname server anda sesuka hari.

Setelah memilih nama hostname, klik Deploy Now.

Setelah mengklik deploy, kamu perlu menunggu sekitar 60 detik untuk instalasi agar selesai. Itu akan selesai cepat dan anda akan melihat notifikasi screen ketika proses telah selesai.

Ketika telah selesai terinstall, langkah selanjutnya adalah untuk melengkapi instalasi wordpress anda. Langkah ini telah jelas terlihat di dalam server ketika anda mengklik server instance.

Apa yang perlu kamu lakukan setelahnya adalah mengikuti instruksi step by stepnya. Pertama-tama, kunjungi IP address untuk server baru dan login dengan dengan kredensial yang disediakan. Kemudian, lakukan langkah seperti biasanya untuk menginstall Wordpress termasuk mensetting nama website, nama user, dan password. Itu sangat mudah.

Sekarang wordpress anda telah ter set, dan sekarang apa yang perlu anda lakukan adalah menyambungkan domain anda ke instance ini. Dan ini juga sangat mudah, dan Vultr juga telah membuat instruksi di dashboardnya.

Buka ke penyedia domain anda seperti Godaddy dan kemudian update record A untuk merujuk ke IP yang baru yaitu ip server anda. Dan langkah terakhir adalah edit url wordpress agar sama dengan nama domain dari penyedia domain anda dan tunggu untuk domain sampai tersambung yang biasanya bisa beberapa menit dan paling lama sehari.

Untuk domain ini yang kadang demi mendapat domain bagus harus rela merogoh kocek. Tapi masih banyak yang menyediakan domain gratis dan simple seperti .tk dari Freenom atau .shop. Untuk nama domain gratis atau tidak itu terserah anda.

Sangat mudah serta anda tidak perlu membuka ssh atau command line. Tinggal klik-klik dan jadilah website baru anda secara gratis dengan kredit yang didapat dari mendaftar di Vultr. Dan anda tinggal mengurusi kustomisasi website anda sendiri entah dengan mengganti template atau menyesuaikan yang ada. Jadi cepat langsung buat akun Vultr sekarang.