Brilio.net - Menyusun jurnal ilmiah memerlukan patokan atau pedoman yang wajib digunakan. Tujuan dari penggunaan pedoman tersebut agar isi dari jurnal yang ditulis lebih terstruktur.

Dalam penulisan jurnal terdapat berbagai aplikasi untuk merapikan susunan struktur jurnal. Sebagai contoh adalah aplikasi Mendeley.

Aplikasi ini memiliki beragam fitur untuk memudahkan penggunanya. Terkait penggunaan dan fitur aplikasi Mendeley, berikut brilio.net mengulasnya, dikutip dari berbagai sumber, Kamis (10/3).

Apa itu Mendeley

Dikutip dari Wikipedia, Mendeley adalah sebuah aplikasi pada komputer yang dirancang untuk mengelola dan berbagai makalah penelitian, mencari data penelitian, dan bekerja sama secara daring untuk menyelesaikan sebuah penelitian. Aplikasi ini juga dapat membantu kamu dalam melakukan berbagai pengutipan dalam sebuah jurnal penelitian dengan baik dan benar. Mendeley juga membantu kamu dalam merapikan daftar pustaka.

Platform yang dimiliki Mendeley

1. Mendeley Dekstop

Dengan Mendeley Dekstop, kamu bisa mengakses data yang ada pada aplikasi ini secara offline. Selain itu, Mendeley Dekstop juga dapat kamu gunakan untuk menginput plugin citation dan bibliografi pada Microsoft Word pada perangkat kamu.

2. Mendeley web

Mendeley web merupakan platform Mendeley yang dapat kamu gunakan tanpa harus mendownload aplikasi Mendeley terlebih dahulu.

Dengan Mendeley web, kamu dapat mengedit profil dan membagikan referensi yang telah kamu koleksi kepada orang yang membutuhkannya melalui Mendeley Grup.

3. Mendeley Reference Manager

Mendeley Reference Manager merupakan aplikasi Mendeley yang dapat diinstal pada perangkat komputer kamu. Dengan menggunakan aplikasi ini, kamu dapat menggunakan Mendeley Reference Manager.

Mendeley Reference Manager memungkinkan kamu untuk mengakses data secara online dan menyimpannya di dalam cloud.

Mendeley Reference Manager memiliki fungsi sama persis seperti Mendeley web, dan keduanya akan selalu melakukan sinkronisasi secara otomatis.

Fitur Mendeley

1. Dapat berjalan pada Windows, Mac, dan Linux

Bagi kamu yang menggunakan Mac dan Linux tidak perlu khawatir karena Mendeley memiliki dukungan yang sudah dapat digunakan pada kedua platform tersebut.

2. Menampilkan metadata dari file PDF secara otomatis

Meta data atau ringkasan detail dari sebuah jurnal yang kamu cari akan ditampilkan secara otomatis oleh aplikasi Mendeley. Kamu bisa dengan mudah memahami point penting dari setiap jurnal yang ada pada aplikasi tersebut.

3. Backup dan sinkronisasi secara otomatis

Jika kamu menggunakan Mendeley Reference Manager maka secara otomatis data yang kamu miliki akan disinkronisasi oleh Mendeley web. Kamu tidak perlu khawatir jika suatu saat terjadi data hilang pada perangkat kamu. Kamu masih memiliki data yang tersimpan pada Mendeley web.

4. Impor jurnal pada situs external

Kamu dapat mempublikasikan jurnal yang telah kamu susun ke dalam situs external seperti Google Scholar dengan mudah menggunakan Mendeley.

5. Terintegrasi dengan berbagai software pengolah kata

Jika kamu menggunakan software pengolah kata seperti MS Word, Open Office, dan Libreoffice, dan sebagainya, kamu dapat membuka jurnal yang ada di aplikasi Mendeley dengan mudah.

6. Fitur jejaring sosial

Dengan fitur ini, kamu bisa saling berkomunikasi dengan orang lain untuk meminta atau mengirimkan jurnal yang dimiliki untuk kepentingan penelitian.

7. Free web storage 2 GB

Bagi kamu yang menggunakan aplikasi Mendeley, kamu dapat menggunakan penyimpanan pada aplikasi ini sebesar 2GB secara gratis. Kamu bisa menyimpan banyak jurnal yang berguna untuk penelitian yang kamu lakukan.