Brilio.net - Saat ini, media sosial memang sangat memengaruhi kehidupan seseorang, terutama para anak muda. Sayangnya, pengaruh sosial media tak selalu baik.

Menurut Psikolog Anak dan Remaja, Saskhya Aulia Prima, remaja memiliki potensi yang cukup tinggi untuk terserang cemas karena mereka sedang dalam masa mencari jati diri. Kondisi psikologis seperti ini dapat membuat kulit bermasalah, misalnya berjerawat, kusam dan sebagainya. Padahal, kesehatan dan penampilan kulit merupakan salah satu faktor utama yang dapat memengaruhi kepercayaan diri remaja putri.

Karena itu, salah satu langkah penting yang perlu dilakukan untuk membangun kepercayaan diri, terutama di era digital, dimana standar gaya hidup banyak dipengaruhi tren di media sosial, adalah dengan rutin melakukan self-care.

"Misalnya merawat kesehatan kulit serta membiasakan diri berolahraga agar tubuh tetap fit. Para remaja juga perlu mengeksplorasi hal-hal baru untuk mengenal keunikan diri sendiri serta membuat daftar syukur agar lebih fokus pada kelebihan yang dimiliki," ujarnya kepada media.

Bahkan menurut penelitian, selain dapat meningkatkan kepercayaan diri, orang yang memiliki personal grooming yang lebih baik memiliki kesempatan yang lebih baik dalam hal pekerjaan.

Loading...

Sementara itu, penulis buku Anti Salah Jurusan dan Co-Founder Tes Bakat Indonesia, Monic Christian, mengatakan di tengah ketatnya persaingan saat ini, para remaja di Indonesia perlu untuk dibimbing dalam mengenali dirinya sendiri secara lebih baik, agar mereka tidak keliru dalam memilih jurusan dan minat.

"Selain itu, mereka juga perlu untuk diarahkan agar mulai melakukan personal grooming sedini mungkin karena merawat diri merupakan salah satu investasi penting untuk masa depan yang lebih baik," ungkapnya.

Untuk lebih meningkatkan kepercayaan diri para remaja Indonesia, Nivea menghadirkan Nivea Soft Mix Me, krim pelembap yang hadir sebagai solusi 2-in-1 untuk wajah dan tubuh serta dapat digunakan sebagai DIY (Do It Yourself) skin care berkat formulanya yang ringan, cepat menyerap sehingga tidak terasa lengket.