Brilio.net - Kehadiran jaringan 5G sudah di depan mata. Jaringan seluler generasi kelima ini diharapkan mampu mengubah cara hidup dan bekerja masyarakat lantaran disebut memiliki banyak keunggulan dibandingkan dengan 4G.

Nah, buat kamu yang kesal karena jaringan internet lambat saat mendownload, jaringan 5G jadi solusi nyata. Dengan begitu, semua kegiatan yang membutuhkan jaringan internet dapat berjalan lebih cepat tanpa hambatan. Sebab, jaringan 5G mampu menyediakan konektivitas yang lebih luas berkat bandwith berkapasitas besar. Apalagi jaringan 5G bisa diimplementasikan dalam berbagai bidang.

Daripada penasaran yuk simak lima hal menakjubkan yang bisa kamu rasakan saat pakai jaringan 5G seperti dihimpun brilio.net dari berbagai sumber, Jumat (11/6).

1. Streaming konten beresolusi 4K tanpa buffer.

ANDA MUNGKIN MENYUKAI INI

keunggulan Oppo A74 5G © 2021 brilio.net

foto: shutterstock.com

Hal menakjubkan yang pertama yakni kamu bisa streaming konten beresolusi 4K tanpa buffer, loh. Pastinya ini sangat cocok bagi kamu yang suka menghabiskan waktu untuk streaming film di smartphone. Pasalnya bandwidth 5G yang lebih besar dari 4G memungkinkan pengguna untuk streaming atau mengunduh film bermemori besar hanya dalam hitungan detik.

Dengan jaringan 5G, streaming video dapat dilakukan bukan lagi di resolusi 1080p, melainkan di resolusi 4K atau lebih tinggi. Prosesnya sangat mulus tanpa buffer, loh.

2. Video call jernih, berkualitas, dan tanpa jeda.

keunggulan Oppo A74 5G © 2021 brilio.net

foto: shutterstock.com

Sama halnya dengan streaming film atau konten lainnya, komunikasi lewat video call sekarang ini menjadi salah satu kebutuhan penting. Kini jaringan 4G LTE memungkinkan pengguna seluler melakukan panggilan video call di smartphone.

Namun dengan jaringan 5G, konsumen dapat memaksimalkan pengalaman video call dengan resolusi lebih jernih dan berkualitas. Otomatis hal tersebut akan membuat aktivitas penggunaan internet tidak akan terganggu karena koneksi lebih stabil dan tanpa jeda.

3. Buka wawasan dengan teknologi augmented reality.

keunggulan Oppo A74 5G © 2021 brilio.net

foto: shutterstock.com

Pernah mendengar istilah augmented reality (AR)? Teknologi ini berhubungan dengan dunia nyata. Saat ini perangkat virtual reality (VR) dan augmented reality (AR) sudah semakin banyak. Dengan latensi yang rendah dan kecepatan yang konsisten, 5G bisa menghadirkan dunia augmented kapan saja dan di mana saja. Kondisi ini memungkinkan kamu mengontrol perangkat dari jarak jauh hampir secara real-time.

Teknologi ini bermanfaat bagi banyak sektor pekerjaan, bisnis, dan juga para gamer yang akan menikmati kecepatan tinggi dan kelambatan minimal sempurna untuk aplikasi VR dan AR dengan koneksi mulus.

4. Bermain game kelas AAA di smartphone.

keunggulan Oppo A74 5G © 2021 brilio.net

foto: shutterstock.com

Di antara banyak hal yang menakjubkan dari jaringan 5G adalah latensinya yang sangat rendah, yakni bisa mencapai 1 milidetik. Bandingkan saja jika menggunakan jaringan generasi sebelumnya yang latensinya 30-40 milidetik. Dengan begitu, kamu bisa melakukan cloud gaming atau multi player cloud gaming. Bahkan pengguna bisa bermain game kelas Triple AAA di smartphone secara online tanpa membebani grafik/CPU ponsel.

5. Tak perlu smartphone mahal untuk mengakses teknologi 5G.

keunggulan Oppo A74 5G © 2021 brilio.net

foto: Oppo Indonesia

Saat ini sejumlah produsen smartphone sudah meluncurkan ponsel yang bisa memanfaatkan jaringan 5G. Menariknya, harganya pun beragam. Ada OPPO terbaru diklaim sebagai smartphone 5G yang dibanderol dengan harga paling terjangkau, yakni OPPO A74 5G. Smartphone ini menjadi perangkat pertama di Indonesia yang memboyong platform Qualcomm Snapdragon 480 5G. Chipset ini menghadirkan peningkatan 100 persen dibanding prosesor generasi sebelumnya. Prosesor ini membuat OPPO A74 5G dapat mengunduh film atau file penting hanya dalam waktu hitungan detik.

Selain chipset tadi, keunggulan OPPO A74 5G turut mencakup NFC, baterai 5.000 mAh yang mendukung fast charging 18W, yang dapat mengisi daya ponsel 68 persen hanya dalam waktu 60 menit. Fitur Multi-Cooling System dengan beberapa tabung grafit tebal yang disematkan pada perangkat ini berfungsi mengurangi panas berlebihan ketika digunakan pada jaringan 5G. Sistem ini membuat pembuangan panas lebih efisien sekaligus mengontrol suhu secara mandiri.

Serta ada pula empat kamera belakang dengan kamera utama 48 megapixel dan kamera ultra-wide 8 megapixel. OPPO A74 5G hadir dengan layar berukuran 6,43 inci, beresolusi full HD+ 2400 x 1080 pixel. Layar ini juga sudah dibekali refresh rate 90Hz untuk sensitivitas yang lebih baik. Klik di sini untuk informasi lebih lengkap mengenai OPPO A74 5G.

keunggulan Oppo A74 5G © 2021 brilio.net

foto: Oppo Indonesia

Menariknya lagi, kini OPPO Indonesia telah menghadirkan platform belanja lebih segar bernama OPPO Official Online Store. Dengan mengunduh langsung aplikasi OPPO Store di Google Play Store, pelanggan akan direkomendasikan beragam produk lain yang sudah dikurasi terlebih dulu secara eksklusif oleh OPPO. Dengan demikian, produk yang ditawarkan kepada pelanggan atau calon pembeli mempunyai kualitas sesuai visi dan misi brand OPPO. Aplikasi OPPO Store juga sekaligus menjadi platform belanja yang mementingkan pelayanan konsumen lebih baik lewat fitur yang berkaitan dengan informasi service center.