Brilio.net - Sinyal tubuh dan gesture merupakan cara yang bisa digunakan untuk mengungkapkan sesuatu kepada orang lain, tanpa harus mengucapkan kata-kata atau kalimat. Namun yang perlu kamu tahu, beda negara, beda pula makna sinyal tubuh tersebut. Kalau kamu sampai salah dalam memberikan sinyal tubuh ke orang dari luar negaramu, bisa-bisa mereka salah mengartikan sinyalmu itu, begitu pula sebaliknya. Wah, bisa runyam ya kalau sampai keliru memahami sinyal tubuh dari berbagai negara tersebut.

Lantas apa saja sih sinyal tubuh yang kadang kita kira bermakna sesuatu, tapi ternyata di negara lain jauh beda dengan yang kita pikirkan? Nah, berikut deretan sinyal tubuh dari berbagai negara yang wajib kamu tahu biar nggak keliru, sebagaimana dirangkum brilio.net dari berbagai sumber, Jumat (12/5).

1. Memberikan jempol.

bahasa tubuh Istimewa

foto: buzzfeed.com

Di beberapa negara arti memberikan acungan jempol artinya positif ya, atau bermakna baik. Tapi di negara seperti Thailand, memberikan acungan jempol berarti sikap yang kekanak-kanakan, maknanya sama seperti menjulurkan lidah. Sedangkan di Iran dan Afganistan, mengacungi jempol artinya sama dengan menghina.

2. Mengacungkan dua jari.

bahasa tubuh Istimewa

foto: buzzfeed.com

Kalau mengacungkan dua jari di beberapa negara artinya adalah simbol peace, maka di negara seperti di Inggris dan Australia mengacungkan dua jari juga berarti seperti mengucapkan "terserah kamu".  

3. Menyilangkan dua jari.

bahasa tubuh Istimewa

foto: buzzfeed.com

Hati-hati kalau kamu menyilangkan dua jarimu, yakni jari telunjuk dan jari tengah saat berada di Vietnam. Sebab, menyilangkan dua jari di Vietnam mempunyai arti simbol genital.

4. Menyentuh kepala.

bahasa tubuh Istimewa

foto: buzzfeed.com

Jangan sembarangan menyentuh kepala di Thailand, Laos, dan Srilanka, ya. Sebab, menyentuh kepala di negara-negara tersebut berarti menghina. Karena di Thailand, Srilanka, dan Laos kepala dianggap sebagai simbol bagian tubuh yang paling sakral.

5. Mengangguk dan menggelengkan kepala.

bahasa tubuh Istimewa

foto: buzzfeed.com

Jangan sampai tertukar. Kalau kamu sedang berada di Bulgaria, menganggukkan kepala mempunyai makna seperti mengatakan "tidak", dan menggelengkan kepala berarti "iya", atau setuju terhadap sesuatu.

6. Memperlihatkan telapak tangan di depan wajah.

bahasa tubuh Istimewa

foto: buzzfeed.com

Memperlihatkan telapak tangan biasanya menandakan "berhenti" atau "stop", tapi di Yunani, memperlihatkan telapak tangan justru berarti berarti tidak menghargai dan menghina seorang yang tengah berada di depan wajah kita.

7. Menatap lawan bicara.

bahasa tubuh Istimewa

foto: buzzfeed.com

Menatap lawan bicara terlalu sering dan lama di Jepang juga menunjukkan suatu keagresifan, lho. Selain itu juga berarti tidak sopan dan tidak menghormati lawan bicara.

8. Membentuk jari menjadi simbol "OK".

bahasa tubuh Istimewa

foto: buzzfeed.com

Membentuk jari dengan membulatkan telunjuk dan ibu jari, dan membiarkan sisa jari lainnya membentuk angka 3 kita ketahui juga bisa menjadi simbol "OK". Tapi, di Brasil dan Jerman, simbol tersebut justru berarti kita sedang menghina orang lain.

9. Mengacungkan kepalan tangan.

bahasa tubuh Istimewa

foto: buzzfeed.com

Biasanya, mengacungkan kepalan tangan berarti memberi semangat atau menyemangati seseorang. Namun di Prancis mengacungkan kepalan tangan artinya justru menghina orang lain. Sinyal tubuh tersebut sama maknanya seperti mengacungkan jari tengah ke orang lain.

10. Membentuk jari menjadi simbol "rock and roll".

bahasa tubuh Istimewa

foto: buzzfeed.com

Jangan membentuk jari menjadi simbol "rock and roll" di Spanyol karena itu sama saja kamu menghina istri dari lawan bicaramu.

Nah, biar nggak salah mengartikan sinyal tubuh seperti berbagai negara di atas, kamu harus mulai memahami arti dari sinyal-sinyal tubuh tersebut. Bukan hanya perkara sinyal tubuh, sinyal dalam berkomunikasi juga penting untuk menyampaikan informasi secara tepat. Nggak mau dong, lagi nelpon kekasihmu di kota lain tapi sinyal handphone bikin nyesek? Obrolanmu jadi kacau.

Maka dari itu, kamu butuh sinyal yang bagus dan kuat. Kabar baiknya, kini telah hadir teknologi terbaru dari Samsung, Signal Max. Samsung Signal Max adalah teknologi dari Samsung Galaxy yang terdiri dari Multi Antenna dan D.A.T System. Teknologi Signal Max ini mampu mengoptimalkan penerimaan sinyal dan membuat sinyal lebih stabil.

Kapan pun dan di mana pun, kamu nggak perlu khawatir lagi kehilangan sinyal atau nggak bisa berhubungan dengan dunia luar. Signal Max ini sudah ada di Samsung J5 2016, J7 2016, J5 Prime, dan J7 Prime. Keren banget, kan? Buruan deh pakai Samsung Signal Max ini biar sinyalmu makin on terus!