Brilio.net - Belum lama ini Asus resmi merilis salah satu laptop terbaru mereka dari seri Vivobook. Laptop seri Vivobook dari Asus terkenal karena spesifikasi layar dengan panel yang tinggi.

Oleh karena itu, tidak jarang laptop dari seri Vivobook menjadi salah satu laptop yang sering digunakan untuk keperluan konten kreator. Kali ini Asus juga membekali layar dengan spesifikasi yang tinggi pada Asus Vivobook Pro 16X OLED.

Tidak hanya itu, performa yang dihasilkan oleh laptop ini juga sangat tinggi berkat adanya dukungan Processor dari Intel gen 11. Selain itu dukungan kartu grafis yang tinggi dari NVidia juga ikut serta dalam meningkatkan performa laptop yang satu ini.

Kira-kira seperti apa sih spesifikasi lengkap dari laptop Asus Vivobook Pro 16X OLED?. Untuk menjawab pertanyaan tersebut, berikut brilio.net telah merangkum dari berbagai sumber detail spesifikasi dari Asus Vivobook Pro 16X OLED pada Kamis (3/3).

Layar

Asus Vivobook Pro 16X OLED berbagai sumber

foto: asus.com

Asus membekali layar pada Vivobook Pro 16X OLED dengan spesifikasi yang sangat tinggi. Dengan layar seluas 16 inch, 4K (3840 x 2400) OLED, 16:10 aspect ratio, 0.2ms response time, 550nits peak brightness, 100% DCI-P3 color gamut, 86 Screen-to-body ratio, membuat layar dari Asus Vivobook Pro 16X OLED sangat cocok untuk menunjang keperluan konten kreator.

Dengan color gamut yang mencapai 100% DCI-P3 layar laptop ini akan memiliki warna yang sangat mirip dengan warna objek aslinya. Selain itu, berkat layar 4K 16 inch yang dibawakan Asus, Laptop ini juga memiliki tampilan yang luas dan tajam. Oleh karena itu, tidak heran jika Asus menyebut Asus Vivobook Pro 16X OLED sebagai laptop untuk konten kreator.

Processor

Asus Vivobook Pro 16X OLED berbagai sumber


foto: ark.intel.com

Asus Vivobook Pro 16X OLED datang dengan processor dari Intel gen 11 yaitu Intel Core i7-11370H. Processor yang satu ini memiliki 4 Cores dan 8 Thread dengan Max turbo boost hingga 4.8 GHz. Dengan Processor yang tinggi serta jumlah core yang banyak, performa dari laptop ini akan sangat cocok digunakan untuk keperluan berat seperti editing video dan keperluan konten kreator yang membutuhkan performa laptop yang tinggi.

Selain itu, konsumsi daya dari Intel Core i7-11370H juga termasuk rendah dengan TDP 35W. Tentu saja berkat TDP yang rendah ini, baterai dari Asus Vivobook Pro 16X OLED akan sangat irit untuk digunakan.

Kartu grafis

Asus Vivobook Pro 16X OLED berbagai sumber

foto: intel.com, nvidia.com

Asus Vivobook Pro 16X OLED dibekali dengan dua kartu grafis, yaitu NVIDIA GeForce RTX 3050 Laptop GPU dan Intel Iris Xe Graphics. GeForce RTX 3050 Laptop GPU merupakan kartu grafis untuk laptop dengan performa yang tinggi namun irit daya.

Dengan Boost clock hingga 1057 - 1740 MHz, serta 2048 Cuda Cores, laptop ini akan sangat lancar untuk keperluan editing berkat cuda cores dan boost clock yang tinggi. Selain itu TDP 35 - 80 W pada grafis ini juga akan membuat baterai dari laptop ini menjadi irit.

Sedangkan Intel Iris Xe Graphics dapat digunakan ketika kalian hanya menggunakan laptop ini untuk keperluan ringan seperti web browsing dan lain-lain. Sehingga konsumsi baterai Asus Vivobook Pro 16X OLED akan semakin irit.

RAM dan Penyimpanan

Asus Vivobook Pro 16X OLED berbagai sumber

foto: asus.com

Konfigurasi RAM dari Asus Vivobook Pro 16X OLED adalah 16GB Dual channel on board. RAM dari laptop ini sudah terpasang 16GB dan tidak tersedia opsi upgrade. Hal ini dapat dimaklumi karena Asus Vivobook Pro 16X OLED adalah laptop tipis dengan performa tinggi.

Jadi tidak heran jika Asus menanamkan RAM On board pada laptop ini. Namun dengan RAM sebesar 16GB, keperluan konten kreator atau membuka aplikasi berat yang lain akan tetap lancar tanpa ada hambatan.

Sedangkan pada bagian penyimpanan, Asus Vivobook Pro 16X OLED datang dengan kapasitas 1TB M.2 NVMe PCIe 3.0 SSD yang akan sangat lega untuk menyimpan banyak data kalian.

Baterai

Asus Vivobook Pro 16X OLED berbagai sumber

foto: asus.com

Asus Vivobook Pro 16X OLED memiliki kapasitas baterai yang tinggi namun juga tipis, Asus menyematkan baterai 96WHrs, 6-cell Li-ion dengan charger 120W. Dengan kapasitas baterai yang besar serta daya charger yang tinggi, laptop ini dapat mengkonsumsi daya dengan irit dan diisi kembali dengan cepat.

Ports dan Konektivitas Wireless

Asus Vivobook Pro 16X OLED berbagai sumber

foto: asus.com

Asus membekali laptop yang satu ini dengan banyak port di kedua sisi laptop ini. Pada sisi kiri terdapat 2 buah USB 2.0, sedangkan pada sisi kanan terdapat DC-IN, USB 3.1 Gen 1 (5 Gbps) HDMI, Thunderbolt 4, Micro SD Card Reader, dan 3.5 mm Audio combo jack.

Untuk laptop tipis, konektor yang terdapat pada laptop ini bisa dikatakan cukup banyak. Jadi bagi kalian yang memerlukan banyak port, laptop yang satu ini dapat memenuhi kebutuhan kalian.

Sedangkan untuk konektivitas Wireless, laptop ini sudah dibekali dengan Intel Wi-Fi 6 AX201, dukungan Wi-Fi 6/Wi-Fi ax, dukungan Gigabit Wi-Fi, dan Bluetooth 5.2.

Desain

Asus Vivobook Pro 16X OLED berbagai sumber

foto: asus.com

Asus Vivobook Pro 16X OLED memiliki dimensi 36.05 x 25.90 x 1.89cm dengan berat 1.95 kg. Selain itu, Asus juga memberikan dua pilihan warna pada laptop ini yaitu Comet Grey dan Cool Silver.

Operating System

Untuk menjalankan laptop ini Asus menggunakan Windows 11 Home yang juga disertai dengan Microsoft Office Home and Student 2021. Jika kalian ingin menggunakan laptop ini untuk keperluan mengetik, Asus Vivobook Pro 16X OLED sudah memiliki Office original permanen yang dapat kalian gunakan.

Harga

Asus membanderol laptop yang satu ini dengan harga Rp 22,9 jutaan lengkap dengan Windows 11 home original, Microsoft Office Home and Student 2021 dan Adobe Creative Cloud selama 3 bulan. Selain itu, Asus juga memberikan garansi Asus Perfect Warranty.