Brilio.net - Komik merupakan salah satu bacaan yang digemari berbagai kalangan. Komik seringkali menyajikan cerita yang sering membuat pembacanya penasaran.

Komik sendiri kebanyakan dikemas dengan gambar yang membuat penyajiannya menjadi semakin menarik. Terdapat berbagai macam genre komik mulai dari komedi, romantis, hingga aksi. Kamu tentu dapat memilih mana komik kesukaanmu.

Banyak orang membaca komik karena berbagai alasan. Ada yang membaca memang karena hobi. Ada pula yang membaca komik sekadar untuk mengisi waktu luang. Tapi apapun alasannya, membaca komik dapat memberikan hiburan tersendiri.

Dahulu orang membaca komik dalam bentuk buku yang dapat dibeli di toko-toko buku. Namun, kini orang jadi lebih mudah karena tersedia dalam berbagai aplikasi di Android. Berikut brilio.net telah merangkum 9 aplikasi baca komik yang dihimpun dari berbagai sumber, Kamis (10/1). Berikut rangkumannya.

1. Komiku : Baca Manga & Notif

Aplikasi Komik © 2022 brilio.net

foto: Play Store/Komiku : Baca Manga & Notif

Komiku merupakan aplikasi yang memberimu kesempatan gratis untuk membaca berbagai pilihan cerita komik. Aplikasi ini juga tersedia dalam versi bahasa Indonesia, sehingga kamu tidak perlu khawatir jika kesulitan dalam bahasa Inggris. Untuk cerita komik juga selalu di-update, jadi tentu akan ada cerita-cerita lainnya yang menarik untuk dibaca.

2. MangaToon: Web comics, stories

Aplikasi Komik © 2022 brilio.net

foto: Play Store/MangaToon: Web comics, stories

Aplikasi kedua adalah MangaToon: Web comics, stories. MangaToon adalah aplikasi gratis untuk membaca komik, manhua, manhwa & manga. Semua komik dikemas dengan berwarna-warni. Terdapat berbagai komik mulai dari action, romance, boys' love, comedy, horror, dan sebagainya. Berbagai jenis tersebut setiap harinya selalu diperbarui, jadi kamu tidak perlu khawatir akan kehabisan cerita.

3. WEBTOON

Aplikasi Komik © 2022 brilio.net

foto: Play Store/WEBTOON

Aplikasi ini merupakan surganya kisah-kisah epik, cerita pendek, manga, manhwa, dan komik harian. Kamu dapat mengaksesnya setiap hari dan di mana pun. Aplikasi Webtoon ini tersedia dalam 23 genre mulai dari horror, komedi, romantis, fantasy, action, dan sebagainya.

4. Komik: Comic Reader

Aplikasi Komik © 2022 brilio.net

foto: Komik: Comic Reader

Komik menawarkan berbagai macam fitur yang menarik. Fitur-fitur tersebut di antaranya, mampu mendeteksi dan sinkronisasi komik yang sangat cepat, membutuhkan ruang memori kecil, easy user dengan desain modern, dan memiliki proyek dan perpustakaan sumber terbuka

(github.com/onursert/komik).

Aplikasi ini juga dapat menjaga layar tetap aktif saat membaca.

5. WebComics

Aplikasi Komik © 2022 brilio.net

foto: Play Store/WebComics

WebComics merupakan salah satu aplikasi untuk membaca komik yang cukup populer. Melalui aplikasi ini, kamu dapat membaca komik dan mengobrol dengan lebih dari 8000 juta penggemar komik. Ya, dengan aplikasi ini kamu dapat menjelajahi minatmu, menceritakan kisahmu, dan menemukan kenalan di komunitas WebComics. Kamu juga dapat berkomunikasi dan berteman dengan orang-orang dari seluruh dunia.

6. Manta: Unlimited Comics

Aplikasi Komik © 2022 brilio.net

foto: Play Store/Manta: Unlimited Comics

Aplikasi selanjutnya yang wajib kamu coba adalah Manta. Kamu akan memperoleh cerita eksklusif setiap harinya. Manta juga memiliki fitur Adblock, sehingga kamu tidak perlu akan terganggu oleh iklan saat membacanya.

7. BILIBILI COMICS - Read Comics

Aplikasi Komik © 2022 brilio.net

foto: Play Store/BILIBILI COMICS - Read Comics

BiliBili Comics merupakan salah satu aplikasi yang cocok bagi kamu yang suka baca komik anime. Aplikasi ini tersedia secara gratis. Melalui aplikasi ini, kamu dapat menemukan lebih dari 300 komik anime asli yang diterjemahkan oleh penerjemah profesional. Kamu pun dapat menikmati komik dengan menyenangkan karena dikemas dengan karya berkualitas HD. Selain itu, komik dalam aplikasi tersebut dapat dibaca secara offline.

8. Tapas – Comics and Novels

Aplikasi Komik © 2022 brilio.net

foto: Play Store/Tapas – Comics and Novels

Aplikasi baca komik yang tidak kalah menarik adalah Tapas. Melalui aplikasi ini kamu dapat menikmati berbagai ceria baru setiap harinya. Kamu pun dapat membagikan kisahmu melalui aplikasi ini. Aplikasi ini merupakan rumah bagi beragam komunitas pembaca sekaligus bagi kreator dari berbagai dunia.

9. Free Comics - Pratilipi Comics

Aplikasi Komik © 2022 brilio.net

foto ilustrasi: pexels.com/Dayvison Tadeu

Aplikasi yang satu ini juga wajib untuk dicoba, terutama bagi kamu yang suka dengan ceria India. Pratilipi Comics adalah platform membaca komik paling populer di India. Kamu dapat menikmati komik dengan berbagai genre seperti fiksi ilmiah, fantasi, aksi/petualangan, horor, humor, dan romansa di aplikasi tersebut. Kamu dapat membaca komik tersebut secara offline. Lalu, kamu juga dapat membuat komunitas melalui aplikasi tersebut.

Reporter: Ferdian Ahya Al Putra