Brilio.net - Sudah bukan rahasia lagi jika kini hand phone (HP) menjadi salah satu perangkat wajib yang dimiliki setiap orang. Maklum, hampir semua kegiatan saat ini banyak mengandalkan HP. Apalagi sekarang semakin banyak HP pintar alias smartphone yang dapat menunjang beragam aktivitas dan gaya hidup digital.    

Selain itu, smartphone juga kini menjadi bank data bagi penggunanya. Mereka pasti memiliki beragam data penting di dalamnya. Karena itu setiap pengguna wajib menjaga agar smartphone tetap awet. Namun sayangnya masih banyak pengguna yang tidak menyadari jika kebiasaan mereka menggunakan smartphone justru bikin cepat rusak, baik yang ringan hingga kerusakan berat.       

Nah untuk menghindari berbagai kebiasaan buruk menggunakan smartphone, simak deh apa saja yang bisa menyebabkan smartphone kamu cepat rusak dan bagaimana cara menghindarinya.

1. Tidak menggunakan casing tambahan

ANDA MUNGKIN MENYUKAI INI

7 Kebiasaan yang bikin HP cepat rusak © 2021 brilio.netUnsplash.com 

Smartphone memang sudah didesain sedemikian rupa agar awet dari segi durabilitas. Meski demikian, kuat tidaknya sebuah smartphone tetap bergantung dari cara pemakaian pengguna. Jika kamu pengguna smartphone yang kurang hati-hati, adalah sebuah kesalahan jika kamu terbiasa memakai smartphone tanpa menggunakan casing tambahan.

Fungsi casing tambahan bertujuan agar body smartphone tidak menyentuh langsung ke suatu benda maupun permukaan. Selain itu, casing ini juga bermanfaat menjaga smartphone dari benturan. Dengan adanya casing, kamu tidak perlu khawatir akan rusaknya casing hingga retaknya layar saat smartphone terjatuh.

2. Tidak melakukan update software

7 Kebiasaan yang bikin HP cepat rusak © 2021 brilio.netUnsplash.com 

Nah ini kebiasaan yang sering banget dilakukan pengguna. Padahal sudah jelas saat ini smartphone menganut sistem pintar. Setiap vendor sistem operasi (Android dan iOS) biasanya menyediakan update yang mencakup peningkatan fitur, kinerja hingga keamanan.

Karena itu jangan biasakan tidak pernah melakukan update software ya. Meskipun mungkin terkadang ukuran update-nya besar, namun untuk kenyamanan pemakaian kedepan tetap worth it kok.

3. Menaruh di sembarang tempat

7 Kebiasaan yang bikin HP cepat rusak © 2021 brilio.netUnsplash.com 

Ini satu lagi kebiasaan yang kerap dilakukan banyak orang, yaitu menaruh smartphone di sembarang tempat. Kebiasaan ini cukup berbahaya lho, karena bisa saja smartphone kamu tidak sengaja jatuh, hingga terkena tumpahan cairan. Karena itu, letakkan smartphone di tempat-tempat yang sekiranya aman. Terutama jauhkan dari benda cair.

4. Membiarkan terlalu panas

7 Kebiasaan yang bikin HP cepat rusak © 2021 brilio.netUnsplash.com  

Nah jika saat menggunakan smartphone, kemudian terasa  perangkat tersebut panas, sebaiknya sih diistirahatkan dulu. Alasannya, suhu terlalu panas akan membuat komponen di dalam smartphone cepat rusak.

Seperti dilansir situs Uplotify, jika kebiasaan ini terus terjadi dalam jangka panjang, suhu panas ini bisa saja membuat smartphone menjadi matot alias mati total lho.

5. Menyalakan senter terlalu lama

7 Kebiasaan yang bikin HP cepat rusak © 2021 brilio.netUnsplash.com

Nah satu lagi nih yang sepertinya sepele tapi jika dilakukan terlalu sering bisa merusak smartphone kamu. Saat ini hampir semua jenis dan merek smartphone  memiliki fitur senter yang aktif melalui lampu flash.

Asal kamu tahu ya, jangan menyalakan lampu flash tersebut terlalu lama, karena dapat menyebabkan HP menjadi panas. Jika kamu memang butuh menyalakan lampu flash dalam waktu lama, maka beri jeda waktu. Misalnya 10 menit dinyalakan, 2 menit dimatikan.

6. Bermain game terlalu lama

7 Kebiasaan yang bikin HP cepat rusak © 2021 brilio.netUnsplash.com

Sudah bukan rahasia lagi jika bermain game di smartphone menjadi aktivitas dan hiburan yang kerap dilakukan pengguna, khususnya anak muda. Bahkan tidak jarang mereka bermain game hingga berjam-jam.

Namun perlu diingat ya, bermain game terlalu lama di smartphone dapat membuat komponen di dalamnya menjadi kurang awet. Penyebabnya, ketika bermain game, komponen smartphone akan dipacu kerjanya hingga hampir mendekati maksimal. Untuk itu jangan lupa beri waktu istirahat sejenak ketika sudah terlalu lama dipakai main game. Disarankan smartphone dimatikan saja ya.

7. Memakai smartphone sambil mengisi daya

7 Kebiasaan yang bikin HP cepat rusak © 2021 brilio.netUnsplash.com 

Ketika baterai smartphone akan habis, padahal sedang asyik menggunakannya untuk aktivitas tertentu, biasanya kamu akan langsung mengambil pengisi daya (charger) dan mengecasnya sambil dipakai.

Untuk jangka pendek dan sesekali saja sih tidak masalah. Namun jika kamu melakukan hal ini terus-menerus, komponen smartphone kamu lama-lama akan rusak nantinya. Umumnya yang pertama rusak adalah baterai.

Kebanyakan dimulai dari daya yang drop (cepat habis tidak sebagaimana mestinya) hingga baterai tidak bisa diisi daya kembali. Jadi daripada baterai smartphone kamu rusak, lebih baik sabar saja. Isi daya baterai terlebih dulu ya kalau habis.

(brl/red)

 

(brl/red)