Brilio.net - Sebagian besar profesional setuju bahwa saat ini kita sedang memasuki era kantor cerdas (smart office). Tapi apa sih sebenarnya smart office itu? Lantas apa yang membuat kantor menjadi ‘pintar?’ dan apa juga keuntungannya kantor cerdas ini? Sederet pertanyaan itu boleh jadi ada di benak banyak orang.

Sederhananya sih, kantor cerdas menggunakan perangkat teknologi terkini untuk menghubungkan para karyawan, di mana pun mereka berada. Sistem ini disebut-sebut memungkinkan para karyawan bekerja lebih cerdas, lebih baik, dan lebih cepat.

Di sejumlah negara, sistem smart office semakin dikembangkan. Mereka mengintegrasikan sistem otomatis untuk menjadikan kantor mereka sangat efisien, mengurangi biaya pengoperasian, dan membangun lingkungan kerja yang terhubung dan nyaman untuk para karyawan.

Smart Office © 2020 brilio.net

Ya, kantor cerdas telah menjadi istilah jagoan. Semakin banyak perusahaan mengadopsi solusi ini untuk mengubah lingkungan kerja menjadi domain cerdas, saling terhubung, dan berteknologi tinggi.

Loading...

Apalagi di masa pandemi seperti sekarang di mana banyak orang bekerja secara remote. Tentu saja situasi ini “memaksa” banyak perusahaan beralih ke dunia digital di era kenormalan baru. Alasan ini pula yang membuat perusahaan teknologi terkemuka asal China Huawei belum lama ini meluncurkan Huawei IdeaHub.

“Huawei IdeaHub memperkenalkan cara baru untuk bekerja di kehidupan normal baru. Membentuk ruang kolaboratif all-in-one untuk rapat yang lebih efisien, bertukar pikiran secara produktif, seminar pengajaran, dan banyak lagi,” ujar Jason Zhang, Presiden Departemen Cloud & AI Business, Huawei Indonesia.

Sistem ini merupakan inovasi smart office yang menggabungkan Huawei Cloud Meeting dengan berbagai piranti cerdas dan pemakaian bersama perangkat nirkabel untuk mengubah ruang kerja tradisional menjadi ruang kerja pintar. Sistem ini mengintegrasikan berbagai perangkat secara nirkabel sehingga memberikan pengalaman menyenangkan saat rapat, konferensi video, atau presentasi. 

Smart Office © 2020 brilio.net

Misalnya saja, dalam sistem ini menggunakan seri terbaru layar pintar yang sangat berorientasi pada kantor. Perangkat ini dirancang untuk pengaturan secara profesional di mana monitor dengan mudah diatur dan memberikan aura seperti berada di kantor.

Konferensi video menjadi lebih real dengan dengan kualitas 1080p high definition (HD) dan inovasi dalam komputasi grafis, artificial intelligence (AI), dan mesin codec video. Berbagai perangkat ini menciptakan tampilan gambar yang tajam dan jernih.

Sementara AI yang disematkan dalam IdeaHub Series memberikan pengalaman konferensi tanpa merasakan gangguan suara. Sebab AI bekerja dengan memblokir kebisingan di sekitar perangkat melalui algoritma eksklusif yang dikembangkan Huawei.

“Melihat pentingnya kolaborasi secara virtual, Huawei berinovasi dengan teknologi IdeaHub Series untuk menghadirkan fitur-fitur yang lebih efisien. Kolaborasi dapat dilakukan dari jarak jauh dan efisien karena mendukung rapat berbasis cloud,” kata Senior Product Manager Departemen Cloud & AI Business, Huawei Indonesia, Galuh Purnama.

Lantas apa sih keuntungan yang didapat perusahaan dengan menggunakan sistem smart office, berikut faktanya. 

1. Produktivitas meningkat

Smart Office © 2020 brilio.net

Berbagai penelitian menyebutkan sejumkah perusahaan di dunia berinvestasi besar-besaran mengembangkan infrastruktur modern dan canggih untuk mendapatkan manfaat peningkatan output dan pertumbuhan secara keseluruhan. Penggunaan peralatan berteknologi tinggi adalah cara baru untuk meningkatkan tingkat kreativitas dan inovasi yang ada di tempat kerja untuk peningkatan produktivitas.

2. Mengatur manajemen jadwal yang lebih baik

Smart Office © 2020 brilio.net

Solusi kantor cerdas menyederhanakan proses pengelolaan dan penjadwalan tugas untuk karyawan. Dengan penggunaan sistem dan perangkat otomatis, perusahaan dapat melakukan operasi bisnis yang efisien termasuk pembuatan jadwal pekerja yang akurat. Dengan konektivitas yang ditingkatkan, memungkinkan perusahaan berbagi dokumen, file, dan meningkatkan kolaborasi di antara karyawan.

3. Komunikasi yang lebih baik

Smart Office © 2020 brilio.nettheedgemarkets.com

Seringkali, kurangnya komunikasi dan arus informasi yang buruk menjadi alasan perusahaan dan bisnis berkinerja buruk. Nah dengan menggunakan peralatan berteknologi tinggi dan kantor cerdas memungkinkan stabilitas dan komunikasi yang efisien.

4. Lingkungan kerja yang lebih baik

Smart Office © 2020 brilio.net

Nah agar bekerja secara optimal, karyawan atau pekerja harus selaras. Lingkungan kerja yang damai dan produktif dapat menciptakan hasil yang diinginkan perusahaan. Dengan penggunaan smart office, lingkungan kerja yang kompetitif dan sehat dapat terbentuk.

5. Hemat waktu

Smart Office © 2020 brilio.net

Manajemen waktu adalah elemen klasik yang menentukan keberhasilan atau kegagalan bisnis apa pun. Dengan penggabungan perangkat berteknologi tinggi, pekerja dapat membuat rencana dan jadwal yang efisien untuk mencapai target bisnis tepat waktu. Dengan penggunaan penjadwal otomatis, karyawan dapat memeriksa tugas sehari-hari dan memantau kemajuan mereka untuk mencapai tujuan bisnis tepat waktu.

6. Meningkatkan retensi karyawan

Smart Office © 2020 brilio.net

Kantor cerdas dapat membantu perusahaan membangun budaya kerja yang positif dan memotivasi tenaga kerja. Tidak peduli seberapa berbakat atau terampil karyawan tersebut. Kegagalan menghubungkan mereka secara individu sebagai sebuah tim, menjadi sulit untuk mencapai target bisnis dalam tenggat waktu yang ditentukan. Karena itu perangkat kantor pintar dapat membantu meningkatkan komunikasi dan interaksi antar karyawan.