Brilio.net - Ajang kompetisi kreatif terbesar se-Asia Tenggara, LINE CREATIVATE 2016, memang yang paling ditunggu oleh para anak muda kreatif. Terbukti ribuan para kreator muda unjuk kebolehan untuk mengikuti kompetisi ini.

Puncak acara dari LINE CREATIVATE 2016 yang diselenggarakan di Mall Gandaria City, Jakarta pada 18-20 November lalu ini memang sangat menarik perhatian masyarakat. Para calon kreator muda terlihat sangat bersemangat untuk bertemu para kreator yang sukses meramaikan konten LINE, sepeti sticker, webtoon, dan game developer.

Nah, keseruan apa aja sih yang ada saat acara LINE CREATIVATE 2016 berlangsung? Berikut brilio.net rangkumin buat kamu, Jumat (2/12), 6 keseruan LINE CREATIVATE 2016:

1. Setiap booth ramai dikunjungi.

LINE CREATIVATE 2016 © 2016 brilio.net

Di LINE CREATIVATE 2016 ini ada beberapa pameran, di mana booth-booth menarik seperti LINE Pop Up Store, LINE TODAY, LINE Sticker, dan LINE WEBTOON menjadi daya tarik pengunjung.

Di beberapa booth, seperti booth LINE Sticker dan LINE WEBTOON, pengunjung bisa menyalurkan ide kreatif mereka untuk membuat karya komik atau sticker. Selain itu, pengunjung juga bisa mendapatkan berbagai merchandise serta boneka karakter sticker LINE, yaitu Cony atau Brown, saat mengikuti challenge di setiap booth.

2. Bertemu kreator beken.

LINE CREATIVATE 2016 © 2016 brilio.net

Dalam seminar di LINE CREATIVATE 2016 , para kreator memberikan inspirasi kepada para calon kreator muda yang juga ingin karyanya dikenal. Siapa aja yah kreator beken itu?

- Kreator webtoon Eggnoid.

Salah satu kreator webtoon yang mengisi seminar adalah Archie, penulis webtoon berjudul Eggnoid. Dalam seminar itu, ia menyampaikan mengenai inspirasi dalam membuat karya. Menurut wanita asal Bandung ini, banyak membaca cerita dari komik lain bisa jadi salah satu inspirasi. Nggak cuma itu, sebagai komikus juga harus melihat target pembaca, khususnya orang Indonesia.

Nah, kalau ditanya lebih tertarik genre seperti apa, begini jawaban Archie:

"Yang paling penting riset dulu target audiencenya ke mana. Tujuannya agar pembaca bisa lebih mengerti jalan ceritanya. Untuk saya sendiri sekarang ini pembaca webtoon lebih ke baper, galau, jadi saya membuat si karakter di Eggnoid ini juga lebih ke arah situ," paparnya.

- Game developer.

Salah satu game developer yang ikutan berbagi cerita di LINE CREATIVATE 2016 adalah kreator game Tahu Bulat, Eldwin Viriya. Game lokal buatan pemuda Bandung ini nge-hype banget dan jadi materi yang paling ditunggu saat seminar.

Bukan cuma setor muka dan ngobrol-ngobrol, tapi Eldwin juga berbagi cerita awal mulanya membuat game Tahu Bulat. Dia mengatakan awal mulanya karena Tahu Bulat pada saat itu sedang ramai di Bandung. Jadi, dia berniat membuat game tersebut. Siapa sangka, game yang dibuatnya ini menjadi yang paling banyak diunduh oleh masyarakat Indonesia.

- Kreator webtoon Si Juki.

Nah, webtoon ini cukup fenomenal. Soalnya versi buku cetaknya pernah dibaca sama Presiden Jokowi, lho. Nah di sini, kreatornya, si Faza Meonk, juga memberikan tips untuk menjadi seorang kreator yang karyanya bisa terkenal dan bisa dinikmati oleh banyak orang. Tips apa aja yang dibagi? Cus ke poin nomor 3, gengs.

3. Belajar cara kreatif.

LINE CREATIVATE 2016 © 2016 brilio.net

Tim brilio.net sempat mengikuti seminar yang diisi oleh Faza Meonk, kreator Si Juki. Banyak hal yang disampaikan oleh Faza mengenai pencarian ide saat membuat komik. Nah, hal ini menjadi salah satu inspirasi bagi para kreator yang ingin menjadi seorang komikus atau terjun ke dunia kreatif. Nih, tips dari Faza Meonk buat kamu yang gatel pengen berkarya kreatif:

- Kuatkan mental.

Menurutnya, saat karya kita sudah dipublish itu berarti kita sudah siap untuk mendapat kritik dan komentar dari para pembaca, karena nggak semua orang suka dengan karya kita.

- Lapang Dada.

Menyikapi komentar dengan lapang dada, ada kritik yang bisa jadi masukan. Buang energi kalian untuk balas komen.

- Bergaul.

Perluas networking, menurutnya, hal yang sangat penting. Karena di sana kita bisa berbagi cerita yang nantinya akan menjadi inspirasi untuk menulis.

- Kualitas.

Faza menjelaskan, ada ribuan judul di webtoon challenge, dan kamu harus siap bersaing. Hal yang harus diperhatikan adalah mengetahui polanya dulu, yaitu jadwal yang potensial untuk upload itu kapan, kamu harus bisa menganalisa. Selain itu juga konsistensi dalam penulisan hal yang tak kalah penting.

- Cara menjadi official webtoon.

Untuk menjadi official webtoon harus buat konten semenarik mungkin dan pilih genre yang fresh karena bertujuan untuk menjaring pembaca baru. Dan, menurut Faza, hal yang paling penting adalah jangan jadikan official sebagai salah satu tujuan kamu. Karena official hanya sebuah platform.

4. Tahu apa aja keuntungan menjadi seorang kreator.

LINE CREATIVATE 2016 © 2016 brilio.net

Dalam sesi seminar, para pembicara menjelaskan beberapa keuntungan yang didapat ketika menjadi salah satu pengisi konten LINE. Keuntungan tersebut antara lain:


- Kantong makin tebel, alias pemasukan finansial dari bikin karya yang disukai.
- Karya mereka bisa dinikmati oleh banyak masyarakat Indonesia.
- Bahkan ada kreator yang karyanya sampai dinikmati pasar luar negeri. Salah satunya adalah Archie, dengan karya webtoonnya berjudul Eggnoid yang masuk Top 10 webtoon di Thailand, lho.

5. Hari terakhir semakin ramai.

LINE CREATIVATE 2016 © 2016 brilio.net

Hari terakhir ajang kompetisi LINE CREATIVATE 2016 semakin ramai dikunjungi. Booth-booth yang memamerkan berbagai platform LINE tetap menjadi incaran para pengunjung.

6. Acara ditutup dengan penampilan Tulus.

LINE CREATIVATE 2016 © 2016 brilio.net

Keseruan di hari terakhir LINE CREATIVATE 2016 semakin seru ketika ditutup dengan penampilan Tulus. Tulus membawakan sekitar 10 lagu, dan diakhiri dengan lagu Pamit untuk mengakhiri perjumpaan di LINE CREATIVATE 2016. Aih...


Wah... seru banget nih, LINE CREATIVATE 2016. Sayang banget kamu nggak sempat dateng ke acara ini. Eits... tapi jangan terlalu kecewa dulu. Tahun depan acara serupa dengan keseruan yang lebih dahsyat juga akan tersaji, lho. Kamu juga bisa terus menikmati banyak karya kreatif melalui LINE.

Jangan lupa juga untuk terus mengasah kreativitasmu buat persiapan LINE CREATIVATE tahun berikutnya. Siapa tahu karyamu berupa sticker, webtoon, atau game bisa menang tahun depan. Selalu semangat berkreasi ya, gengs! Info lebih lanjut soal LINE CREATIVATE 2016 bisa kamu cek di sini.