Brilio.net - Oppo Indonesia tampaknya tak ingin setengah hati meluncurkan perangkat untuk kebutuhan anak muda. Tak hanya merilis Oppo Reno5 F, perusahaan smartphone ini juga melengkapinya dengan perangkat yang masuk ekosistem Internet of Things (IoT) yang sangat dibutuhkan di masa pandemi ini.

Ya, Oppo baru saja meluncurkan Oppo Band, wearable smart device mini yang punya fungsi besar. Tak seperti band lain, perangkat ini menghadirkan fungsi pemantauan berkelanjutan terhadap kadar oksigen dalam darah. Artinya, perangkat ini dapat memantau kadar saturasi oksigen darah (SpO2) setiap detik saat pengguna dalam kondisi tidur.

Oppo Band © 2021 brilio.net Aryo Meidianto A, PR Manager OPPO Indonesia(@yans_brilio)

Perangkat yang bisa melengkapi gaya hidup sehat anak muda ini juga membenamkan fitur 12 mode latihan. Menariknya, meski berdimensi kecil, perangkat ini memiliki layar mewah bertipe AMOLED 1,1 inci dengan 100% DCI-P3 color gamut.

“Tahun ini, Oppo kembali menghadirkan produk yang berorientasi pada gaya hidup sehat. Oppo Band merupakan wearable smart device terbaru yang masuk dalam ekosistem IoT Oppo yang berfungsi memantau kesehatan pengguna dengan tampilan premium,” ujar Aryo Meidianto A, PR Manager OPPO Indonesia.

Nah seperti apa kecanggihan dan manfaat perangkat kecil ini? Berikut faktanya.

1. Pelindung saat kamu tidur

Oppo Band © 2021 brilio.net

Didukung aplikasi Hey Tap Health yang telah disesuaikan untuk Oppo Band, kini pengguna dapat memantau waktu tidur lebih akurat, detak jantung, dan kadar oksigen dalam darah (SpO2) setiap detiknya, selama siklus tidur delapan jam.

Perangkat ini dapat melakukan pemantauan SpO2 non-stop 28.800 kali untuk keseluruhan saturasi oksigen pada tubuh pengguna. Fitur ini membantu pengguna untuk menentukan kebiasaan tidur yang lebih sehat dan berkualitas.

2. Sensor detak jantung

Oppo Band © 2021 brilio.net

Perangkat ini juga dilengkapi monitor detak jantung. Sensor optik internal dapat memantau detak jantung pengguna sepanjang waktu. Apabila detak jantung berubah terlalu tinggi, OPPO Band akan bergetar untuk memperingatkan pengguna tentang detak jantung yang tidak teratur. Dengan begitu, pengguna bisa mengukur detak jantung selama berolahraga untuk menghindari latihan yang berlebihan.

3. Hidup lebih aktif dengan 12 mode latihan

Oppo Band © 2021 brilio.net

OPPO Band memiliki 12 mode latihan untuk kebugaran. Fitur canggih ini dapat melacak dan memantau kegiatan fisik seperti berlari, berjalan, bersepeda, berenang, bulu tangkis, kriket, yoga dan hampir sebagian olahraga popular di kalangan anak muda. Oppo Band juga dapat merekam data latihan sehingga pengguna bisa memantau secara akurat perkembangan mereka melalui aplikasi Hey Tap Health.

4. Desain stylish untuk berbagai kegiatan

Oppo Band © 2021 brilio.net

Menanggapi kebutuhan generasi muda untuk memamerkan gaya khas dan pribadi mereka, Oppo Band hadir dalam versi basic sport yang tersedia dalam dua pilihan warna, hitam dan lavender. Sementara itu untuk tampilan jam tangan, Oppo Band menawarkan lebih dari 40 desain berbeda bagi pengguna.

5. Daya tahan lebih lama

Oppo Band © 2021 brilio.net

Oppo Band juga dapat berfungsi sebagai penghubung aktivitas di smartphone. Pengguna dapat menerima pesan dan pemberitahuan panggilan, mengontrol pemutaran musik, dan bahkan menemukan ponsel mereka melalui OPPO Band.

Sedangkan untuk performa, Oppo Band menggunakan prosesor berkinerja tinggi namun berdaya rendah. Dilengkapi dengan baterai berkapasitas 100mAh, perangkat ini dapat diisi penuh hanya dalam 1,5 jam dan menyajikan waktu siaga selama 12 hari penggunaan.

6. Harga dan ketersediaan

Oppo Band © 2021 brilio.net

Oppo Band dijual perdana pada 10 April 2021 dengan harga Rp549 ribu. OPPO akan melakukan penjualan kilat perangkat ini pada situs e-dagang Shopee.co.id mulai 4 sampai 9 April 2021, dengan promo cashback untuk konsumen sebesar Rp50 ribu.