Brilio.net - Banyak hal kecil yang terkadang sering kita abaikan dalam hidup. Misalnya, menghafal nomor kartu handphone yang kita pakai. Susunan angka yang rumit dan membingungkan menjadi sebagian alasan seseorang tidak mau menghafal nomor kartunya.

Padahal, mengetahui atau menghafal nomor kartu HP sangat penting dilakukan. Sebab, banyak aktivitas sehari-hari yang melibatkan penggunaan nomor kartu HP. Di antaranya saat aktivasi akun, registrasi berkas, mengisi formulir tertentu, dan masih banyak lainnya.

Ada banyak jenis kartu operator seluler yang beredar di Indonesia. Salah satu kartu provider yang cukup populer adalah kartu Tri atau 3. Sama seperti provider lainnya, 3 juga menyediakan pilihan kartu pascabayar dan prabayar. Selain itu, Tri juga menawarkan beragam pilihan paket data atau kuota internet bagi pelanggannya.

Tapi jika kamu lupa dengan nomor Tri yang kamu miliki, tak perlu panik atau khawatir. Pasalnya, ada beberapa cara mengecek nomor Tri yang bisa dilakukan dengan mudah dan cepat banget. Nah, simak ulasan 6 cara cek nomor Tri yang perlu diketahui, dihimpun brilio.net dari berbagai sumber, Minggu (26/12).

1. Melalui kode USSD.

Cara cek nomor Tri © berbagai sumber

foto: freepik.com

Cara mengecek nomor Tri pertama adalah menggunakan kode USSD. Cara mengecek nomor kartu Tri dengan kode USSD terbilang lebih cepat dan mudah. Apalagi kamu langsung bisa tahu nomor Tri hanya dengan memasukkan kode USSD saja. Berikut ulasannya tentang cara mengecek nomor kartu Tri dengan kode USSD.

a. Buka menu panggilan di Hp kamu.

b. Ketik *111*1#, lalu klik Call atau Panggil.

c. Tunggu hingga muncul pop-up berupa informasi nomor kartu Tri kamu. Tak hanya nomor kartu Tri yang bisa dilihat, kamu juga bisa tahu informasi pulsa, masa aktif, maupun pembelian paket.

Selain kode USSD *111*1#, pengguna Tri juga bisa mengecek nomor kartu Tri melalui kode USSD *123*2*1*1#. Untuk langkah-langkahnya sangat mudah, sama seperti cara di atas.

2. Melalui SMS.

Cara cek nomor Tri © berbagai sumber

foto: freepik.com

Cara berikutnya untuk mengecek nomor Tri yakni lewat SMS. Adapun cara mengecek nomor kartu Tri via SMS dapat kamu simak melalui ulasan di bawah ini.

a. Buka aplikasi pesan di HP kamu.

b. Tulis pesan SMS baru dengan format INFO(spasi) DATA.

c. Lalu kirim SMS tersebut ke nomor 234.

d. Tunggu hingga mendapatkan balasan SMS yang berisi informasi nomor Tri yang aktif di Hp kamu.

3. Melalui aplikasi Bima+.

Cara cek nomor Tri © berbagai sumber

foto: Instagram/@triindonesia

Saat ini Tri Indonesia telah mengembangkan sistem penyedia informasi kartu Tri berbasis aplikasi bernama Bima+. Aplikasi Bima+ merupakan sebuah aplikasi dari provider tri yang dikhususkan untuk pelanggannya. Dalam aplikasi ini kamu bisa melihat semua informasi mengenai nomor Tri, dari membeli pulsa, paket internet, hingga mengecek nomor Tri. Berikut langkah-langkah cepatnya cek nomor Tri melalui aplikasi Bima+.

a. Unduh dan instal aplikasi Bima+ di Play Store atau Apple App Store.

b. Buka dan login menggunakan nomor Tri sebelumnya.

c. Tunggu hingga nomor Tri muncul pada laman utama aplikasi.

Cara mengecek nomor Tri dengan aplikasi tentunya cocok kamu pilih jika sudah login di aplikasi tersebut. Kalau belum login tentu perlu memasukkan nomor kartu Tri sendiri agar dapat mengakses aplikasi Bima+.

4. Melalui operator Tri.

Cara cek nomor Tri © berbagai sumber

foto: freepik.com

Jika ingin mengecek nomor Tri dengan metode lain dan lebih praktis lagi, kamu bisa mencoba langkahnya melalui operator. Dengan menghubunginya, kamu akan mendapatkan informasi berapa nomor 3 yang kamu gunakan. Namun perlu diperhatikan, cara ini memerlukan tarif tambahan. Adapun cara mengecek nomor Tri melalui operator bika kamu simak ulasannya di bawah ini.

a. Buka menu panggilan di Hp kamu.

b. Lalu ketik 123, klik Call atau Panggil.

c. Tunggu hingga terhubung dengan operator Tri.

d. Sampaikan tujuan kamu untuk tahu nomor Tri

5. Melakukan miscall atau kirim SMS ke nomor lain.

Cara cek nomor Tri © berbagai sumber

foto: freepik.com

Cara cek nomor Tri terakhir dengan menghubungi nomor lainnya. Cara ini cukup umum dilakukan, tapi juga memerlukan sejumlah biaya untuk bisa melakukannya. Caranya kamu hanya perlu melakukan panggilan atau mengirimkan SMS ke nomor lain. Setelah itu, lihat nomor 3 kamu pada ponsel yang di miscall atau dikirimkan SMS.

6. Cek nomor Tri yang sudah diregistrasi.

Cara cek nomor Tri © berbagai sumber

foto: freepik.com

Tak hanya perlu tahu cara mengecek nomor kartu Tri, informasi tentang nomor yang sudah diregistrasi atau belum juga penting kamu ketahui. Berikut langkah-langkah mudah cara mengecek nomor Tri yang sudah diregistrasi. Cara ini juga bisa memberitahu kamu apakah nomor sukses sudah diregistrasi atau belum.

a. Buka menu pesan di Hp kamu.

b. Tulis pesan baru dengan format STATUS.

c. Lalu, kirim ke nomor 4444.

d. Tunggu hingga mendapatkan balasan SMS terkait nomor kartu yang sudah diregistrasi.

(brl/pep)

(brl/pep)