Brilio.net - Sejak kali pertama muncul, smartphone memberi banyak kemudahan. Perkembangan smartphone saat ini bahkan membuat banyak orang terkagum-kagum. Berbagai fitur terus diperbarui menjadi semakin canggih. Mulai dari desain, software smartphone, hingga kamera.

Kamera memang jadi salah satu fitur yang sering dipertimbangkan saat membeli smartphone. Nggak heran kalau semakin ke sini, kamera smartphone semakin canggih. Bahkan kecanggihannya kini hampir menyerupai kamera profesional.

Sekarang, mengambil foto atau bikin vlog bisa dilakukan dengan mudah pakai smartphone. Hasilnya nggak akan kalah bagus jika kamu bisa menggunakan dengan tepat. 

Biar hasil nge-vlog pakai smartphone makin maksimal, berikut lima tips yang bisa kamu ikuti seperti dilansir brilio.net dari berbagai sumber, Senin (10/5). 

ANDA MUNGKIN MENYUKAI INI

1. Tentukan konsep dan tema.

Oppodraftvlog istimewafoto: shutterstock.com

Merencanakan konsep dan tema merupakan poin penting yang nggak boleh dilewatkan saat akan membuat vlog. Kamu bisa memilih konsep dan tema sesuai minat atau menggunakan tren yang hangat dibicarakan warganet.

Nggak kalah penting, kamu juga harus menciptakan jalan cerita vlog dengan alur yang baik. Tujuannya tidak lain agar penonton tidak bosan dan bisa menikmati alur cerita vlog buatanmu.

2. Gunakan tongsis atau monopod.

Oppodraftvlog istimewafoto: shutterstock.com

Penggunaan tongsis atau monopod akan mempermudah proses pembuatan vlog. Selain itu, hasil video juga akan jauh lebih stabil tanpa ada banyak goyangan. Tongsis atau monopod juga banyak dijual di berbagai tempat dan punya harga yang relatif terjangkau.

3. Ambil gambar secara horizontal.

Oppodraftvlog istimewafoto: Oppo Indonesia 

Saat melihat video di YouTube, hampir semuanya dibuat dalam mode landscape. Video yang diambil secara horizontal memang lebih nyaman dan menarik dilihat. Khususnya untuk vlogging yang biasanya berisi video kegiatan sehari-hari atau momen traveling.

Biar hasil vlog lebih menarik, coba tambahkan dua perspektif sekaligus dengan memanfaatkan Dual-view Video dari Oppo Reno5. Salah satu fitur andalan Oppo Reno5 ini memungkinkan menangkap video melalui kamera depan dan belakang secara bersamaan.

Perekaman ganda dengan perspektif berbeda ini dapat dengan mudah menyatukan pengguna dan objek yang direkam dalam satu bingkai video. Dengan fitur ini video dapat menangkap semua reaksi dalam satu momen. Jadi, hasil vlog-mu bakal punya perspektif unik dan menarik.

4. Ambil stok video yang banyak.

Oppodraftvlog istimewafoto: Oppo Indonesia

Ketika membuat vlog jangan ragu mengambil stok video sebanyak mungkin dari segala angle. Stok video yang banyak akan membantumu mendapatkan hasil terbaik. Selain itu, kamu juga akan punya beragam pilihan video yang akan dimasukkan dalam vlog.

Nggak perlu khawatir warna dan pencahayaan video bakal berubah-ubah, fitur AI Highlight Video di Oppo Reno5 bisa mengatasinya. Fitur canggih ini secara otomatis mengenali kondisi pencahayaan dan menemukan solusi tepat untuk memastikan kualitas video tetap jernih dan jelas.

Hasil video yang dibutuhkan pun tetap maksimal meski berada di lingkungan redup maupun cerah. Berkat AI Highlight Video, kamu bisa mendapat stok video dengan kecerahan, warna, dan kejernihan optimal.

Nggak cuma itu saja, Oppo Reno5 masih punya banyak fitur canggih yang akan memanjakan para vlogger. Mulai dari AI Mixed Potrait, Live HDR, Ultra Night Mode, hingga Ultra Steady Video 3.0.

Buat kamu yang masih penasaran, bisa klik di sini untuk informasi lebih lengkap mengenai Oppo Reno5.

5. Edit video di aplikasi smartphone.

Oppodraftvlog istimewafoto: shutterstock.com

Kalau kamu berencana mengunggah vlog ke YouTube, maka proses editing video tidak boleh tertinggal. Untuk menyempurnakan hasil vlog, kamu bisa memasukkan background musik agar terasa lebih hidup. Beberapa teks atau animasi sederhana juga bisa kamu masukkan untuk memperjelas momen dalam vlog.

Saat ini kamu bisa mengedit video dengan aplikasi di smartphone. Sudah ada banyak aplikasi sejenis yang bisa digunakan dengan mudah.