Brilio.net - Memberi kesan pertama yang baik lewat Curriculum Vitae (CV) jadi hal penting saat melamar kerja. Selain pengalaman dan prestasi mentereng, foto profil dalam CV juga memegang peranan penting untuk menarik perhatian perekrut. 

Mencantumkan foto profil terbaik bisa memberi nilai lebih pada CV. Bukan sembarang foto, pastikan kamu menggunakan foto profil profesional yang menampilkan sisi terbaikmu. 

Jangan khawatir, foto profil profesional bisa dihasilkan hanya dengan menggunakan smartphone. Biar hasilnya maksimal, ada beberapa persiapan dan teknik yang perlu kamu ketahui untuk memotret foto tersebut. 

Apa saja itu? Yuk simak informasi selengkapnya di bawah ini, sebagaimana brilio.net himpun dari berbagai sumber, Selasa (22/2).

1. Aktifkan mode HDR di smartphone agar warna jadi cemerlang.

memotret foto profil profesional © 2022 berbagai sumber

foto: shutterstock.com

Pertama, aktifkan mode High Dynamic Range (HDR) di smartphone untuk menghasilkan kualitas gambar yang lebih baik. HDR mampu memadukan bagian terbaik dari tiga eksposur terpisah dalam satu foto. Dengan begitu, warna foto akan jadi lebih cemerlang. 

Selain itu, hindari menggunakan fitur zoom karena akan menghasilkan foto beresolusi rendah. Sebaiknya gunakan fitur potrait pada smartphone untuk hasil yang lebih sempurna.

2. Pencahayaan dan lokasi pemotretan.

memotret foto profil profesional © 2022 berbagai sumber

foto: shutterstock.com

Pencahayaan dan lokasi pemotretan bisa memengaruhi kesan profesional pada hasil foto. Ada baiknya menggunakan pencahayaan natural dari sinar matahari pada pagi hari. Hal ini karena pencahayaan dalam ruangan biasanya menciptakan bayangan yang mengganggu. Jika terpaksa, manfaatkan ring light untuk mengoptimalkan pencahayaan dalam ruangan. 

Sedangkan untuk lokasi, kamu bisa menggunakan background polos dan bersih sebagai pilihan yang aman. Background taman juga bisa digunakan, namun pastikan posisi matahari berada di belakangmu saat melakukan pemotretan di luar ruangan.

3. Gaya berpose yang profesional.

memotret foto profil profesional © 2022 berbagai sumber

foto: shutterstock.com

Berpose untuk foto profil profesional bukan berarti kaku dan tanpa senyuman. Sebaliknya, usahakan tetap rileks dan posisikan badanmu agar tidak langsung menghadap lurus ke kamera. Buat badanmu menghadap sedikit ke samping namun pandangan tetap lurus ke kamera.

Untuk hasil terbaik, posisikan kamera sejauh uluran tangan. Kemudian, buat sudut 45 derajat ke atas. Usahakan punggung tidak bungkuk dan bahu tetap rileks selama memotret. Jangan lupa tersenyum dan tatap kamera dengan rasa percaya diri.

4. Outfit profesional sesuai tipe pekerjaan.

memotret foto profil profesional © 2022 berbagai sumber

foto: shutterstock.com

Mengenakan outfit yang tepat tidak hanya penting saat wawancara kerja tapi juga untuk foto profil profesional. Hindari kemeja atau blus dengan warna dan pola mencolok. Hal ini karena piksel dalam gambar resolusi tinggi dapat membuat garis dan pola tampak terdistorsi. 

Gunakan warna gelap untuk membuat kesan wajah lebih cerah. Bagi perempuan, ada baiknya melengkapi penampilan dengan makeup yang lebih tebal. Hal ini untuk memperjelas kontur dan definisi wajah.

5. Gunakan smartphone yang mumpuni.

memotret foto profil profesional © 2022 berbagai sumber

foto: Instagram/@oppoindonesia

Tanpa perlu ke studio foto, kamu sudah bisa menghasilkan foto profil profesional bermodalkan smartphone. Untuk itu, pastikan smartphone yang digunakan sudah mumpuni seperti Oppo Reno7 5G. 

Seri Oppo Reno terkenal dengan kualitas kameranya yang apik, termasuk Oppo Reno7 5G. Seri smartphone ini memang didesain khusus untuk anak muda yang trendi dan suka memotret. Fitur-fitur di dalamnya akan memudahkanmu memotret foto profil profesional.

Oppo Reno7 5G dilengkapi Portrait Retouching, algoritma eksklusif Oppo yang mampu mengenali 193 titik di wajah. Urusan selfie juga naik kelas berkat fitur Ultra-Sensing Selfie menggunakan sensor Sony IMX709 yang dilengkapi dengan RGBW untuk mengoptimalkan pencahayaan.

memotret foto profil profesional © 2022 berbagai sumber

foto: Instagram/@oppoindonesia

Kerennya lagi, Oppo Reno 7 5G mempunyai teknologi kecerdasan buatan yang mampu membuat kedalaman bidang (depth of field). Teknologi ini memberi pengalaman layaknya saat mengambil foto menggunakan lensa DSLR dengan bukaan lebar. Fitur profesional ini memungkinkan pengguna untuk memotret dengan bukaan lebar mulai dari f 0.95 hingga f 0.16. 

Ingin tahu lebih lanjut teaser bocoran dua smartphone teranyar dari Oppo ini? Klik di sini untuk informasi lebih lengkap.