Brilio.net - Dunia jurnalistik terus berkembang. Salah satu penyebab perkembangan adalah temuan teknologi baru yang berkaitan dengan dunia jurnalistik. Teknologi itu kemudian mempengaruhi cara kerja jurnalis dalam mencari berita/informasi.

Sebelum ada internet misalnya, para jurnalis televisi menggunakan jasa angkutan untuk mengirim kaset video, sedang jurnalis media cetak mengirim via fax untuk bisa sampai ke kantor redaksi. Semua membutuhkan waktu dan proses yang tidak sedikit.

Nah, kamu pasti tahu kan apa saja inovasi teknologi yang mempengaruhi dunia jurnalistik. Berikut brilio.net rangkum dari berbagai sumber inovasi teknologi yang banyak berpengaruh pada dunia jurnalistik.

 

1. Alat Perekam Audio Digital.

v © 2017 brilio.net


Sebelum ada alat perekam audio digital, jurnalis hanya bisa mencatat apa yang disampaikan oleh narasumber. Tapi kini dengan adanya alat perekam digital, para jurnalis menghasilkan wawancara dengan cepat dan efisien. Secara drastis mengurangi waktu yang diperlukan untuk mengedit dan menyiarkan rekaman.

 

2. Media Sosial

v © 2017 brilio.net
foto: pixabay


Kehadiran MySpace, Facebook, Twitter, Instagram dan juga Friendster sebelumnya sangat berpengaruh pada dunia jurnalistik. Kini seorang jurnalis bisa dengan cepat berkomunikasi dengan narasumber melalui jejaring sosial.

Bagi jurnalis, jejaring sosial memungkinkan reporter dan ruang berita untuk berinteraksi langsung dengan masyarakat dan masyarakat. Sebagian besar lalu lintas operasi berita online berasal dari jejaring sosial saat pengguna merekomendasikan dan membagikan cerita individual, bukan publikasi individual, satu sama lain.

 

3. Google Map

v © 2017 brilio.net


Temuan ini punya manfaat besar bagi dunia jurnalistik. Google Maps pada dasarnya membuat jurnalisme berbasis data baik produksi dan konsumsi sehingga dapat diakses oleh semua orang. Semua menjadi mudah untuk disajikan. Maps, hingga hari ini, tetap menjadi komponen penting dalam dunia multimedia.

 

4. Laptop

v © 2017 brilio.net


Kamu pasti sering melihat para jurnalis yang menghadiri konferensi pers berkumpul. Di tangan mereka ada laptop yang memudahkan mereka untuk menulis dengan cepat. Mesin tik dan komputer desktop merevolusi jurnalisme modern, tapi komputer laptop itu membebaskan wartawan dari batas ruang berita. Sebagai laptop menjadi lebih kuat dan murah, mereka sekarang sering berfungsi sebagai laboratorium produksi multimedia mobile. Wartawan sekarang dapat menulis, merekam atau mengedit video atau audio, atau disiarkan langsung dari komputer laptop dan dari manapun di seluruh dunia.

 

5. Internet Wireless

v © 2017 brilio.net


Sebuah laptop tidak akan menjadi alat revolusioner bagi jurnalis jika bukan karena internet nirkabel. Wi-fi tempat perpustakaan informasi yang ada di web di ujung jari seorang reporter. Internet nirkabel juga memungkinkan untuk berbicara tentang berita dan peristiwa.