Brilio.net - Smartphone zaman sekarang kalau nggak iPhone ya Android. Ya nggak? Kedua raksasa smartphone dari Amerika ini memang mendunia. Hampir seluruh pasar smartphone di berbagai negara sudah menggunakan sistem operasi dari Apple dan Google ini. Memiliki keunggulan tersendiri, Android dan iPhone memiliki fitur-fitur yang tak dimiliki kompetitornya.

Penggemar iPhone selalu bangga dengan berbagai fiturnya yang ekslusif dan tak ada di smartphone lainnya. Eksklusivitas inilah yang membuatnya tetap populer walaupun harga iPhone sangat mahal dibandingkan smartphone lainnya. Tak heran, banyak fanboy Apple di berbagai pelosok dunia.

Tapi ternyata, sekarang beberapa fitur eksklusif tersebut bisa dinikmati oleh pengguna Android. Dengan menginstal aplikasi-aplikasi ini, kamu bisa menikmati smartphonemu lainya iPhone. Populer, ternyata fitur-fitur ini sangat membantu di keseharian.

Penasaran seperti apa? Dilansir brilio.net dari techviral, Minggu (28/7), berikut 5 fitur tersebut.


1. Mengedit screenshot.

 5 Fitur iPhone android © 2019 brilio.net

Pengguna iPhone sudah lama menikmati fitur pengedit screenshot. Dengan fitur ini, kamu bisa mengedit screenshot dengan menambahkan coretan atau mengkrop bagian yang tidak penting. Fitur ini sangat berguna bagi kamu yang sering berkirim gambar di aplikasi pesan instan.

Android sekarang juga memiliki fitur tersebut di dalam sistem operasinya. Pengguna sekarang bisa mengedit seperti memotong bagian tak perlu dan memberikan tanda di screenshot tersebut. Banyak sekali fitur edit screenshot yang tentu berguna bagi pemakainya.


2. Assistive Touch.

 5 Fitur iPhone android © 2019 brilio.net

iPhone mempunyai bulatan kecil yang membantu proses navigasi. Bulatan kecil ini bisa mengarahkanmu kembali ke home atau mengunci smartphone dengan mudah. Bentuknya yang kecil dan sedikit transparan membuatnya mudah digunakan dalam keadaan apapun.

Kini, fitur tersebut bisa dinikmati android dengan menginstal Assistive Easy Touch App. Aplikasi ini akan menghadirkan bulatan kecil tersebut dengan fitur-fitur seperti kembali ke home, mengunci, menyalakan Wi-Fi, dan lain-lain. Populer, aplikasi ini menawarkan kemudahan dengan memudahkan navigasi selama menggunakan smartphone.


3. Universal Search.

 5 Fitur iPhone android © 2019 brilio.net

iPhone mempunyai fitur pencarian yang sangat canggih yang memungkinkan penggunanya mengetikkan keyword dan langsung memunculkan semua hasil pencarian di satu tempat saja. Fitur ini sangat berguna jika kamu ingin mencari dokumen tertentu tapi lupa di mana menaruh filenya.

Android juga memiliki fitur ini dengan berbagai launcher third party yang populer di Google Play. Launcher yang mempunyai fitur universal search salah satunya adalah Nova launcher. Hanya sekali swipe, kamu bisa mengetikan keyword dan langsung mendapatkan hasilnya.


4. Notifikasi di komputer.

 5 Fitur iPhone android © 2019 brilio.net

Yang membuat iPhone berbeda dari yang lain adalah integrasi dengan ekosistem Apple. Notifikasi yang tampil di iPhone seperti iMessage bisa langsung tampil di Macbook. Kemudahan ini membuat kamu tak perlu repot-repot membuka dua gadget hanya untuk membalas pesan dari seseorang.

Android sekarang juga memiliki fitur tersebut dengan aplikasi Pushbullet. Aplikasi ini memungkinkan kamu untuk menerima dan membalas pesan di komputer secara realtime saat notifikasi tersebut masuk ke smartphonemu.


5. Fitur clipboard.

 5 Fitur iPhone android © 2019 brilio.net

Fitur Clipboard memudahkanmu saat ingin mengirim pesan panjang dan ingin meng-copy & paste kalimat dari berbagai aplikasi. iPhone sudah lama mempunyai fitur ini. Menariknya, fitur ini juga bisa bekerja dengan komputer. Jadi, hasil copy-an dari komputer bisa di-paste ke iPhone pengguna.

Dengan aplikasi Clipbrd Beta, pengguna Android bisa menikmati fitur ini. Pengguna tinggal menginstal ekstensi Clipbrd di Chrome dan mengunduh aplikasinya di smartphone. Aplikasi ini bekerja dengan mengambil hasil copy pengguna dan mensinkronkannya dengan gadget yang dimiliki seperti smartphone Android.