Brilio.net - Audio atau suara smartphone punya peran penting yang tidak bisa disepelekan. Kualitas audio yang buruk tentu akan mengurangi kenyamanan telinga.

Kualitas suara ternyata sangat memengaruhi kenyamanan menggunakan smartphone. Mendengarkan musik, bermain game, streaming video, atau melakukan panggilan dengan speaker, semuanya membutuhkan kualitas suara yang baik. Suara yang jernih dan bersih tentu akan lebih nyaman didengar.

Sayangnya, kebanyakan smartphone tidak memiliki kualitas dan volume suara sebaik perangkat spesialis seperti home theater. Meski begitu, ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk meningkatkan kualitas audio smartphone lho.

Apa saja itu? Yuk simak lima caranya di bawah ini sebagaimana dilansir brilio.net dari berbagai sumber, Kamis (10/6).

1. Cek pengaturan suara di smartphone.

Loading...

Enco_buds istimewa

foto: shutterstock.com

Cara pertama adalah dengan mengecek pengaturan suara yang ada di smartphone. Lebih dari sekadar mengatur volume suara, biasanya di dalam pengaturan ini ada beberapa pilihan untuk mengoptimalkan kualitas audio smartphone.

Salah satunya adalah fitur equalizer. Mengubah sedikit parameter equalizer ternyata bisa memberi perubahan yang signifikan lho. Kamu juga bisa menggunakan preset yang ada dan menyesuaikannya dengan lagu yang sedang diputar.

2. Instal aplikasi musik dan audio yang lebih baik.

Enco_buds istimewa

foto: shutterstock.com

Coba instal aplikasi musik dan audio yang memiliki opsi audio control untuk meningkatkan kualitas suara smartphone. Banyak sekali pilihan yang bisa kamu instal misalnya seperti Poweramp, MediaMonkey atau Equalizer+ yang tersedia di Play Store.

Setiap aplikasi punya kelebihannya masing-masing dalam mengatur kualitas audio. Cari dan pilih yang paling sesuai dengan kebutuhanmu untuk meningkatkan kualitas pengalaman suara.

3. Gunakan earphone nirkabel berkualitas bagus.

Enco_buds istimewa

foto: Oppo Indonesia

Nggak semua smartphone memiliki kualitas speaker atau tingkat volume yang baik. Hal ini pastinya mengganggu kamu yang gemar mendengarkan musik atau bermain game di ponsel. Kamu bisa mencoba menggunakan earphone nirkabel berkualitas untuk mengatasi masalah ini.

Salah satunya seperti Oppo Enco Buds yang bisa kamu andalkan. Oppo Enco Buds mampu memberikan kualitas suara luar biasa saat mendengarkan musik. Hal ini berkat koil bergerak 8 mm dan dukungan pengkodean audio AAC. Secara umum, semakin besar ukuran koil bergerak, semakin baik kinerja frekuensi rendah sehingga menghasilkan bass yang lebih dalam.

Earbud nirkabel ini bisa kamu gunakan seharian penuh berkat konektivitas dan daya baterai prima. Hanya dengan pengisian 15 menit, kamu dapat memainkan musik selama satu jam.

Enco_buds istimewa

foto: Oppo Indonesia

Chipset Bluetooth 5.2 menyediakan koneksi stabil antara ponsel dan Oppo Enco Buds. Koneksi nirkabel stabil ini memungkinkanmu berada 10 meter dari ponsel saat sedang menelepon. Kerennya lagi, peralihan otomatis antara earbud kiri dan kanan membuatmu bisa menggunakan salah satu atau kedua earbud dengan mulus.

Selain itu, perangkat ini juga dibekali fitur peredam bising berbasis model DNN. Model ini menggunakan algoritma cerdas untuk membedakan suara manusia dari kebisingan latar belakang saat kamu sedang menelepon.

Dengan Oppo Enco Buds, kamu juga bisa mengaktifkan Mode Game latensi super-rendah 80ms³. Fitur ini dapat mengurangi latensi game secara efektif dan menghadirkan sinkronisasi audio-visual lengkap.

Klik di sini untuk informasi lebih lengkap mengenai Oppo Enco Buds.

4. Gunakan bluetooth speaker.

Enco_buds istimewa

foto: shutterstock.com

Cara mudah untuk meningkatkan kualitas suara bisa dilakukan dengan memanfaatkan bluetooth speaker. Perangkat yang sudah banyak di pasaran ini akan membesarkan volume suara smartphone. Selain itu, saat menggunakan bluetooth speaker, kualitas suara yang dihasilkan akan tetap sama meski kamu berganti smartphone.

5. Install aplikasi headphone volume booster.

Enco_buds istimewa

foto: shutterstock.com

Sudah memaksimalkan pengaturan audio dan volume di smartphone tapi masih belum puas? Kamu bisa coba instal aplikasi headphone volume booster. Dengan menggunakan aplikasi pihak ketiga, kamu bisa menaikkan tingkat volume smartphone. Hasil suara pun bisa lebih maksimal.