Brilio.net - Ramadan kali ini masih sama dengan tahun lalu. Harus dilalui dalam kondisi pandemi Covid-19. Tapi bukan berarti semangat dan kekhusyukan dalam menjalankan ibadah Ramadan kendor ya.

Justru kamu harus lebih semangat. Apalagi saat ini aktivitas kamu mungkin lebih banyak dilakukan di rumah. Kamu bisa memanfaatkan smartphone untuk membantu meningkatkan ibadah selama berpuasa, misalnya mengaji atau tadarusan dengan membaca Alquran digital.

Terlebih selama Ramadan, beragam konten bernuansa keagamaan bertaburan di internet. Nah kamu bisa memanfaatkannya dengan berbagai kegiatan positif yang sifatnya menambah ilmu dan membantu semangat kamu saat berpuasa. Berikut tips memanfaatkan smartphone untuk menunjang ibadah Ramadan kamu.

1. Unduh aplikasi religi

5 Kegiatan puasa dengan smartphone © 2021 brilio.net @yans_brilio 

Saat ini berbagai aplikasi penunjang Ramadan untuk smartphone memiliki beragam fitur yang cukup lengkap. Misalnya saja aplikasi penunjuk arah kiblat, waktu sahur dan berbuka, waktu sholat hingga aplikasi Alquran digital untuk membantu kamu semakin rajin dalam beribadah.

Melalui ponsel cerdas, kamu bisa mengunduh beberapa aplikasi bernuansa islami dari Google Play Store, sebagai contoh aplikasi Muslim Pro atau Umma yang membantu kamu membaca Alquran dengan mudah sambil menunggu waktu berbuka puasa.

Namun saat membuka Alquran digital dan kajiannya di ponsel dalam waktu lama, muncul kekhawatiran mata menjadi mudah lelah dan pedih. Penyebabnya adalah blue light atau cahaya biru yang dipancarkan dari layar smartphone dapat berdampak negatif pada mata dan kesehatan kita secara keseluruhan.

Tapi berbekal perangkat lini seri A terbaru, Oppo A54, kamu tidak perlu khawatir akan dampak cahaya ponsel terhadap mata. Layar perangkat Oppo A54 telah dilengkapi fitur eye comfort yang dapat mengurangi cahaya biru guna mencegah ketegangan pada mata. Fitur ini dapat diatur agar senantiasa menyala atau always on, begitu pula dengan temperatur cahaya layar dapat disetel mulai dari cool hingga warm.

2. Membaca kajian agama

5 Kegiatan puasa dengan smartphone © 2021 brilio.net freepik.com

Kondisi Ramadan di masa pandemi seperti sekarang menjadi momen yang tepat buat kamu menambah ilmu dengan membaca berbagai kajian agama lewat smartphone. Nggak harus membaca topik atau tema yang berat-berat. Saat ini banyak aplikasi atau platform yang memuat konten Ramadan secara ringan tapi enak dibaca.

Nah melalui fitur sunlight screen, perangkat Oppo A54 akan menyesuaikan pengaturan kecerahan layar hingga 14,5 persen saat kamu membaca kajian agama di bawah sinar matahari. Fitur ini membantu tampilan teks dan aplikasi di layar tetap terlihat dengan jelas oleh mata. Sebaliknya, fitur moonlight screen akan mengurangi pancaran cahaya hingga 2 nits saat kamu berada di lingkungan gelap agar tidak menyilaukan mata.

Selain itu, Oppo A54 juga memberikan fitur berbasis kecerdasan buatan atau artificial intelligence (AI) yakni AI Smart Backlight. Fitur ini akan mempelajari kebiasaan pengguna saat menyesuaikan lampu latar dan merekam tingkat kecerahan sehingga di lain waktu agar dapat mengatur secara otomatis.

3. Mencari informasi terkait Ramadan

5 Kegiatan puasa dengan smartphone © 2021 brilio.net (Instagram @oppostore_indonesia)

Sudah menjadi rahasia umum jika selama Ramadan, sebagian besar umat muslim cenderung banyak menghabiskan waktu berselancar di internet. Biasanya sih mereka mencari berbagai informasi atau berbagai konten yang berkaitan dengan agama. Nggak heran jika kata kunci pencarian tentang zakat, doa-doa, jadwal shalat, puasa, kuliah tujuh menit alias kultum, hingga menu atau resep untuk berbuka dan sahur kerap meningkat selama Ramadan.  

4. Mendengarkan musik

5 Kegiatan puasa dengan smartphone © 2021 brilio.net freepik.com

Selain menambah ilmu dengan kajian-kajian dan informasi terkait agama, nggak ada salahnya juga jika kamu ingin memanjakan diri  sambil mendengarkan musik-musik religi. Maklum selama Ramadan umumnya banyak platform streaming musik yang menawarkan beragam lagu bernuansa religi. 

Jadi selain “mengisi” kepala kamu dengan berbagai konten dan informasi yang bermanfaat, kamu juga bisa meningkatkan mood dengan alunan lagu yang menyejukkan, apalagi dilakukan saat ngabuburit.       

5. Menonton video

Oppo A54 © 2021 brilio.net Oppo Indonesia

Sama seperti musik, selama Ramadan juga nggak jarang berbagai platform penyedia video yang menyajikan konten-konten religi, termasuk komedi. Kamu bisa menikmatinya beragam konten video ini untuk menghibur diri selama menjalankan puasa. Tapi ingat ya, jangan sampai lupa diri hingga lupa beribadah.