Brilio.net - Bagi beberapa orang, masalah uang memang selalu sensitif ketika dibahas. Seperti sebuah cerita di Twitter yang ramai menjadi perbincangan netizen lantaran masalah split bill saat kencan pertama seorang laki-laki dan perempuan.

Kegaduhan ini menjadi daya tarik netizen untuk mengomentari tentang etika split bill dan bagaimana seharusnya diterapkan ketika kencan bersama pasangan. Ketika hendak patungan dengan lebih dari satu orang, kita seringkali kebingungan untuk menghitung nominal atau bahkan sungkan jika ingin menanyakan tagihan ke teman.

Daripada meributkan masalah patungan, apalagi sampai bikin gaduh di media sosial, sudah ada beberapa aplikasi dompet digital yang memudahkan transaksi patungan. Kira-kira apa saja aplikasinya? Yuk simak ulasan brilio.net tentang 5 aplikasi mudahkan patungan yang dirangkum dari berbagai sumber pada Jumat (22/10).

1. Dana

Salah satu dompet digital ini menawarkan fitur split bill untuk mempermudah bayar tagihan bersama orang lain. Caranya cukup dengan buka aplikasi Dana. Tap Minta pada bagian atas layar. Tap Patungan. Lalu masukkan nominal yang ingin dibagi dan atur jumlah. Tap Tambah Partisipan dan pilih teman-teman yang ikut patungan. Kemudian tap Selesai lalu klik Patungan Yuk!

Kirim lewat aplikasi pesan atau media sosial kepada teman-teman yang ikut patungan dan patungan selesai.

2. GoPay

Sejak 2019 lalu, Gojek luncurkan fitur baru dalam GoPay. Mulanya, Gojek luncurkan fitur split bill untuk mempermudah acara berkumpul di bulan Ramadan. Bulan Ramadan menjadi momen di kalangan masyarakat untuk menjalin silaturahmi, seperti dengan mengadakan buka bersama.

Caranya pun cukup mudah. Tinggal buka aplikasi Gojek. Klik tombol Eksplor. Lalu klik tombol Minta. Klik menu Lihat Kontak. Kemudian pilih grup atau bikin grup untuk patungan. Pilih kontak yang mau kamu mintai saldo Gopay. Pilih tipe pembagian: bagi rata atau berbeda-beda. Pilih ikon tema untuk menerima pesan sebagai catatan patungan.

Minta saldo Gopay dan fitur patungan selesai. Tapi sayangnya, fitur patungan di GoPay ini hanya bisa digunakan untuk 51 orang termasuk dengan satu admin.

3. Jenius

dompet digital © 2021 brilio.net

foto: jenius.com

Menjadi sebuah layanan perbankan terbaru dari Bank BTPN, Jenius juga menawarkan berbagai fitur digital. Salah satunya adalah split bill. Split bill Jenius juga memudahkan membayar tagihan makan bersama teman-teman.

Caranya buka aplikasi Jenius. Pilih menu Split Bill. Tekan $Chashtag atau Tambah Kotak untuk menambahkan secara manual. Lalu teka Selesai setelah selesai memilih kontak.

Masukkan jumlah tagihan yang ingin dibagi, lalu atur ulang nominal pembayaran sesuai tagihan perorangan apabila diperlukan. Tambahkan catatan jika perlu. Kemudian cek rincian permintaan uang, lalu tekan Kirim Permintaan.

4. LINE

dompet digital © 2021 brilio.net

foto: official-blog-id.line.me

Selain menjadi aplikasi messenger, Line juga menawarkan fitur Line Split Bill sejak februari 2019. Kemudian pada tahun 2020, Line menambahkan kemampuan kenali tanggal, waktu dan nama toko pada split bill mereka.

Dari pembaruan ini, Line Split Bill dapat mendeteksi nama restoran, tanggal serta waktu saat kita memindai bon tagihan melalui Bill title.

Ada beberapa tahapan jika ingin menggunakan Line Split Bill. Pertama, buka aplikasi Line. Pilih Line Split Bill di Menu Chat di Line. Pindai tagihan secara langsung dari kamera atau mengambil gambar tahuan dari dalam galeri ponsel. Kemudian pilih teman di dalam Line atau dapat "Add a friend without Line" jika terdapat pengguna lain yang tidak menggunakan Line.

Cocokkan tagihan mana yang menjadi tanggungan masing-masing. Lalu bagi hasil Line Split Bill dan tagihan selesai.

5. SplitWise

Walau tidak sepopuler yang lain, SplitWise dirancang khusus untuk membagi tagihan bersama orang lain. Tidak hanya tagihan makan bersama, tagihan uang sewa kamar dan uang listrik bersama juga bisa dibayar melalui SplitWise. Aplikasi ini akan mengirim email atau pengingat kepada teman untuk membayar tagihan yang telah dibebankan.

Reporter: Annatiqo