Brilio.net - Di era digital saat ini, rasanya agak sulit untuk melepas gadget dan internet dari genggaman anak. Mereka yang terlahir di dunia serba modern sudah sangat terikat dengan alat-alat elektronik yang ada di sekitar mereka.

Terkadang, hal itu membuat mereka kecanduan dan akhirnya jadi melupakan tugas utama mereka, yaitu belajar. Namun, tidak semua hal yang ada di dalam internet itu buruk. Orang tua harus bisa mengawal si kecil dan memastikan hal-hal yang mereka lihat dan dengar adalah hal positif dan bermanfaat bagi mereka.

Salah satu caranya adalah dengan memilih konten atau aplikasi yang ada di dalam gadget mereka. Orang tua bisa memberikan aplikasi yang bermanfaat bagi mereka dan bisa mengajarkan sesuatu seperti beragam permainan di bawah ini.

1. Khan Academy Kids

4 Games anak © 2021 brilio.net khanacademy.org 

Permainan ini menjadikan berbagai macam hewan yang lucu dengan beragam warna sebagai karakter anak. Di dalam permainan ini, si kecil bisa belajar banyak hal seperti membaca, menulis, dan problem solving bersama hewan-hewan tersebut. Permainan ini bisa menyediakan berbagai koleksi buku dan video yang bisa dilihat si kecil kapan saja.

2. Math Land

4 Games anak © 2021 brilio.net mathlandgame.com

Permainan ini memiliki karakter utama yang Bernama Ray. Di dalam permainan ini, anak-anak harus menyelesaikan berbagai macam masalah matematika dasar untuk membantu Ray membuka kunci-kunci dan berlayar di laut. Permainan ini akan mengasah kemampuan matematika anak dengan cara yang menyenangkan dan sudah mencakup hampir semua permasalahan matematika yang harus diketahui anak, seperti penjumlahan, pengurangan, perkalian, pembagian, dan masih banyak lagi.

3. Chess for Kids

4 Games anak © 2021 brilio.net ChessKid.com

Cobalah untuk perkenalkan anak dengan catur sejak dini. Catur adalah permainan yang sangat baik untuk mengasah kemampuan otak anak. Di dalam permainan catur, anak akan didorong membuat berbagai macam strategi untuk menjaga Raja-nya. Permainan ini dirancang dengan penuh warna dan mudah digunakan, sehingga anak-anak tidak akan merasa bosan saat bermain catur di aplikasi ini.

Anak juga bisa bermain catur dengan anak-anak lain di seluruh dunia, namun tenang saja, ada kebijakan privasi yang membuat mereka tidak akan bisa menghubungi anak Anda. Penasaran? Yuk, coba unduh permainan ini.

4. Daniel Tiger’s Grr-ific Feelings

4 Games anak © 2021 brilio.net pbskids.org

Permainan ini adalah permainan edukasi yang sangat direkomendasikan, karena mengajarkan bagaimana cara untuk mengatur emosi sosial yang dirancang dengan cara yang seru dan menyenangkan. Di dalam permainan ini, anak akan mengidentifikasi dan menjelajahi berbagai macam emosi melalui seni, lagu, dan permainan.

Permainan ini juga akan melatih kemampuan berbicara anak serta mengajak mereka mengekspresikan emosi mereka melalui menggambar, memfoto diri mereka saat sedang marah atau bahagia, dan berolahraga.

Selain bermacam permainantersebut, orang tua juga bisa mencoba LingoAce, platform belajar Mandarin online untuk anak. LingoAce memang bukan aplikasi untuk bermain, namun cara belajar di kelas LingoAce itu sangat menyenangkan dan dipenuhi dengan berbagai macam permainan dan aktivitas interaktif seru lainnya!

Guru-guru di LingoAce adalah native speaker yang sudah memiliki banyak pengalaman mengajar sebelumnya. Ditambah lagi, program belajar di LingoAce sudah dibuat secara khusus—kurikulum yang digunakan LingoAce sudah bertaraf internasional. LingoAce juga menyediakan kurikulum untuk anak-anak yang belum bisa dasar bahasa Mandarin sama sekali. Jadi, jika si kecil belum pernah belajar bahasa Mandarin sebelumnya, tenang saja! Ingin mencoba kelas di LingoAce? Yuk, daftar sekarang untuk mengikuti kelas free trial LingoAce di sini