Brilio.net - Perkembangan teknologi semakin berkembang pesat sejak adanya internet. Melalui internet, manusia dimudahkan dalam berbagai hal. Baik dalam hal pencarian informasi, komunikasi, hingga hiburan. Fenomena ini tak lantas dibiarkan begitu saja. Para developer pun seperti tak habis ide untuk menciptakan beragam aplikasi terbaru, khususnya aplikasi media sosial.

Tak dapat dipungkiri, media sosial saat ini sudah sangat melekat pada kehidupan. Hampir setiap orang memiliki lebih dari dua akun media sosial yang hingga kini masih aktif digunakan. Salah satu yang cukup populer adalah aplikasi TikTok.

Aplikasi yang berasal dari China ini menawarkan cara asyik untuk membuat video menarik. Penggunanya bisa membuat konten video-video pendek dengan beragam musik dan filter, lalu membagikannya pada teman-teman atau publik.

Nah, untuk mendukung para kreator dalam membuat konten, TikTok kini sudah menghadirkan beragam fitur terbaru pada tahun 2020 ini lho. Kamu pun bisa langsung mencoba fitur ini setelah memperbarui TikTok yang terinstal di ponselmu.

Penasaran apa saja? Dihimpun brilio.net dari berbagai sumber pada Rabu (8/4), berikut 4 fitur terbaru TikTok di tahun 2020 ini.

1. Family Safety Mode.

Fitur terbaru TikTok 2020 berbagai sumber

foto: apkpure.com

TikTok merupakan salah satu aplikasi yang populer dan sudah diunduh oleh jutaan pengguna. Namun tak hanya remaja saja, anak-anak pun sudah banyak yang memiliki akun TikTok.

Demi keamanan dan kenyamanan dalam mengakses video, TikTok pun merilis fitur terbaru yakni Family Safety Mode. Fitur ini bisa diartikan sebagai Mode Pengamanan Keluarga atau Mode Anak. Artinya orangtua bisa memantau serta membatasi penggunaan aplikasi TikTok oleh anak-anak.

Jam dan waktunya anak bermain TikTok bisa diatur dan ditentukan sendiri. Ada yang memberikan waktu maksimal 1 jam hingga 90 menit. Selain itu, aplikasi ini juga memberikan kuasa kepada orangtua untuk membatasi konten-konten yang tidak diinginkan.

Sehingga konten yang muncul pada akun TikTok milik anak sudah terfilter sesuai umurnya. Tak hanya itu, orangtua juga bisa menghubungkan akunnya dengan akun sang anak lho.

2. Pin stiker.

Fitur terbaru TikTok 2020 berbagai sumber

foto: apkpure.com

Bosan dengan filter yang itu-itu saja? Kamu mungkin bisa mencoba fitur pin stiker pada aplikasi TikTok. Jika sebelumnya ada efek dan stiker yang terlihat overlay, kali ini fitur pin stiker akan jauh lebih baik.

Stiker ini akan tampak seperti bagian dari video, dan bukan sekadar efek statis seperti sebelumnya. Kamu bisa memilih beragam stiker yang dihadirkan lalu menggunakannya langsung.

Nah, setelah disematkan dalam video, stiker tidak akan bergeser begitu saja. Namun ukurannya juga akan menyesuaikan dengan pergerakan yang ada dalam video. Sehingga hasil kreasi videomu tampak lebih nyata dan menarik.

3. Reactions.

Fitur terbaru TikTok 2020 berbagai sumber

foto: apkpure.com

Pernah melihat video reactions di YouTube? Nah, TikTok kini juga menghadirkan fitur kece itu pada tahun 2020 lho. Sesuai namanya, fitur ini mengajak pengguna untuk mengekspresikan dan memperlihatkan reaksinya saat menanggapi konten di TikTok.

Bentuk reaksinya bukan berbasis teks seperti komentar biasa, namun reaksimu akan direkam dalam video. Hasil akhirnya berupa video reaksi dalam kotak kecil yang menimpa video utama di layar. Namun yang menarik, kamu bisa langsung menggunakannya perlu mengedit atau menggabungkan dua video menjadi satu.

4. Filter komentar.

Fitur terbaru TikTok 2020 berbagai sumber

foto: play.google.com

Sempat diblokir oleh pemerintah Indonesia, TikTok pun berkomitmen untuk lebih kooperatif dan memperbanyak konten positif. TikTok juga bersedia meningkatkan keamanan dengan menghadirkan fitur Filter Komentar. Karena itulah, TikTok saat ini kembali mengantongi izin dan bisa digunakan kembali.

Nah, aplikasi filter komentar ini sengaja dibuat TikTok untuk meningkatkan keamaan. TikTok berusaha memberikan kendali penuh pada pengguna untuk membatasi hal-hal yang tak pantas.

Pengguna bisa menentukan kata kunci yang ingin di-filter pada kolom komentar. Untuk saat ini, ada 30 kosakata yang bisa di-filter oleh pengguna. Sehingga kata-kata tersebut tidak akan tampil dalam kolom komentar.

Setiap katanya pun bisa disesuaikan dan diubah sesuai kebutuhan. Dengan adanya fitur ini, TikTok berharap semakin banyak pengguna yang 'betah' bermain TikTok tanpa khawatir hal-hal yang tak diinginkan. Karena kenyamanan, para pengguna juga diharapkan bisa menjadikan platform ini sebagai ajang berekspresi dan berkreasi.

(brl/gib)

(brl/gib)