Brilio.net - Dunia fotografi kini makin akrab di masyarakat. Tak heran jika ada anggapan semua orang sekarang bisa motret. Maklum, smartphone yang bermunculan selalu menawarkan performa kamera yang ciamik.

Tapi bicara kualitas foto atau video, tentu saja tidak bisa berharap dari smartphone. Yang namanya foto maupun berkualitas mesti dihasilkan dari sebuah perangkat yang mumpuni yakni kamera.

Saat ini kamera yang ringan dengan fitur canggih selalu menjadi incaran para milenial. Selain pengoperasiannya yang mudah, bobot kamera juga sering menjadi pertimbangan. Maklum deh, kebanyakan milenial enggan membawa kamera yang bobotnya bikin pegel.

Tak heran jika kamera jenis mirrorless sering menjadi pilihan. Di pasaran, berbagai jenis kamera mirrorless banyak ditawarkan mulai yang dari kelas entry level hingga profesional. Tapi tentu saja harga yang dibanderol juga menyesuaikan jenis kamera.  

Nah baru-baru ini, FujiFilm Corporation meluncurkan sebuah kamera mirrorless yang diklaim ringkas dan ringan, sehingga cocok digunakan untuk semua fotografer mulai dari pemula hingga profesional. Disebut-sebut kamera ini mampu menghasilkan gambar berkualitas premium dengan mudah, terlepas dari pengalaman dan jam terbang seorang fotografer.  

Loading...

Kamera FujiFilm X-T30 (X-T30) yang baru saja diperkenalkan langsung oleh COO dan Presiden Direktur FujiFilm Corporation Kenji Sukeno ini baru akan hadir secara global pada 20 Maret 2019. Sedangkan di Indonesia pada akhir Maret 2019.        

Kamera yang masuk dalam line up terbaru kamera X-Series ini memang dikenal karena kualitas gambarnya, teknologi reproduksi warna eksklusif dan handling berbasis dial yang intuitif.

Lantas, apa sih kelebihan kamera ini dan fitur-fitur apa saja yang mendukungnya? Berikut empat fakta keunggulan kamera keren ini.

1. Bodi kamera yang ringkas dan ringan

Fuji Ringan © 2019 brilio.net

Dengan berat hanya 383 gram, kamera ini memang dirancang untuk meningkatkan stabilitas saat digenggam. Penggunaan Tuas Fokus (Focus Lever), menggantikan Tombol Selektor (Selector Buttons), memungkinkan ruang pegangan tambahan di bagian belakang untuk menambah kenyamanan.

Kamera ini disematkan monitor LCD belakang yang lebih tipis, 1,3 mm dan menawarkan respons layar sentuh yang lebih baik. Dilengkapi juga Tuas Fokus untuk mencapai pengoperasian kamera yang lebih cepat dan lebih intuitif. Kamera ini tersedia dalam warna hitam, premium silver dan charcoal silver. Charcoal silver sendiri baru akan diluncurkan pada Mei.

2. Jeroan yang canggih

Fuji Ringan © 2019 brilio.net

Kamera ini memiliki sensor gambar generasi ke-4, X Trans CMOS 4, dan mesin pemrosesan gambar, X Processor 4, untuk menghadirkan kinerja memotret yang setara dengan FUJIFILM X-T3. Terlepas dari bentuknya yang ringkas dan ringan, kamera ini memiliki resolusi 26,1 megapiksel, salah satu yang tertinggi di antara kamera digital sensor APS-C, serta kinerja noise rendah dan reproduksi warna yang luar biasa. Sensitivitas terendah adalah ISO 160, yang sebelumnya hanya tersedia sebagai ISO tambahan, sekarang tersedia saat memotret RAW.

Kamera ini juga menggabungkan berbagai fungsi pemotretan yang memperluas kemampuan fotografer untuk menyesuaikan gambar, seperti “monochrome adjustments yang tersedia untuk ACROS dan Monokrom, dan efek Color Chrome yang menghasilkan warna dan gradasi yang lebih dalam.

3. Tangguh untuk pencahayaan rendah dan melacak subjek yang bergerak cepat

Fuji Ringan © 2019 brilio.net

Jumlah piksel fase deteksi pada sensor gambar X-Trans CMOS 4 telah meningkat menjadi 2,16 juta, sekitar 4 kali lipat dari model X-Trans CMOS 3. Area AF fase deteksi pada sensor sekarang mencakup seluruh frame (sekitar 100%), sehingga memungkinkan untuk fokus secara cepat dan akurat pada subjek di mana saja dalam bingkai. Batas cahaya rendah untuk fase deteksi AF telah diperluas dari + 0,5EV ke -3EV, memungkinkan autofokus pada pencahayaan yang sangat minim seperti pada malam hari atau di bawah cahaya redup, seperti cahaya lilin.

Dikombinasikan dengan X-T3, X-T30 memiliki kinerja AF dan fungsionalitas kamera X-Series terbaik, menggabungkan pemrosesan gambar cepat dengan mesin X-Processor 4 serta peningkatan algoritma AF untuk meningkatkan akurasi dalam deteksi wajah (mata). Fungsi Pilih Wajah (Face Select)  juga telah diperkenalkan untuk memberikan prioritas fokus otomatis pada wajah yang dipilih ketika beberapa wajah telah terdeteksi dalam bingkai.

Kinerja mode Advanced SR Auto telah ditingkatkan sejalan dengan peningkatan kinerja AF kamera. Dalam mode ini, kamera secara otomatis memilih pengaturan pemotretan optimal untuk adegan tertentu dari 58 preset, sehingga fotografer dapat mencapai kualitas gambar terbaik tanpa harus khawatir tentang pengaturan apa pun.

4. Peningkatan fungsionalitas video

Fuji Ringan © 2019 brilio.net

Kamera ini memiliki fungsionalitas video 4K/30P yang lebih canggih, kemampuan untuk merekam audio resolusi tinggi tanpa memerlukan peralatan tambahan dan fungsi pelacakan mata selama perekaman video. Kamera ini bisa merekam dalam 6K (6240x3510) untuk menghasilkan kualitas menakjubkan dalam 4K (3810x2160). Kamera juga mendukung format DCI (17: 9), yang memberikan tampilan sinematis yang lebih baik pada video.

Mode Film Simulation dapat diterapkan tidak hanya saat memotret tetapi juga saat merekam video, termasuk emulator gambar bergerak “ETERNA”. Nggak heran jika kamera ini cocok banget untuk videografer yang lebih serius.

Nah di Indonesia, kamera ini dibanderol dikisaran harga sekitar Rp13 jutaan.  Oh iya, tersedia penawaran khusus seperti bundling spesial dan diskon tambahan pada 25–31 Maret 2019 melalui platform e-commerce.