Brilio.net - Beberapa waktu lalu, jaringan 5G sempat jadi topik perbincangan hangat masyarakat Indonesia. Terlebih sejak jaringan generasi kelima ini resmi masuk ke Indonesia pada akhir Mei lalu.

Kehadiran 5G di Indonesia ternyata membuat rasa penasaran masyarakat semakin tinggi tentang teknologi terbaru ini. Tidak sedikit yang mencari tahu lebih dalam tentang 5G, termasuk soal smartphone yang sudah bisa terhubung dengan jaringan tersebut.

Rasa penasaran ini tak terlepas dari berbagai kelebihan yang dimiliki 5G. Terutama kecepatan internetnya yang dapat mencapai 10 hingga 20 kali lebih cepat daripada 4G. Belum lagi latensi rendah dan koneksi stabil 5G yang akan semakin memanjakan pengguna.

Sebelum memutuskan membeli smartphone 5G, ada baiknya kamu mengetahui sejumlah keuntungan yang bisa didapat. Apa saja itu? Yuk, simak info lengkapnya di bawah ini seperti dilansir brilio.net dari berbagai sumber, Sabtu (19/6).

Loading...

1. Proses download lebih cepat.

3 Keuntungan beli smartphone dengan jaringan 5G di Indonesia berbagai sumber

foto: shutterstock.com

Keuntungan pertama saat sudah terhubung jaringan 5G adalah proses download yang lebih cepat. Jangan terkejut dengan kemampuan 5G yang dapat mengunduh file besar hanya dalam hitungan detik.

Secara teori, jaringan 5G diklaim bisa mengunduh file sebesar 10GB hanya dalam durasi sekitar belasan detik. Kemampuan ini tidak lain karena kinerja jaringan 5G yang dapat menghasilkan tingkat unduh mencapai 20Gbps.

2. Kualitas video call lebih lancar dan jernih.

3 Keuntungan beli smartphone dengan jaringan 5G di Indonesia berbagai sumber

foto: shutterstock.com

Latensi yang rendah dari 5G mampu memperbaiki kualitas video call menjadi lebih lancar dan jernih. Jaringan 5G diklaim memiliki latensi rendah hingga mencapai 1 milidetik.

Oleh karena itu, video call berkualitas tinggi pun bisa kamu rasakan. Keuntungan ini tentu sangat berguna di masa pandemi yang memprioritaskan komunikasi jarak jauh seperti online meeting.

3. Ikut tren gaming smartphone.

3 Keuntungan beli smartphone dengan jaringan 5G di Indonesia berbagai sumber

foto: shutterstock.com

Lebih dari sekadar memperbaiki kualitas video call, latensi rendah 5G juga memungkinkanmu untuk mengikuti tren gaming smartphone. Salah satunya adalah cloud gaming.

Lewat sistem cloud gaming, para pencinta game bisa memainkan berbagai jenis permainan tanpa memerlukan konsol atau PC. Selain itu, latensi rendah 5G juga akan menambah pengalaman bermain game tanpa lag. Peluang untuk memenangkan game pun semakin tinggi.

Beberapa keuntungan di atas cuma bisa kamu rasakan saat menggunakan smartphone yang sudah terhubung jaringan 5G. Salah satunya Oppo Reno5 5G yang sudah rilis sejak Januari lalu.

Smartphone ini ditenagai chipset Qualcomm Snapdragon 765G dan RAM 8 GB yang mampu menjalankan berbagai game "berat". Belum lagi sejumlah fitur terbaru dari ColorOS 11.1 dalam Oppo Reno5 5G akan semakin memanjakan para gamer.

Salah satunya fitur Game Focus Mode. Ketika dihidupkan, fitur ini akan menonaktifkan beberapa fitur ponsel yang tidak relevan. Mulai dari alarm, notifikasi, hingga panggilan masuk.

3 Keuntungan beli smartphone dengan jaringan 5G di Indonesia berbagai sumber

foto: Oppo Indonesia

Ada juga fitur Gaming Shortcut Mode yang memungkinkanmu meluncurkan game yang sering dimainkan dengan cepat tanpa melewati loading screen. Fitur ini akan menyimpan tampilan game terakhir sebelum keluar ke tampilan home screen. Jadi, saat dimainkan kembali, kamu nggak perlu mengulang tampilan game dari awal.

Nggak cuma soal game, Oppo Reno5 5G juga dibekali fitur kamera canggih. Seperti, fitur dual-view video yang bisa merekam menggunakan kamera depan dan belakang secara bersamaan.

Oppo Reno5 5G masih punya banyak fitur yang tak kalah menarik. Buat kamu yang masih penasaran dengan spesifikasi Oppo Reno5 5G, informasi lebih lanjut bisa kamu temukan di sini.