Brilio.net - Salah satu cara paling simpel dan asyik untuk mengisi waktu luang adalah bermain game di smartphone. Di zaman modern ini, banyak kegiatan yang bisa dilakukan menjadi lebih mudah, salah satunya adalah bermain games. Kini, sudah banyak games yang disediakan di internet dengan berbagai macam jenisnya, mulai dari game online maupun offline. Maksudnya online adalah sebuah game yang membutuhkan jaringan internet dan membutuhkan data untuk bisa menjalankan game tersebut. Sedangkan offline adalah kebalikannya, tidak perlu menggunakan jaringan internet untuk menjalankan game ini.

Saat ini game online memiliki banyak penggemar, seperti Mobile Legend, PlayerUnknown's Battlegrounds (PUBG), Arena of Valor (AoV), atau VainGlory yang sering dimainkan dan memiliki rating tinggi bagi kalangan gamers. Namun, game offline yang tidak membutuhkan jaringan internet juga seolah tak pernah kehilangan penggemarnya. Game offline yang tersedia di Android pun tidak pernah sepi untuk di unduh oleh para gamers. Beberapa game offline memang memiliki daya tariknya sendiri. Bagi beberapa kalangan, game offline dinilai lebih baik daripada game online karena untuk memainkannya, tak perlu menggunakan jaringan internet.

Selain itu, game offline juga dinilai tak mudah membuat pengguna bosan karena game yang ditawarkan bisa dimainkan kapan saja dan lebih fleksibel. Game offline juga kerap memiliki update terbaru untuk kelengkapan fitur dalam gamesnya. Dari sini, para pengguna bisa menggunakan update-an baru untuk menambah kebaruan dari game tersebut.

Nah, buat kamu yang menjadi penggemar game offline, dan ingin tahu game offline terbaik apa saja di tahun 2018 ini, berikut 20 game offline Android gratis terbaik di tahun ini, seperti dirangkum brilio.net pada Sabtu (17/11).

1. Dream League Soccer 2018

Loading...

Game offline Android gratis 2018 © 2018 brilio.net

foto: youtube.com

Kamu suka game sepak bola? Mungkin game Dream League Soccer (DLS) ini patut kamu coba. Walaupun hanya berukuran kurang dari 400 MB, DLS 2018 memiliki kualitas grafis yang bagus, smooth dan tentunya tidak butuh ponsel dengan spek tinggi untuk memainkan game sepak bola Android terbaik ini. Game Dream League Soccer 2018 ini memiliki kontrol yang enak, selain itu kamu juga bisa mengedit pemain, nomor punggung mereka, dan bahkan bisa meng-upgrade pemain amatiran kelas rendah menjadi pemain superstar, asal koinmu mencukupi.

2. Splashy Bird

Game offline Android gratis 2018 © 2018 brilio.net

foto: androdot.com

Bagi kamu yang pernah memainkan game Flappy Bird pasti sudah cukup bisa menguasai game offline ini. Splashy Bird memiliki gameplay yang mirip dengan Flappy Bird, hanya saja ada beberapa perbedaan yang pastinya lebih menantang untuk kamu coba. Dalam game Splashy Bird kamu akan memainkan tiga burung dengan ciri dan karakter yang berbeda. Tiga burung ini akan menjadi tokoh utama dalam permainan. Kamu harus berhasil membawa tiga burung ini untuk melewati beberapa rintangan pipa yang tersedia dalam game.

3. Sky Force 2014

Game offline Android gratis 2018 © 2018 brilio.net

foto: androdot.com

Salah satu game bergenre vertical shooter ini menjadi rekomendasi sekali bagi kamu yang sedang mencari game offline Android. Dengan memanfaatkan controller swipe, Sky Force 2014 bisa kamu mainkan dalam smartphone kesayangan. Kamu bisa bermain secara liar di Sky Force 2014 ini dengan meluncurkan tembakan-tembakan tajam ke pesawat musuh dengan amunisi yang berganti-ganti setiap waktu.

4. Blazing Sniper

Game offline Android gratis 2018 © 2018 brilio.net

foto: androdot.com

Game perang offline terbaik yang satu ini menyajikan keseruan memerankan karakter sebagai penembak jitu alias sniper. Petualangan yang akan kamu rasakan kian lengkap dengan hadirnya 50 map, beragam senjata, world champion leaderboard, dan sistem ranking. Kisah dalam game ini tentu seputar penembak jitu yang dididik untuk semakin kuat. Berbagai misi harus diselesaikan untuk memperoleh poin dan senjata baru.

5. Drone Shadow Strike

Game offline Android gratis 2018 © 2018 brilio.net

foto: androdot.com

Game offline satu ini bertemakan nuansa perang menggunakan drone untuk menghancurkan para musuh yang menyerang. Game ini memiliki ukuran 95 MB, namun jangan khawatir soal kualitas grafisnya, terbaik banget deh pokoknya. Sangat cocok untuk kamu yang menyukai permainan strategi dan perang.

6. Ready Steady Bang

Game offline Android gratis 2018 © 2018 brilio.net

foto: androdot.com

Game offline ini merupakan game yang menuntut pemain untuk dapat menentukan momentum terbaik dengan menggunakan jari-jari kamu saat melakukan tap dalam layar ponsel. Game ini mempunyai fitur multiplayer yang seru sekali untuk dimainkan. Kamu akan melawan komputer dalam yang tersedia dalam game atau melawan teman sendiri sebagai lawan main di game ini.

7. Stickman Legends: Shadow Wars

Game offline Android gratis 2018 © 2018 brilio.net

foto: androdot.com

Shadow Wars mengisahkan perjalanan para pejuang dalam petualangan menaklukkan dunia kegelapan. Game petualangan offline ini bergenre RPG alias memainkan peran, sekaligus PVP. Game ini bisa dimainkan juga secara online. Khusus dalam mode online, ada tambahan mode PvP di mana kamu bisa bertempur dengan pemain lain. Tapi versi game offline-nya saja sudah sangat seru dengan 100 level permainan.

8. Ghost Battle 2

Game offline Android gratis 2018 © 2018 brilio.net

foto: androdot.com

Game offline satu ini adalah salah satu game buatan Indonesia. Game yang menceritakan peperangan antar hantu dari suatu negara dengan hantu negara lain ini, seru sekali untuk kamu coba. Dengan menghancurkan castle musuh, kamu akan naik satu demi satu level dalam permainan. Tentunya dengan tingkat kesulitan yang semakin tinggi dari setiap levelnya. Kamu bisa memilih karakter hantu yang dikehendaki, berbagai hantu lokal seperti tuyul, pocong, suster ngesot dan sebagainya akan menjadikan permainan yang seru sekali dalam game.

9. Cover Fire: Shooting Games

Game offline Android gratis 2018 © 2018 brilio.net

foto: mobitekno.com

Game ini mengisahkan datangnya pasukan Tetracorp yang menguasai sebagian besar wilayah di Planet Bumi dan menjajah berbagai wilayahnya. Kamu harus memimpin pasukan tentara bayaran untuk melawan dominasi pasukan asing itu. Game tentang perang dan tembakan ini pasti membuat hari-harimu makin seru.

10. Fruit Ninja Free

Game offline Android gratis 2018 © 2018 brilio.net

foto: amazon.com

Dalam game ini kamu akan disuguhi berbagai buah segar yang beterbangan dan tugas gamer di sini adalah harus membelah buah-buah yang terbang ini sebelum terjatuh. Hati-hati karena sesekali ada lemparan bom yang bisa meledak jika dibelah. Jangan sampai memotong ya, hindari lemparan bom yang bisa terjadi kapan saja. Main game ini bisa bikin kecanduan deh, dijamin tidak akan bosan ketika kamu main game ini.

11. Hardest Game Ever 2

Game offline Android gratis 2018 © 2018 brilio.net

foto: geeklegacy.com

Game ini disediakan khusus bagi kamu yang menyukai tantangan. Pemain akan diuji keberaniannya dalam permainan, di mana kamu akan mendapat tantangan untuk mengontrol permainan dengan tiga buah controller. Hal yang menarik lagi, dalam game Hardest Game Ever 2 tersedia berbagai bahasa yang bisa kamu pilih sesuka hati.

12. Piano Tiles 2

Game offline Android gratis 2018 © 2018 brilio.net

foto: 1mobile.com

Piano Tiles 2 merupakan salah satu game offline Android yang cukup populer di Indonesia. Aturan mainnya pun tidak sulit, kamu hanya diminta untuk menekan tiles berwarna hitam dan menghindari tiles lain yang kosong. Permainan ini menitikberatkan pada kecepatan sentuhan jari kamu pada layar ponsel. Pasalnya, semakin lama, ritme musik akan berjalan semakin cepat dan kamu harus berupaya pada urutan teratas. Menguji tantangan, bukan?

13. Hungry Shark Evolution

Game offline Android gratis 2018 © 2018 brilio.net

foto: youtube.com

Pada game ini, kamu akan berperan sebagai seekor hiu yang ganas dan lapar karena perut yang lapar dan membutuhkan makanan. Game offline yang satu ini masuk dalam kategori game arcade. Gameplay Hungry Shark Evolution ini sangat menarik, sebab dalam game ini kamu akan berperan sebagai seekor ikan hiu yang memangsa ikan dan makhluk lain.

14. Subway Surfers

Game offline Android gratis 2018 © 2018 brilio.net

foto: microsoft.com

Subway Surfers adalah salah satu game bergenre endless running yang cukup fenomenal di kalangan gamer. Meski game Subway Surfers ini bisa dikatakan sebagai game yang jadul, namun keeksisannya belum surut hingga sekarang ini. Pemain akan mengumpulkan power-up yang tersedia selama perjalanan.

15. Temple Run 2

Game offline Android gratis 2018 © 2018 brilio.net

foto: theverge.com

Sama seperti Subway Surfers, game satu ini bergenre endless running yang mencari poin tertinggi dari koin-koin yang tersebar dan harus dikumpulkan. Di game ini kamu akan berperan menjadi seorang hero yang berlari dari kejaran monster gorila. Kamu tidak boleh sampai tertangkap oleh monster gorila ini jika tidak ingin game over. Kamu bisa bisa juga sesekali lompat atau meluncur dan belok ke kanan atau ke arah kiri sesuai keinginan dan cara kamu mendapatkan koin-koin emas ini.

16. Badland

Game offline Android gratis 2018 © 2018 brilio.net

foto: wallscover.com

Di game ini kamu bisa mengontrol penghuni hutan cukup dengan menekan layar untuk membuat para penghuni hutan ini menggelinding ke dalam hutan yang gelap dan kotor serta penuh dengan rintangan dan marabahaya. Hal yang leboh menarik lagi, bukan hanya single player saja, disediakan juga multiplayer yang bisa kamu mainkan bersama teman. Ada 40 level dengan tingkat rintangan dan bahaya yang semakin tinggi yang siap menghadang kamu dalam permainan.

17. Overdrive: Ninja Shadow Revenge

Game offline Android gratis 2018 © 2018 brilio.net

foto: play.google.com

Overdrive: Ninja Shadow Revenge mengisahkan balas dendam prajurit ninja masa depan yang disebut Cyborg. Ia berjuang membasmi Clan Dark yang telah membunuh sekian banyak rekan-rekan cyborg. Cyborg sendiri digambarkan sebagai spesies manusia masa depan yang menjadi super kuat akibat kombinasi dengan teknologi dan black metal. Di game ini kamu akan berperan sebagai seorang ninja bayangan yang akan melawan para cyborg. Grafik dan gameplay game ini ciamik banget lho, dan tentunya, game ini offline.

18. Dumb Ways to Die 2

Game offline Android gratis 2018 © 2018 brilio.net

foto: youtube.com

Pada game ini kamu harus mencegah karakter-karakter imut ini untuk membunuh dirinya sendiri seperti menggunakan garpu yang ditusuk ke toasters dan berdiri pada kolam yang penuh dengan piranha. Semakin lama tuntutan kecepatan permainan semakin cepat dan cepat yang harus kamu atasi dengan baik. Dalam game ini membuat kamu berimajinasi bahwa lari dari kematian bukanlah suatu hal yang mudah dan gampang dilakukan.

19. Hill Climb Racing 2

Game offline Android gratis 2018 © 2018 brilio.net

foto: gamezebo.com

Game yang berukuran 96 MB ini memiliki banyak stage menarik, grafik menantang dan physic engine yang tidak sama seperti game lainnya. Kamu dapat menemukan tempat dengan dinamika terbaru seperti mengendarai mobil ke puncak gunung dengan rintangan yang lebih sulit. Game ini juga menyajikan pergantian penampilan driver. Jadi game ini cocok buat kamu yang menyukai tantangan.

20. N.O.V.A Legacy

Game offline Android gratis 2018 © 2018 brilio.net

foto: allfreeapk.com

Game N.O.V.A Legacy ini adalah game FPS Android terbaik yang bertemakan ruang angkasa, bercerita tentang manusia yang meninggalkan bumi karena tak layak huni, menuju planet-planet di galaksi lain dan membangun banyak satelit. Walaupun ukuran game ini kecil, tapi jangan salah kira. Game N.O.V.A Legacy memiliki kualitas gambar yang tajam, kamu dapat merasakan sensasi bermain game console dengan memainkan N.O.V.A Legacy di ponsel kamu.

(mgg/renno hadi)