Brilio.net - Tradisi bercerita atau mendongeng mungkin sudah jarang dilakukan saat ini. Padahal tradisi lisan yang berisi warisan nilai dan budaya ini di masa lalu cukup popular di masyarakat. Tak heran jika dulu banyak cerita rakyat yang mengungkapkan kejadian atau peristiwa, dan kearifan lokal khas di setiap pelosok Indonesia.

Sebut saja Bawang Merah dan Bawang Putih dari Riau, Malin Kundang dari Sumatra Barat, Sangkuriang dari Jawa Barat, dan berbagai cerita lain yang masih sangat lekat dalam ingatan kita.  

Hari Mendongen Sedunia © 2021 brilio.net

Dongen bukan sekadar cerita. Tapi juga sangat bermanfaat secara sosial. Mendekatkan hubungan antara anak dan orang tua. Nah di era digital seperti sekarang, mendongeng tidak lagi dilakukan secara verbal. Kini, setiap orang bisa mengakses dongeng di ruang digital.

Nah dalam memperingati Hari Dongeng Sedunia yang jatuh setiap 20 Maret, ada beragam cara termasuk alat yang tersedia untuk membantu kita meningkatkan semangat mendongeng bagi keluarga dan seluruh khalayak kapanpun dan di manapun.

1. Cerita rakyat di YouTube atau YouTube Kids

Membacakan cerita rakyat telah menjadi tradisi bagi orang tua Indonesia saat menemani anak tidur. Cerita rakyat tidak terpisahkan dari budaya dan tradisi Indonesia karena masing-masing mengandung pesan yang perlu diajarkan dan diwariskan ke generasi berikutnya.

Akan tetapi, beberapa cerita mulai dilupakan seiring waktu. Inilah motivasi di balik pembuatan seri YouTube berjudul Dongeng, Yuk !, yang ingin menghidupkan kembali keajaiban cerita rakyat dan dongeng yang telah terlupakan melalui YouTube dan YouTube Kids bagi setiap orang Indonesia dan siapa pun di dunia.

Bersama Ayo Dongeng Indonesia, inisiatif ini menyajikan 34 cerita rakyat dari 34 provinsi di Indonesia yang dipublikasikan melalui channel YouTube Google Indonesia. Sejumlah tokoh berpengaruh diundang untuk berpartisipasi dalam inisiatif ini, seperti Najwa Shihab (Duta Baca Nasional), Chelsea Islan, Novita Angie, Moonella dan Ibu, serta kreator konten YouTube Duo Harbatah, channel Kok Bisa?, dan masih banyak lagi.

2. Kamu bisa gunakan Asisten Google

Hari Mendongen Sedunia © 2021 brilio.net @yans_brilio

Melalui Asisten Google, kamu dapat menemukan cerita dan hiburan pendek. Cukup dengan bicara atau ketik kalimat seperti “Cerita sebelum tidur”, “Bacakan cerita pengantar tidur”, “Aku pengen dengar dongeng sebelum tidur” hingga “Cerita seram” 

Ada begitu banyak nilai-nilai kebaikan yang dapat dipetik dari cerita rakyat serta dongeng Indonesia. Ayo terus lestarikan warisan budaya Indonesia, mari bersama-sama kita teruskan kebiasaan berdongeng kembali ya!