Brilio.net - Salah satu komponen terpenting pada sebuah perangkat smartphone ada chipset. Chipset atau yang bisa disebut SoC merupakan otak dari pemrosesan perangkat berlangsung. Semakin baik kualitas dari chipset, tentu berdampak pada laju performa perangkat. Saat ini ada berbagai desain chipset yang diterapkan pada smartphone. Salah satunya adalah MediaTek.

MediaTek merupakan pabrikan chip asal Taiwan yang kerap mengisi perangkat smartphone modern. Vendor tersebut didirikan mulai dari tahun 1997 oleh Tsai Ming-Kai. Kemudian MediaTek mulai fokus untuk mendesain chip smartphone sejak 2004. Hingga sekarang MediaTek masih dipercaya banyak pengguna ponsel pintar untuk memproses banyak aplikasi.

MediaTek baru-baru ini memunculkan sebuah chipset dengan nama Dimensity 9000. Chipset ini merupakan edisi terbaik dari MediaTek yang menggunakan fabrikasi 4 nm. MediaTek Dimensity 9000 memakai prosesor desainer Armv 9 terbaru yang menghasilkan kinerja yang kencang dan peningkatan keamanan yang tidak tertandingi.

Baru-baru ini GeekBench 5 telah merilis skor pada kategori chipset. MediaTek Dimensity 9000 mendapatkan nilai 1.309 poin untuk kategori single-core dan 4.546 poin untuk nilai multi-core. Capaian tersebut membuat MediaTek berhasil unggul dari pesaing terberatnya yaitu Qualcomm Snapdragon 8 Gen 1, dan Exynos 2200. Walaupun dengan catatan chipset ini belum bisa mengalahkan A15 Bionic milik Apple. Namun perbedaan skor yang cukup tipis, meletakan MediaTek Dimensity 9000 menjadi pesaing terberat dari prosesor yang dipasang pada iPhone 13 Series tersebut.

Lebih lanjut, berikut brilio.net rangkum 13 keunggulan MediaTek 9000 pada Selasa (15/3) yang dirangkum dari berbagai sumber.

1. Mempunyai efisiensi daya yang luar biasa.

MediaTek merangkul produksi dari TSMC N4, yang membuat chipset ini merupakan varian dari TSMC pertama di dunia dengan fabrikasi 4 nm. Kemudian desain dari chip ini merupakan paling canggih dan mempunyai kehematan daya yang pernah ada.

2. Teknologi CORTEX-X2 pada A Chip Smartphone pertama didunia.

13 keunggulan MediaTek  Dimensity 9000, saingi A15 Bionic iPhone © mediatek.com

foto: mediatek.com

MediaTek Dimensity 9000 menggunakan CPU dan GPU dengan desain Armv 9 terbaru. Kinerja dari bentuk chip baru ini membuat performa perangkat memiliki kinerja cukup tinggi.

3. Gunakan memori LPDDR5X.

Memori dengan tipe LPDDR5X memiliki kinerja yang langsung memberikan respon cepat untuk aplikasi apapun yang diproses. Kemudian tipe memori ini juga memberikan dukungan kehematan daya hingga 20% daripada tipe LPDDR5.

4. Menerapkan teknologi MediaTek IMAGIQ 790.

13 keunggulan MediaTek  Dimensity 9000, saingi A15 Bionic iPhone © mediatek.com

foto: mediatek.com

Teknologi tersebut mempunyai desain 18-bit HDR-ISP. Keunggulan dari desain tersebut membuat kamera perangkat dapat mendukung rekaman video kualitas hingga 4k pada tiga kamera secara bersamaan. Kemudian teknologi ini juga memberikan efisiensi daya saat proses perekaman video berlangsung.

5. Chip yang mendukung kamera resolusi tinggi.

MediaTek 9000 dapat digunakan pada perangkat yang mempunyai lensa hingga 320 MP pertama di dunia. Selain itu teknologi chip ini dapat memberikan dukungan untuk tiga kamera merekam dengan tiga eksposur per frame pertama di dunia. Bahkan chip ini mempunyai ISP 9G Pixel paling kuat.

6. Peningkatan kinerja AI.

13 keunggulan MediaTek  Dimensity 9000, saingi A15 Bionic iPhone © mediatek.com

foto: mediatek.com

Pada chipset ini mempunyai teknologi MediaTek APU 590. Teknologi ini merupakan unit pemrosesan AI generasi ke-5 terbaru yang dirancang untuk kinerja yang efektif dan maksimal. Terlebih akselerasi dari AI sangat dibutuhkan terutama saat proses multimedia, game, kamera, dan video.

7. Performa bermain game tanpa koneksi terputus.

13 keunggulan MediaTek  Dimensity 9000, saingi A15 Bionic iPhone © mediatek.com

foto: mediatek.com

MediaTek juga menerapkan teknologi terbaru yaitu, MediaTek Hyperengine 5.0. Kecanggihan teknologi ini akan terasa saat pengguna bermain game. Karena dengan chipset ini pemrosesan sebuah game akan mulus, tahan lama, tanpa koneksi yang terputus, bahkan ganggan game play yang kerap terjadi. Selain itu juga keunggulan lain, teknologi ini dapat menghemat daya baterai yang dipakai secara maksimal.

8. Mempunyai efisiensi bermain game maksimal.

Chipset MediaTek Dimensity 9000 akan memberikan peningkatan efisiensi daya game yang ekstensif. Kemudian terdapat teknologi AI-VRS yang membuat bayangan tingkat variabel pertama yang telah disempurnakan oleh AI. Selain itu grafis yang akan timbul memiliki resolusi Super AI-GPU Hybrid pertama untuk industri game.

9. Satu-satu yang mempunyai teknologi 3GPP pada jaringan 5G.

13 keunggulan MediaTek  Dimensity 9000, saingi A15 Bionic iPhone © mediatek.com

foto: mediatek.com

Modem 5G pada MediaTek 9000 sudah terintegrasi dengan downlink hingga 7Gbps, 3CC Caries Aggregation (300 MHz). Teknologi tersebut merupakan pertama di dunia untuk koneksi jaringan. Selain itu terdapat kecanggihan MediaTek 5G Ultra Save 2.0 yang mampu menghemat daya saat menjelajahi internet dalam waktu lama.

10. Mempunyai teknologi visual terbaik.

13 keunggulan MediaTek  Dimensity 9000, saingi A15 Bionic iPhone © mediatek.com

foto: mediatek.com

MediaTek Miravision 790 merupakan teknologi untuk meningkatkan grafis visual yang ditampilkan. Chipset ini mempunyai kemampuan kecepatan refresh rate hingga 180 Hz. Kemudian juga sudah memiliki sertifikat CUVA HDR-vivid pertama di dunia.

11. Teknologi koneksi terbaru.

MediaTek telah meningkatkan kinerja Wifi dengan kinerja seefisien mungkin. Terlebih saat perangkat digunakan untuk bermain game, streaming, dan konferensi video.

12. Mempunyai teknologi bluetooth terbaru di dunia.

Teknologi Bluetooth 5.3 terpasang pada chipset MediaTek 9000. Hal ini memberikan efisien kinerja 2 kali lebih baik daripada generasi sebelumnya. Teknologi LE Audio dengan Dual-Link True Wireless Stereo Audio juga terpasang pada chipset ini. Bahkan terdapat juga dukungan dari GNSS Beidou III-B1C terbaru.

13. Memiliki latensi yang rendah.

Pemain game mobile yang menggunakan perangkat dengan chipset MediaTek Dimensity 9000 akan sangat cocok. Selain performa tinggi, chip ini sudah siap untuk earbud nirkabel Bluetooth terbaru yang terhubung pada latensi yang lebih rendah. Bahkan terdapat teknologi encoding audio baru yang lebih hemat daya.

(brl/far)