Brilio.net - Setelah hadirnya sebuah platform marketplace tren untuk jual-beli online terus mengalami peningkatan. Saat Pandemi Covid-19 ekonomi digital menjadi pilihan utama. Banyak pengusaha banting stir untuk memindahkan strategi bisnisnya ke digital marketplace. Bahkan hal ini yang menyebabkan ekonomi di Indonesia cepat tumbuh saat terjadi perlambatan pertumbuhan ekonomi akibat pandemi.

Hanya bermodalkan sebuah smartphone, saat ini orang sudah bisa membuka toko online. Ditambah target market yang sangat luas, membuat para penguasa sangat leluasa untuk mempromosikan berbagai produknya. Selain itu media sosial saat ini juga dapat dimanfaatkan sebagai tempat jual-beli online.

Sebagai contoh Facebook. Platform tersebut juga menyediakan fitur marketplace. Bahkan ada berbagai grup Facebook yang khusus untuk kegiatan jual-beli. Namun ada aplikasi lain yang dapat dipakai untuk jualan online. Platform tersebut adalah MiChat.

MiChat pada dasarnya adalah aplikasi chatting gratis yang dapat diunduh melalui Play Store, maupun App Store. Akan tetapi aplikasi ini juga dapat dimanfaatkan untuk keperluan lain loh. Penasaran? Yuk mari simak ulasan brilio.net mengenai kelemahan dan kekurangan MiChat pada Minggu (6/3).

1. Dapat share status dan foto.

Fitur momen yang ada pada aplikasi MiChat membantu pengguna untuk membagikan status dan foto. Layaknya seperti Instagram maupun Facebook, aplikasi ini juga dapat memberikan like, dan komentar di postingan yang dikirim.

2. Dapat terhubung dengan teman sekitar.

Keunggulan dari aplikasi MiChat ada pada fitur cari teman disekitar. Fitur ini dapat membantu pengguna untuk mencari teman di sekitar lokasi terdekat. Pengguna dapat mencari teman dengan jarak hingga 5 kilometer dari titik lokasi terkini. Selain menambahkan teman disekitar, pengguna juga dapat langsung berinteraksi melalui fitur "sapa dia".

3. Terhubung dengan daftar kontak.

Aplikasi MiChat juga dapat langsung menghubungkan pengguna dengan kontak yang dimiliki. Apabila salah satu kontak juga mempunyai akun MiChat, maka secara otomatis pengguna mendapatkan notifikasi, dan langsung terhubung dengan kontak tersebut.

4. Fitur pohon pesan.

Selain fitur pengguna sekitar, terdapat fitur unik lain yang dimiliki oleh MiChat, yaitu Pohon Pesan. Fitur ini dapat digunakan pengguna MiChat untuk menggantungkan pesan audio, maupun teks, yang nantinya akan diambil dan direspon oleh pengguna random lainnya. Pemilik akun juga dapat mendengarkan, membaca, dan membalas pesan yang diambil.

5. Privacy terjamin.

MiChat memberikan ekstra privasi bagi penggunannya. Terbukti bahwa antara pemilik akun dan pengguna lain tidak dapat melihat nomor telepon yang didaftarkan. Bahkan user dapat langsung memblokir pengguna lain apabila terjadi spam, atau indikasi penipuan.

6. Fitur cari teman.

Aplikasi ini juga memberikan fitur cari teman. Fitur tersebut layaknya aplikasi dating seperti Tantan, Tinder, dan sejenisnya. User diminta untuk mengupload foto terbaiknya. Kemudian foto tersebut akan diberi like atau dislike. User juga langsung dapat terhubung dengan pemberi like.

7. Dapat membuat grup.

MiChat juga memberikan layanan untuk membuat sebuah grup. Layaknya grup WhatsApp, pada aplikasi ini pengguna dapat menambahkan teman kontak ke dalam sebuah grup chatting. Fitur ini tentu memudahkan pengguna untuk berkomunikasi secara kelompok.

8. Rawan terjadi penipuan.

Karena meningkatnya pengguna MiChat tentu akan berakibat terhadap resiko penipuan. Banyak sekali kasus penipuan online yang berawal dari MiChat. Oleh karena itu pengguna dihimbau untuk tidak mentransfer uang ke akun yang belum dikenali.

9. Masih identik dengan dunia malam.

Kelemahan utama dari aplikasi ini adalah terdapat beberapa pengguna yang menjajakan hal yang dilarang oleh norma maupun agama. Oleh karena itu pengguna wajib memilah mana yang baik dan buruk untuk dijadikan teman melalui aplikasi ini.

10. Tidak dapat digunakan untuk telepon.

Karena MiChat menjamin privasi yang cukup tinggi, antara user dan pengguna lain tidak dapat melakukan panggilan telepon. Oleh karena itu, apabila akan berkenalan, dan bertemu dengan seseorang melalui MiChat, alangkah lebih baik untuk meminta nomor telepon yang dapat dihubungi terlebih dahulu.

11. Dapat dimanfaatkan untuk jualan online.

Meningkatnya pengguna MiChat tentu membuat pasar tersendiri bagi pelaku bisnis online. Pemilik akun dapat mempromosikan dagangannya melalui aplikasi ini. Terlebih dengan fitur yang ada, tentu pengguna akan langsung berinteraksi dengan calon pembeli.