Brilio.net - Oppo Indonesia kembali memanjakan pengguna aktif. Setelah meluncurkan rangkaian seri Reno5 dengan berbagai varian (Reno5, Reno5 5G, dan Reno5 F) hingga edisi khusus Oppo Reno5 Marvel Edition, kini Oppo kembali meluncurkan “jagoan” baru di lini seri A yakni Oppo A54.

Perangkat anyar ini membawa berbagai pembaruan, baik dari segi desain maupun teknologi. Oppo seri A dikenal sebagai smartphone yang cukup banyak peminatnya di Indonesia. Selain diminati anak muda, lini Oppo seri A juga banyak digunakan mereka yang aktif berwirausaha dan para driver ojek online.  

Selain karena faktor harga yang terjangkau, fitur dan teknologi yang dibenamkan juga cukup mumpuni untuk  membantu pengguna yang aktif. Mulai dari berselancar di media sosial, hingga bermain game. Tak heran jika OPPO menaruh perhatian lebih pada lini seri ini, dengan menghadirkan seri A54.

“Berbeda dengan pendahulunya OPPO A54, seri baru ini menawarkan berbagai keunggulan teknologi dan perangkat keras kelas atas untuk hadir pertama kalinya pada lini seri A,” ujar PR Manager OPPO Indonesia, Aryo Meidianto A dalam penjelasannya di Jakarta, Senin (29/3/2021).

Oppo A54 © 2021 brilio.net PR Manager OPPO Indonesia, Aryo Meidianto A (@yans_brilio)

Desain modern dan pilihan warna yang stylish dan fashionable membuat Oppo A54 sangat cocok digunakan anak muda yang aktif. Smartphone yang hadir dengan layar single punch-hole serta mengantongi sertifikasi IPX4 ini bakal memberikan pengalaman berbeda bagi penggunanya.  

Berikut teknologi, fitur, dan harga yang disematkan pada smartphone keren ini.  

1. Desain stylish yang kokoh

Oppo A54 © 2021 brilio.net Oppo Indonesia

Oppo A54 tampil dengan desain modern. Tiga kamera utama beserta lampu kilat ditempatkan dalam sebuah bingkai persegi pada sudut kiri atas. Sentuhan kecil pada bagian yang menjadi pemisah antara kamera dan lampu kilat menjadikan perangkat ini tampil lebih stylish, apalagi bagian ini memiliki warna yang berbeda dengan warna perangkat.

Perangkat ini juga menggunakan material terbaik. Rangka tengah setebal 0,2mm yang berpadu dengan bingkai alumunium memberikan kesan perangkat yang solid sekaligus kokoh. Tidak hanya itu, OPPO juga melakukan optimalisasi struktur perangkat dengan meletakkan sebuah pelat logam tipis pada bagian penutup depan. Bingkai perangkat dibuat menggunakan teknologi electroplating dengan tiga lapisan penyemprotan yang menghasilkan gradasi bingkai nan halus dan tampilan modern.

2. Layar paling modern di kelasnya

Oppo A54 © 2021 brilio.net Oppo Indonesia 

Menariknya nih, layar yang disematkan pada smartphone ini biasanya digunakan pada perangkat kelas menengah atas.  Kehadiran layar single punch-hole 6.51 inci menjadi pembeda perangkat ini di saat kompetitor lain menawarkan solusi layar waterdrop pada harga yang setara. Layar ini juga dilengkapi berbagai teknologi tinggi yang sebelumnya diperkenalkan pada perangkat OPPO Reno5 F.

Sebut saja fitur Eye Comfort yang akan mengurangi cahaya biru pada layar untuk mencegah ketegangan pada mata. Pengguna secara manual dapat mengaktifkan fitur ini atau mengatur periode terjadwal. Selain itu ada Sunlight Screen yang menawarkan visibilitas terbaik untuk layar smartphone pada kondisi di bawah sinar matahari terik. Kecerahan layar akan meningkat 14,5% secara otomatis atau setara dengan 550 nits.

Masih belum cukup? Pada layar smartphone ini juga disematkan fitur Moonlight Screen yang secara otomatis akan mengurangi tingkat kecerahan layar hingga 2 nits pada lingkungan rendah cahaya atau malam hari, sehingga membuat cahaya layar terasa lembut dan tidak menyilaukan mata.

Sementara AI Smart Backlight dapat mempelajari kebiasaan pengguna saat menyesuaikan lampu latar dan merekam kecerahan yang disukai pengguna. Setelahitu, fitur ini dapat menyesuaikan secara otomatis kecerahan layar sesuai preferensi dan waktu yang dipelajari dari pengguna.

3. Kamera yang oke banget

Oppo A54 © 2021 brilio.net @yans_brilio 

Memenuhi tuntutan pengguna muda lini seri A di Indonesia, perangkat ini menggendong Triple Main Camera yang terdiri dari kamera utama 13MP, kamera makro 2MP dan kamera bokeh 2MP. Kamera ini dilengkapi berbagai fitur kecerdasan buatan yang dapat digunakan pengguna muda untuk mengungkapkan berbagai ekspresi mereka melalui media sosial.

Selain itu ada juga fitur Dazzle Color yang ketika diaktifkan dapat meningkatkan saturasi dan kecerahan gambar melalui sebuah algoritma kecerdasan buatan. Hasil,nya bakal menghadirkan gambar cemerlang yang kaya warna. Sementara fitur cerdas lainnya adalah AI Scene Recognition yang mendukung pengenalan otomatis ketika digunakan. Ada 23 suasana yang dapat dikenali perangkat ini.

Smartphone ini juga memiliki fitur Ultra Night Mode yang menjadi solusi fotografi malam hari. Fitur ini diaktifkan secara manual, pada lingkungan rendah cahaya secara otomatis eksposur akan meningkat, perangkat melakukan pengukuran berbasis kecerdasan buatan kemudian melakukan penyesuaian untuk memberikan cahaya pada bagian gelap.

Perangkat ini juga dilengkapi fitur untuk mengambil gambar panorama dengan sudut 180°. Lalu ada AI Beautification 2.0 yang dapat diakses melalui kamera depan dan belakang. OPPO memperbarui kemampuan fitur ini pada A54 sehingga dapat melakukan penyesuaian cerdas dengan cara mengukur cahaya sekitar dan kemudian menerapkan efek pemercantik sesuai dengan warna kulit orang Indonesia terutama saat mengambil swafoto.

4. Performa yang mumpuni

Oppo A54 © 2021 brilio.net Oppo Indonesia 

Perangkat ini menggunakan prosesor Mediatek Helio P35 yang selain unggul pada sisi kecerdasan buatan, prosesor ini juga kencang sekaligus menawarkan pengaturan sumber daya yang baik. 

Dengan kapasitas RAM 4GB akan membuat perangkat ini berjalan mulus, apalagi tipe RAM LPDDR4X memiliki peningkatan performa puncak 10% lebih tinggi dibandingkan dengan teknologi sebelumnya. Selain itu, penyimpanan internal besar 128 GB memberikan keleluasaan pada konsumen untuk menyimpan berbagai file dan dokumen.

Performa perangkat semakin ditingkatkan dengan teknologi Oswap yang merupakan kombinasi Z-RAM dan landswap speeding technologies. Dengan melakukan kompresi RAM ke EMC, atau memanfaatkan kemampuan ROM, teknologi ini dapat memanfaatkan ruang penyimpanan yang tersedia untuk meningkatkan kecepatan sistem. Dengan cara ini, RAM 4 GB dapat bekerja layaknya RAM 6 GB.

5. Nggak gampang panas

Oppo A54 © 2021 brilio.net Oppo Indonesia 

Satu lagi teknologi yang bikin pengguna bebas khawatir. Smartphone ini dilengkapi dengan lima sensor suhu (Multi-layer Heat Dissipation), yang secara akurat dapat merasakan sumber panas dan dengan cerdas memilih skema pembuangan panas yang optimal. Teknologi ini diterapkan pada dengan menggunakan lembaran grafit pada bagian penutup layar, rangka tengah, penutup belakang, dan speaker, serta bahan konduktivitas termal tinggi pada bagian rangka tengah, kesemuanya dibuat untuk melakukan optimalisasi suhu perangkat.

Untuk pertama kalinya, OPPO membawa sertifikasi IP Rating pada lini seri A. Dibandingkan dengan sertifikasi IPX2, OPPO menambahkan sebuah lapisan penahan air, yang memberikan ketahanan cukup untuk penggunaan sehari-hari. OPPO melakukan rain of pipe-swing test selama 10 menit dan setelah 72 jam tidak terjadi kegagalan fungsi, sehingga perangkat ini telah memenuhi persyaratan tahan air standar IPX4. Perangkat ini juga dilengkapi dengan lima lapisan perlindungan.

6. Tenaga besar

Oppo A54 © 2021 brilio.net Oppo Indonesia

Di sisi sumber daya, Oppo A54 menggunakan baterai berkapasitas besar 5000 mAh dengan konektor pengisian daya Type C. Baterai sebesar ini akan memberikan daya tahan perangkat selama 2,2 hari, melakukan panggilan telepon selama 25,4 jam dan menonton YouTube tanpa henti selama 19,9 jam. Oppo A54 juga dipasangi dengan perlindungan baterai overcharge dan over-discharge, sirkuit pendek dan proteksi arus berlebih serta tinta tahan api untuk memproteksi kebakaran level V-0.

7. Kinerja

Oppo A54 © 2021 brilio.net Oppo Indonesia

Oppo melengkapi A54 dengan sistem operasi ColorOS 7.2 berbasis Android 10. Sistem operasi ini menawarkan berbagai keunggulan di antaranya HyperBoost yang memungkinkan aplikasi dan game merespons lebih cepat, yang mengarah pada peningkatan kelancaran pada tingkatan sistem.

8. Black screen mode

Oppo A54 © 2021 brilio.net @yans_brilio

Teknologi ini memberikan pengalaman baru dan kenyamanan pada pengguna saat mendengarkan dan menonton video di YouTube atau di aplikasi lain. Aplikasi dapat terus berjalan ketika layar dimatikan. Fitur ini secara efektif mencegah sentuhan yang tidak disengaja dan dapat mengurangi konsumsi daya ponsel.

9. Photo translator

Oppo A54 © 2021 brilio.net @yans_brilio

Memanfaatkan bantuan Google Lens, OCR (Optical Character Recognition) akan mengenali teks saat mengambil foto, lalu menerjemahkan teks tersebut melalui Google Translate. Fitur ini mendukung lebih dari 120 bahasa di seluruh dunia.

10. Harga dan ketersediaan

Oppo A54 © 2021 brilio.net @yans_brilio

Oppo A54 dijual mulai 1 April 2021 melalui jaringan penjualan daring di berbagai situs e-dagang terkemuka di Indonesia maupun secara luring di jaringan Oppo Store yang terdapat di seluruh wilayah Indonesia. OPPO A54 hadir dalam dua pilihan warna, Crystal Black dan Starry Blue, yang dipasarkan dengan harga resmi Rp2.699 juta.