Brilio.net - Di era gidital saat ini, banyak solusi keuangan yang ditawarkan melalui platform pinjaman online (pinjol). Caranya juga nggak ribet. Tapi tetap kamu mesti disiplin ketika menggunakan fasilitas pinjaman online agar tidak bermasalah di kemudian hari. 

Saat ini semakin banyak aplikasi pinjol yang menawarkan berbagai kemudahan. Salah satunya Ringan, yang belum lama ini merilis teknologi pinjaman digital yang dikembangkan OneConnect Financial Technology Co.,Ltd (One Connect), penyedia platform layanan technology-as-a-service bagian dari Ping An Group. Layanan ini memberikan pengalaman dan pelayanan pinjaman tunai yang aman dan mudah.

“OneConnect adalah partner yang sempurna untuk institusi finansial yang membutuhkan teknologi terkini untuk membuat proses pinjaman semakin mudah, dengan tetap melindungi perusahaan kami dari kerugian dan potensi penipuan. Di waktu yang sama, kami dapat menyediakan layanan terbaik dan lancar bagi para pelanggan,” ujar CEO dan Presiden Direktur Ringan, Yudhono Rawis.

Platform ini menyediakan solusi digital untuk otomatisasi dan simplifikasi proses di dalam aplikasi Ringan, mulai dari proses awal, pengaturan pengajuan pinjaman, hingga penagihan pembayaran, penilaian risiko dan laporan akhir. Kemudahan proses ini menjadi keuntungan tersendiri bagi paranasabah One Connect juga menyediakan teknologi eKYC untuk verifikasi identitas dan juga fasilitas mengunggah berkas persyaratan pengajuan pinjaman seperti KTP secara jarak jauh. Nasabah dapat mengajukan pinjaman tunai hingga Rp20 juta dalam beberapa klik melalui ponsel mereka, dan menerima pencairan dana lebih cepat dengan sistem kerja serba online dan anti-ribet.

Pinjol Ringan © 2021 brilio.net

Aplikasi Ringan menggunakan teknologi kecerdasan buatan (AI) pencegah penipuan milik OneConnect untuk melangsungkan proses KYC (Know-Your-Customer) secara elektronik. Teknologi ini digunakan di seluruh pusat data lokal untuk memastikan pengalaman terbaik dan standar keamanan tertinggi bagi pelanggan. Teknologi yang ini mampu memaksimalkan produktivitas, mempercepat penilaian dan meminimalisir potensi dan resiko penipuan.

Saat ini Ringan sudah melayani lebih dari 200.000 pelanggan dan mencairkan total pinjaman tunai lebih dari Rp10 miliar. Proses verifikasi pengajuan pinjaman yang tadinya membutuhkan 8.000 jam kerja, kini berjalan dengan lebih cepat .

“Kami sangat senang menyaksikan berbagai kemungkinan teknologi untuk mendemokratisasi dunia pinjaman di Indonesia dan juga Asia. Dengan ini, Ringan dapat menilai dan melayani lebih banyak masyarakat Indonesia dengan lebih efisien. Kami percaya kolaborasi ini akan mendorong digitalisasi dunia perbankan tradisional dan memberikan inklusi finansial yang lebih baik untuk Indonesia,” kata CEO dan Presiden Direktur PT OneConnect Financial Technology Indonesia, Yao Jing.

Di Indonesia, OneConnect juga bekerjasama dengan perusahaan raksasa Sinarmas untuk membangun sistem pinjaman retail.