Brilio.net - Terhitung 400 pendeta akan menghadiri pemutaran film perdana Silence yang berkisah tentang seorang misionaris Jesuit pada abad ke-17 Jepang. Tidak akan ada karpet merah, dan hampir pasti tidak ada kemeriahan seperti yang biasanya dilakukan di sebuah pemutaran perdana film baru.

Film ini sendiri disutradarai oleh Martin Scorsese, dan dibintangi oleh Andrew Garfield dan Liam Neeson. Sebelumnya, Andrew telah sukses membawakan tokoh seorang tentara di film Hacksaw Ridge.

Film berdurasi 159 menit ini berdasarkan sebuah novel tahun 1966 yang ditulis oleh penulis Jepang, Shusaku Endo. Seperti yang dilansir brilio.net dari the guardian, Senin (28/11), film ini berkisah tentang dua misionaris Jesuit Portugis bernama Rodrigues dan Garrpe, diperankan oleh Andrew Garfield dan Adam Driver, yang tengah melakukan perjalanan ke Jepang untuk melacak keberadaan mentor mereka yang hilang, yakni Pastor Ferreira. Pastor Ferreira di sini diperankan oleh Liam Neeson.

Silence Movie © 2016 brilio.net

foto: fateasposters.com

Pada saat itu, Kristen dilarang di Jepang, dan mereka yang memercayainya disiksa dan dieksekusi. Menghadapi ini, Pastor Ferreira rupanya meninggalkan agamanya melalui ritual yang dikenal sebagai Fumie, di mana orang Kristen dipaksa untuk menginjak-injak ikon keagamaan seperti salib untuk membuktikan penolakan dari iman mereka.

Silence Movie © 2016 brilio.net

foto: impawards.com

Puluhan ribu orang Kristen Jepang dianiaya, disiksa dan dibunuh selama 250 tahun untuk menunjukkan bahwa agama itu dilarang. Larangan tersebut dicabut pada tahun 1873, tapi orang-orang Kristen masih merupakan minoritas kecil, kurang dari 1%, di negara yang didominasi oleh agama Shinto dan Buddhisme tersebut.

Di film Silence ini, dua pendeta yang diperankan oleh Andrew dan Adam tadi berakhir di situasi yang sama seperti Ferreira. Rodrigues dipaksa untuk memilih antara kemurtadan dan kematian.

Silence Movie © 2016 brilio.net

foto: youtube.com

Film Silence ini rencananya akan tayang di Amerika Serikat pada tanggal 23 Desember 2016, di Inggris pada tanggal 1 Januari 2017, dan di Jepang sendiri pada akhir bulan Januari tahun depan.

Film ini bukan film pertama yang mengadakan premiere di Vatikan. Sebelumnya ada film Unbroken dan film Tom McCarthy yang berjudul Spotlight, yang diputar perdana di sana.

Penasaran seperti apa Silence? Yuk, simak trailernya berikut ini, sebagaimana dikutip dari akun YouTube Paramount Pictures: