Brilio.net - Sinetron hingga kini masih menjadi tontonan yang digemari dan terus diproduksi dengan beragam kisah menarik. Selain menikmati jalan ceritanya, kadang lokasi syuting di sinetron juga turut mencuri perhatian. Ketika menonton sinetron, ada banyak adegan yang berada di rumah sang tokoh utama. Karena itulah selalu ada rumah ikonik yang berkesan di hati penonton.

Setelah beberapa tahun berlalu, penampakan rumah ikonik di sinetron ini rupanya sudah mengalami perubahan. Sebagian besar mengalami pemugaran, baik di bagian tembok, lantai, serta halamannya. Rumah ini ada yang milik pribadi dan tetap ditinggali pemiliknya, namun ada pula yang menjadi tempat wisata. Selain itu, sejumlah rumah ikonik ini juga kerap menjadi spot foto favorit warga sekitar lho.

Penasaran kan? Berikut potret dulu dan kini lima rumah ikonik di sinetron lawas seperti dihimpun brilio.net dari berbagai sumber pada Sabtu (30/1).

1. Sinetron Si Doel Anak Sekolahan yang pertama kali tayang pada tahun 1994 ini banyak menghadirkan scene-scene di rumah khas Betawi yang memorable. Kini setelah hampir 20 tahun berlalu, rumah ini tampak berbeda dengan dinding bercat kuning serta halaman yang diberi paving.

potret dulu dan kini rumah ikonik sinetron © 2021 brilio.net

Loading...

foto: Youtube/@M.R.KIDS

2. Sekitar tahun 1996, sinetron Keluarga Cemara mengambil lokasi syuting di kota Sukabumi. Kini sudah ada bangunan megah yang mengalami penambahan bangunan garasi, lantai, serta tiang.

potret dulu dan kini rumah ikonik sinetron © 2021 brilio.net

foto: YouTube/@Sanggar Cerita

3. Selain jadi film, novel Laskar Pelangi juga sempat diadaptasi menjadi serial. Bangunan yang dijadikan sekolah ini sekarang sudah mengalami pemugaran, namun tanpa mengubah arsitektur awal. Tempat ini juga sudah menjadi destinasi wisata di Belitung lho.

potret dulu dan kini rumah ikonik sinetron © 2021 brilio.net

foto: YouTube/@Solfin Channel; @Khairul Leon

4. Selanjutnya ada rumah ikonik sinetron Genta Buana. Sekilas potret dulu dan kini rumah putih ini memang tak banyak berubah, namun bagian tamannya tampak berbeda lho. Tidak ada kursi untuk bersantai maupun bunga-bunga seperti di sinetron.

potret dulu dan kini rumah ikonik sinetron © 2021 brilio.net

foto: YouTube/@Afdhal Yusman

5. Terakhir ada rumah Kang Bahar yang lima tahun lalu dan sekarang tampak tak mengalami perubahan. Meski begitu tampak bagian pagarnya sudah dicat ulang. Rumah ini juga kerap jadi spot foto warga sekitar lho.

potret dulu dan kini rumah ikonik sinetron © 2021 brilio.net

foto: Twitter/@ratna_maniez; @CeptoysStore