Brilio.net - Drama Korea merupakan drama populer yang mampu menjangkau berbagai negara. Baru-baru ini, serial Squid Game berhasil memecahkan rekor global sebagai drama serial terlaris di seluruh dunia. Hal ini dapat dilihat dari antusiasme penonton dan bahkan banyak orang yang mereplika wahana hingga kostum yang ada di Squid Game.

Antusiasme penonton tersebut tidak hanya terjadi dalam drama Squid Game. Sebelumnya, sudah ada beberapa drama Korea yang harus dilanjutkan ke season 2 walaupun tanpa rencana. Hal ini karena desakan penonton dan bagian cerita dari drama tersebut dinilai ada lubang yang berpotensi untuk dilanjutkan.

Karena itu, para sutradara drama tersebut, setelah beberapa hari setelah penayangan, langsung menyanggupi untuk penggarapan season 2 drama yang digarapnya. Drama-drama tersebut ada berlanjut dan sampai sudah menetapkan tanggal rilis, tetapi ada juga yang masih proses produksi dan bahkan dihentikan sementara sampai waktu yang tidak ditentukan.

Dirangkum brilio.net dari berbagai sumber, Senin (15/11), berikut deretan drama Korea yang akhirnya lanjut ke season 2 karena antusiasme penonton yang tinggi.

1. Squid Game.

drama Korea ini lanjut ke season 2 berbagai sumber

foto: imdb.com

Kesuksesan global serial Squid Game mengundang animo penonton yang sangat tinggi. Serial ini dianggap sebagai tayangan yang tidak biasa dan menawarkan hal baru dalam sinema yang mengisahkan permainan survival.

Banyak penonton yang merasa tersambung dengan permainan yang dihadirkan atau bahkan persoalan yang diangkat. Karena itu, setelah banyak orang menonton Squid Game, desakan untuk melanjutkannya ke season 2 berdatangan.

Awalnya, Hwang Dong-hyuk belum terpikirkan untuk melanjutkannya ke season 2 dengan alasan bahwa serial Squid Game-nya ini sudah banyak menyita waktunya hampir satu dekade. Namun, karena desakan penonton yang tinggi dan dinilai banyak lubang cerita yang mungkin dilanjutkan, akhirnya Hwang sebagai sutradara mengonfirmasi untuk melanjutkannya ke musim kedua.

"Ada banyak permintaan dan tekanan dan cinta untuk musim kedua. Jadi seperti kami tak punya pilihan," tutur sang sutradara saat di sebuah acara karpet merah di Los Angeles dalam Twitter @APEntertainment.

2. Alice in Borderland.

drama Korea ini lanjut ke season 2 berbagai sumber

foto: imdb.com

Ketika Squid Game ramai diperbincangkan, banyak orang menghubungkannya dengan serial Alice in Borderland, serial permainan survival yang didasarkan pada serial manga dengan judul yang sama karya Haro Aso.

Ketika pertama dirilis pada 10 Desember 2020, Alice in Borderland berhasil meraih peringkat sepuluh besar untuk acara yang paling banyak ditonton di Netflix. Melihat animo penonton yang positif dan ulasan kritikus yang juga positif, cerita serial ini pun dilanjutkan ke season 2.

Beberapa hari lalu dalam Netflix Festival Japan, Alice in Borderland terkonfirmasi akan tayang secara global pada Desember 2022 mendatang.

3. Misaeng.

drama Korea ini lanjut ke season 2 berbagai sumber

foto: imdb.com

Misaeng merupakan serial drama Korea yang didasarkan pada serial Webtoon dengan judul yang sama karya Yoon Tae-ho. Sejak rilis pada 17 Oktober 2014, serial ini berhasil memerahkan rekor di zamannya sebagai serial yang ramai di luar Korea Selatan. Selain itu, berkat serial ini pula, versi Webtoonnya sampai terjual sebanyak dua juta eksemplar.

Dilansir dari 10Asia, Kim Won-seok pada 2016, serial Misaeng akan berlanjut ke season 2. Ia menuturkan bahwa pihaknya sudah memperoleh hak cipta pembuatan drama serial Misaeng season 2 ini. Selain itu, serial ini akan mulai diproduksi setelah versi Webtoon serial ini selesai terlebih dahulu. Namun, sampai tulisan ini ditulis, belum ada kabar lebih lanjut bagaimana perkembangan produksi serial Misaeng ini.

4. Signal.

drama Korea ini lanjut ke season 2 berbagai sumber

foto: imdb.com

Signal merupakan drama Korea yang mengisahkan tentang kejadian masa kini yang berhubungan dengan masa lalu dan pengungkapan kasus-kasus terdahulu oleh para detektif. Kisah ini dianggap sebagai kisah yang tidak biasa dalam cerita detektif. Karena itu, drama ini berhasil meraih penonton terbanyak dan mendapatkan rating tertinggi di urutan keempat belas dalam sejarah televisi kabel dengan raihan 12,544%.

Selain mendapatkan rating yang tinggi, drama serial detektif ini berhasil meraih banyak nominasi dan pemenang beberapa penghargaan. Banyak para penonton yang terkesan dengan episode terakhir dan dianggap membuka peluang untuk drama ini dilanjutkan.

Dilansir dari Munhwa Ilbo, surat kabar harian di Korea Selatan, Kim Eun Hee selaku penulis jalan cerita Signal telah memberikan sinyal positif tentang season kedua drama ini. Saat menjalani interview untuk promosi drama Kingdom, ia mengatakan Signal siap dilanjutkan dan diperkirakan akan diproduksi akhir tahun 2020. Namun, sampai saat ini, belum ada kabar lebih lanjut terkait produksi drama tersebut.

5. Drinking Solo.

drama Korea ini lanjut ke season 2 berbagai sumber

foto: imdb.com

Drinking Solo menceritakan para guru kursus dan murid-muridnya di Noryangjin yang menikmati minum sendiri dengan alasan yang berbeda. Serial drama ini menyajikan kehidupan minum sendiri yang seolah dapat dirasakan langsung oleh para penonton. Drama ini pun mengundang animo penonton karena dianggap sebagai cerita menarik. Hal ini pun membuat penonton drama tersebut meminta untuk melanjutkan serial drama ini ke musim kedua.

Awalnya, seperti yang dilansir dari Soompi (11/5/2017), tvN sebagai perusahaan produksi menyatakan bahwa season 2 drama ini akan dirilis pada akhir 2017. Namun, karena salah satu asisten sutradara drama ini bunuh diri, produksi ini pun dihentikan sementara. Sampai saat ini, kabar season 2 drama Drinking Solo pun belum ada kelanjutannya kembali.

6. The Uncanny Counter.

drama Korea ini lanjut ke season 2 berbagai sumber

foto: imdb.com

Drama misteri The Uncanny Counter yang ditayangkan di OCN ini dikabarkan sedang memastikan jadwal pemain untuk kelanjutan proses syuting musim keduanya. Awalnya serial drama ini tidak direncanakan untuk melanjutkannya. Namun, karena antusiasme penonton yang tak bisa dibendung, serial ini pun diputuskan untuk lanjut ke season. Serial ini dikabarkan akan rilis pada 2022 mendatang.

(brl/tin)

(brl/tin)