Brilio.net - Sutradara film Anggy Umbara kembali membikin ulang alias remake film buatan ayahnya Danu Umbara berjudul 5 Cewek Jagoan yang populer pada era 1980-an. Film 5 Cowok Jagoan terinspirasi dari film lawas Lima Cewek Jagoan (1980) yang menampilkan superhero wanita.

Anggy bakal memasang para pemain pria mulai dari Ario Bayu, Dwi Sasono, Arifin Putra, Muhadkly Acho, Cornelio Sunny hingga aktris Tika Bravani dan Nirina Zubir.

"Melalui film 5 Cowok Jagoan yang merupakan prekuel dari 5 Cewek Jagoan, saya ingin meneruskan warisan almarhum Papa," ujar Anggy di Jakarta, beberapa hari lalu.

Anggy Umbara pun berharap film 5 Cowok Jagoan mampu mengapresiasi film-film terdahulu. Sebab, film terdahulu punya sumbanan besar bagi sejarah perfilman Indonesia.

"Film-film lawas harus tetap dilestarikan karena karya mereka kita bisa menjadi begini. Untuk memajukan industri film ke depannya, kita harus belajar kepada yang terdahulu," terangnya.

Sementara, Produser 5 Cowok Jagoan, Raam Punjabi, mengatakan dirinya dan ayah Anggy telah bekerja dalam delapan film. "Saya kerja sama sudah 8 film. Pertama film Senggol-Senggolan yang menampilkan Elvy Sukaesih, 5 Cewek Jagoan, 5 Cewek Jagoan Beraksi Kembali, sampai Perhitungan Terakhir. Saat itu pembuatannya dari PT Parkit Film dan di masa itu film-film Mas Danu sangat terkenal sekali serta menguntungkan perusahaan," ujar Raam Punjabi dikutip Antara.

Diketahui, Danu Umbara memulai karier dengan Fadjar Ditengah Kabut (1966), 2 x 24 Djam (1967), Djalang (1970), Pengejaran ke Neraka (1971), Kerinduan (1979), sampai Lima Cewek Jagoan (1980) yang dibintangi Lydia Kandou, Yati Octavia, Eva Arnaz, Debby Chynthia Dewi, dan Dana Chritina. Produksi berikutnya Danu Umbara kerap bekerja dengan PT Parkit Film hingga ajal menjemput.

Sepeninggal Danu, Anggy Umbara meneruskan cita-citanya. Debut film Mama Cake (2012) hingga Comic 8 (2014) merebut perhatian publik. Takdir pun lalu mempertemukan Anggy dengan Raam Punjabi.