Brilio.net - Anak Lanang (2017) yang disutradarai Wahyu Agung Prasetyo, mendapatkan Outstanding Achievement dalam Indonesian Film Festival (IFF) Australia ke-14 dalam Short Film Competition.

‘Anak Lanang’ menjadi satu-satunya pemenang asal Indonesia dalam Short Film Competition bertema ‘The Unknown’. Tahun ini merupakan pertama kalinya Short Film Competition diadakan.

Anak Lanang merupakan film pendek ketiga karya Ravacana Films dan diproduseri oleh Jeihan Angga serta berkolaborasi dengan Humoria Films.

Film yang berdurasi 15 menit ini bercerita tentang empat orang anak yang membahas kehidupan sehari-hari mereka di atas becak. Proses pengambilan gambarnya hanya membutuhkan waktu satu hari dengan teknik one shot, serta melibatkan kurang lebih 25 anak-anak di Yogyakarta.

Sebelumnya, film ini pernah mendapatkan Honorable Mention dalam Panasonic Young Filmmaker 2017 dan menjadi Official Selection di Jogja-NETPAC Asian Film Festival ke-12.

Film ini melibatkan aktor lokal seperti Adi Marsono, Khoirul Ilyas Ariatmaja, Satrio Satya Purnama, Mahrival Surya Manggala, Muhammad Khildan Habibie dan Ibnu Widodo.

Anak Lanang Istimewa


Kemenangan ini sekaligus menjadi kemenangan perdana Ravacana Films dan Wahyu Agung Prasetyo sebagai sutradara di kancah internasional.

“Kemenangan ini merupakan suntikan energi bagi saya sebagai sutradara untuk terus berkarya dan kepercayaan untuk merambah ke industri film panjang. Karena itu, saya turut berterima kasih kepada seluruh pihak yang telah terlibat dan mendukung film ini," tutur Wahyu Agung Prasetyo sebagai sutradara ‘Anak Lanang’.

mgg/hanifan navyansyah