Brilio.net - Persahabatan adalah suatu hal yang menggambarkan perilaku kerja sama serta saling mendukung. Bersahabat tak hanya dengan sesama manusia, namun bisa juga dengan hewan. Melihat keunikannya, kisah persahabatan hewan dan manusia ini pun tak luput menjadi inspirasi film.

Menariknya, bukan hanya kisah fiksi yang diangkat dalam film persahabatan ini. Namun juga ada yang diangkat dari kisah nyata. Tak peduli, fiksi atau kisah nyata, film tema persahabatan hewan dan manusia selalu memiliki alur kisah yang menyentuh. Tak jarang film ini menguras air mata.

Dilansir brilio.net dari berbagai sumber, Jumat (13/8), berikut 9 film tentang persahabatan manusia dan hewan, menyentuh dan mengharukan.

1. June & Kopi (2021)

9 Film persahabatan manusia dan hewan, menyentuh dan mengharukan © 2021 brilio.net

foto: imdb.com

June & Kopi adalah film drama komedi keluarga Indonesia tahun 2021 yang disutradarai Noviandra Santosa. Film ini dibintangi oleh Acha Septriasa, Ryan Delon, dan Makayla Rose Hilli. Film ini sendiri telah ditayangkan perdana 28 Januari 2021 di Netflix.

June & Kopi merupakan film Indonesia pertama yang mengangkat cerita persahabatan antara anjing dan manusia. Acha Septriasa dan Ryan Delon berperan sebagai pasangan suami-istri bernama Aya dan Ale yang menyelamatkan dua anjing jalanan. Mereka menamai kedua anjing tersebut June dan Kopi. June dan Kopi sangat setia terhadap Ale dan Aya. Bahkan June dan Kopi turut membantu keduanya dalam menjaga anak mereka, Karin (Makayla Rose Hilli).

2. The Jungle Book

9 Film persahabatan manusia dan hewan, menyentuh dan mengharukan © 2021 brilio.net

foto: imdb.com

The Jungle Book adalah film fantasi petualangan Amerika Serikat tahun 2016 yang disutradarai oleh Jon Favreau dan diproduseri oleh Jon Favreau dan Brigham Taylor. Film ini dibintangi oleh Neel Sethi sebagai Mowgli dan diisi oleh suara Bill Murray, Ben Kingsley, Idris Elba, Lupita Nyong'o, Scarlett Johansson, Christopher Walken dan Giancarlo Esposito.

Film ini berkisah tentang kehidupan dan petualangan seorang anak yang tinggal di hutan bernama Mowgli. Mowgli adalah seorang anak yang di besarkan oleh sekelompok hewan seperti macan kumbang, serigala dan beruang madu.

Pada suatu hari Mowgli melakukan sebuah perjalanan dan dipaksa untuk meninggalkan hutan, semua ini dilakukan, agar Mowgli dapat menemukan jati dirinya sebagai manusia. Akan tetapi, suatu ketika ada seekor harimau yang tidak suka dengannya, dan yang ingin membunuh Mowgli. Pada akhirnya Mowgli dapat mengalahkan harimau tersebut, dengan dibantu oleh sekelompok hewan dan menggunakan kecerdikan Mowgli sebagai manusia.

3. Merley & Me

9 Film persahabatan manusia dan hewan, menyentuh dan mengharukan © 2021 brilio.net

foto: imdb.com

Marley & Me adalah film drama komedi Amerika Serikat tahun 2008 yang disutradarai oleh David Frankel dari skenario oleh Scott Frank dan Don Roos. Film ini dibintangi oleh Owen Wilson dan Jennifer Aniston sebagai pemilik Marley, seekor anjing Labrador.

Film ini menceritakan seekor anak anjing nakal bernama Marley yang diadopsi pasangan suami-istri muda, John (Owen Wilson) dan Jenny Grogan (Jennifer Aniston) Marley yang begitu aktif terkadang membuat John dan Jenny cukup kewalahan mengurusnya. Terlebih, sejak kepindahan mereka ke Florida, baik John dan Jenny sama-sama sibuk. Mereka sampai tidak memiliki waktu untuk bermain dengan Marley.

4. Free Willy

9 Film persahabatan manusia dan hewan, menyentuh dan mengharukan © 2021 brilio.net

foto: wikipedia.org

Free Willy adalah sebuah film drama keluarga Amerika Serikat tahun 1993 yang disutradarai oleh Simon Wincer. Film ini dibintangi oleh Jason James Richter sebagai seorang anak yang berteman dengan seekor ikan paus.

Seekor ikan paus yang bernama Willy, ketika itu berenang mendekat hingga garis pantai Pacific Northwest. Sayangnya, Willy terlacak oleh kelompok penangkap ikan paus dan tertangkap ke dalam jaring mereka.

Seorang anak kecil bernama Jesse, bertemu dengan Willy secara tidak sengaja. Kemudia Jesse mengajarkan kepada Willy beberapa perilaku, semacam pelatih ikan. Namun, keduanya tidak dapat dikatakan seperti itu. Jesse dan Willy dapat dikatakan sebagai teman baik.

5. Megan Leavey

9 Film persahabatan manusia dan hewan, menyentuh dan mengharukan © 2021 brilio.net

foto: imdb.com

Megan Leavey adalah sebuah film drama biografi Amerika Serikat tahun 2017 yang disutradarai oleh Gabriela Cowperthwaite dan ditulis oleh Pamela Gray, Annie Mumolo, dan Tim Lovestedt. Film ini diangkat berdasarkan kisah nyata.

Film bercerita tentang seorang marinir perempuan muda bernama Megan Leavey dan seekor anjing penyerang bernama Rex. Keduanya dipasangkan bersama di Irak untuk menyelamatkan nyawa banyak orang di peperangan. Misi mereka cukup berbahaya karena harus mencari bahan peledak di antara pasukan AS dan Irak. Di tengah suasana perang yang intens, hubungan dekat antara Megan dan Rex tetap disorot dengan begitu kuat.

6. Air Bud

9 Film persahabatan manusia dan hewan, menyentuh dan mengharukan © 2021 brilio.net

foto: imdb.com

Air Bud adalah film Amerika Serikat produksi tahun 1997 bergenre drama komedi keluarga yang disutradarai oleh Charles Martin Smith. Diangkat dari kisah nyata seekor anjing bernama Buddy.

Film ini berawal dari majikan Buddy adalah seorang yang bekerja sebagai badut ulang tahun. Majikannya sering mengajak Buddy untuk ikut tampil di acara. Buddy ketika itu, tidak mau memakai kostum badut yang diperintahkan majikannya untuk membuat atraksi agar dapt menghibur anak-anak. Pada akhirnya acara itu kacau, membuat sang majikan marah dan meninggalkan Buddy di tengah jalan.

Buddy secara tidak sengaja di temukan oleh Josh, dan dibawa pulang ke rumahnya. Dan mereka menjadi teman, hingga kemudian Josh menyadari bahwa anjingnya yaitu Buddy ternyata memiliki kemampuan bermain basket yang luar biasa. Hal tersebut yang kemudian membuat Josh memasukan Buddy dalam tim basket di sekolah Josh. Ternyata Buddy bermain sangat baik dan mengangkat pamor dari tim basket tersebut.

Film ini menuai kesuksesan dari segi finansial, dengan berhasil mengumpulkan pendapatan sebesar $4 juta pada akhir pekan pembukan, dan total penghasilan mencapai $27.8 juta. Sedangkan anggaran yang dikeluarkan sebesar $3 juta.

7. Togo

9 Film persahabatan manusia dan hewan, menyentuh dan mengharukan © 2021 brilio.net

foto: imdb.com

Togo adalah film petualangan drama Amerika tahun 2019 yang disutradarai oleh Ericson Core dan diproduksi oleh Walt Disney Pictures. Togo menceritakan seekor anjing pahlawan yang sukses menyelamatkan Kota Nome. Pada saat itu, Nome mengalami sebuah musibah difteri yang mematikan. Dilatarbelakangi suasana musim dingin di Alaska pada 1925, cuaca benar-benar sangat tidak bersahabat.

Kondisi tersebut menghambat distribusi obat dan serum difteri dari pusat kota yang jaraknya cukup jauh dari Nome. Melihat keadaan Nome yang darurat, para pejabat dan Leonhard Seppala (Willem Dafoe) memutuskan untuk menggunakan tenaga anjing penarik papan. Seppala kebetulan didatangi seekor anjing Siberian Husky yang sangat enerjik dan aktif, Togo.

Kisah Si Anjing Berhati Besar Togo pun ditunjuk untuk memimpin pasukan anjing dalam menarik papan. Dalam perjalanan mendapatkan obat difteri, Seppala dan Togo melalui banyak rintangan berat. Namun, dari sanalah hubungan mereka justru menjadi semakin kuat.

8. The Legend of Tarzan

9 Film persahabatan manusia dan hewan, menyentuh dan mengharukan © 2021 brilio.net

foto: imdb.com

The Legend of Tarzan merupakan sebuah film aksi petualangan Amerika Serikat yang dirilis pada tahun 2016. Film yang disutradarai oleh David Yates ini diperankan oleh Alexander Skarsgård, Samuel L. Jackson, Margot Robbie dan masih banyak lagi.

Bercerita mengenai seorang manusia yang dibesarkan oleh kera-kera di dalam hutan. Saat beranjak dewasa, Tarzan berjumpa dengan Jane di hutan, dan kemudian Jane kembali ke kota, Tarzan meninggalkan hutan untuk mencari Jane.Tarzan pada akhirnya menikah dengan Jane, dan tinggal bersama beberapa lama di kota.

Jack, nama anak laki-laki mereka yang diambil dari nama kera. Tinggal di kota beberapa lama, membuat Tarzan tidak betah. Dia tidak suka dengan gaya hidup yang terlalu dibuat.Kemudian Tarzan beserta keluarganya kembali hidup ke hutan.

9. MVP: Most Valuable Primate

9 Film persahabatan manusia dan hewan, menyentuh dan mengharukan © 2021 brilio.net

foto: imdb.com

MVP: Most Valuable Primate adalah film fitur tahun 2000 yang memicu trilogi MVP. Karakter judul film, Jack, adalah seekor simpanse yang bermain hoki.

Jack seekor simpanse yang berusia tiga tahun, sengaja dikirim ke Kanada. Kemudian ditemukan oleh seorang gadis yang tuli yang bernama Tara. Tara berkomunikasi dengan Jack menggunakan bahasa isyarat. Steven kaka laki-laki Tara mengetahui tentang Jack, dan menyadari bahwa Jack memiliki kemampuan alami dalam bermain hoki es.

 

Reporter: Nurul Fitriana Fauziah