6. Mom (2017).

film Netflix proses hukum berbagai sumber

foto: imdb.com

Mom merupakan film Netflix kisahkan proses hukum yang menceritakan Devki Sabarwal, seorang guru biologi populer di sebuah sekolah. Suatu hari, ia mengalami kenyataan pahit bahwa Aarya, putrinya diperkosa oleh Mohit Chadda dan Charles Deewan. Setelah dari sebuah pesta, Mohit Chadda dan Charles Deewan segera membawa Aarya ke sebuah tempat dan di sana mereka melaksanakan aksinya hingga Aarya meninggal dunia. Setelah tahu meninggal dunia, Mohit dan Charles membuang mayat tersebut ke sebuah saluran air.

Mohit dan Charles beserta kawanannya segera diringkus dan ditangkap polisi untuk diadili. Namun, karena dianggap kurang bukti, mereka pun divonis bebas. Tidak terima atas ketidakadilan ini, Devki pun melancarkan aksinya untuk melakukan balas dendam sendiri. Satu per satu pelaku mati secara tak wajar dengan rencana yang amat rapi. Hingga kemudian gerak-gerik Devki ketahuan dan beberapa tanda menunjukkan aksinya.

7. Shepherds and Butchers (2016).

film Netflix proses hukum berbagai sumber

foto: imdb.com

Shepherds and Butchers merupakan film Netflix kisahkan proses hukum yang diadaptasi dari novel dengan judul sama karya Chris Marnewick. Perlu diketahui, Chris Marnewick adalah seorang penulis yang berbasis di Selandia Baru sekaligus mantan pengacara dan hakim Pengadilan Tinggi Afrika Selatan. Film ini mengisahkan saat menjelang akhir apartheid di Afrika Selatan, seorang penjaga penjara kulit putih muda (Garion Dowds) memulai penembakan yang tampaknya tanpa motif.

Penembakan tersebut menyebabkan kematian tujuh pria kulit hitam tak bersenjata. Seorang pengacara kelahiran Inggris yang ditugaskan untuk kasus tersebut (Steve Coogan), berangkat untuk membuktikan tindakan itu adalah akibat langsung akibat trauma psikologis dari lingkungan kerjanya yang bergejolak. Pengacara pembela tersebut berusaha sekeras mungkin untuk menentang hukuman mati yang akan dilayangkan kepada para pelaku penembakan.

8. Court (2014).

film Netflix proses hukum berbagai sumber

foto: imdb.com

Court merupakan film Netflix kisahkan proses hukum yang melibatkan Narayan Kamble, seorang guru, aktivis sosial, dan penyanyi protes. Ia ditangkap atas tuduhan mendorong Vasudev Pawar, seorang pekerja lubang got yang diduga bunuh diri setelah dipengaruhi oleh salah satu lagu protes Kamble.

Pengacara Vinay Vora membela Kamble yang diadili di pengadilan dan diberikan jaminan. Kamble mengaku telah menyanyikan beberapa lagu tentang bunuh diri, tetapi tidak dapat mengingat apakah ia menyanyikannya pada hari bunuh diri. Selain itu, ia juga menyangkal niat untuk memprovokasi seseorang untuk bunuh diri.

9. The Reader (2008).

film Netflix proses hukum berbagai sumber

foto: imdb.com

The Reader merupakan film Netflix kisahkan proses hukum yang melibatkan Michael Berg, seorang pengacara Jerman. Saat masih berusia 15 tahun, ia menjalin hubungan romantis dengan Hanna Schmitz yang lebih tua darinya. Namun, Hanna tiba-tiba menghilang saat Jerman dikuasai oleh Partai Nazi.

Setelah bertahun-tahun kemudian, Hanna muncul kembali di pengadilan kejahatan perang sebagai seorang terdakwa atas kejahatannya di kamp konsentrasi Nazi. Michael menyadari bahwa Hanna menyimpan rahasia pribadi yang diyakini lebih buruk daripada masa lalunya bersama Nazi.