Brilio.net - Terorisme merupakan isu yang selalu menjadi perhatian dunia internasional. Sebab, tidak ada negara di dunia yang bisa terbebas dari ancaman teror. Peristiwa-peristiwa teror pun selalu terjadi di berbagai belahan dunia setiap tahunnya.

Tidak jarang, aksi terorisme menelan banyak korban dan menyisakan duka yang mendalam bagi suatu negara. Kejadian terbaru, Sri Lanka menjadi korban serangan bom yang terjadi di 4 kota berbeda pada Minggu (21/4) lalu. Aksi teror tersebut bahkan sampai menyebabkan setitaknya 321 orang tewas.

Isu tentang terorisme pun sering diangkat dalam sebuah film. Banyak film terorisme yang telah diproduksi di berbagai negara, termasuk Indonesia. Walaupun masuk dalam film kategori fiksi, sejumlah film tentang terorisme juga diangkat dari kisah nyata peristiwa teror yang pernah terjadi.

Apa saja? Dihimpun dari berbagai sumber, brilio.net merangkum delapan film tentang terorisme yang diangkat dari kisah nyata, Kamis (25/4) sebagai berikut.

1. Hotel Mumbai.

Loading...

film terorisme kisah nyata © 2019 brilio.net

foto: Instagram/@hotelmumbaifilm

Hotel Mumbai adalah film yang diangkat dari peristiwa serangan teroris di Hotel Mumbai, India pada 26 November 2008 lalu. Film ini mengisahkan tenyang perjuangan para staf hotel yang berusaha menyelamatkan para tamu yang terjebak di Hotel Taj yang diserang sejumlah teroris.

Penembakan, penyanderaan, dan peledakan yang dilakukan sejumlah teroris menewaskan lebih dari 200 korban dan hampir 400 orang terluka. Film garapan sutradara Anthony Maras itu menampilkan visual yang menggambarkan kejadian sebenarnya. Film yang dirilis pada 6 April 2019 itu bahkan menampilkan tokoh nyata yang diangkat dalam film, yakni Herman Oberoi yang menjadi kepala koki Hotel Taj.

2. 15:17 to Paris.

film terorisme kisah nyata © 2019 brilio.net

foto: wikipedia.org

Film 15:17 to Paris mengisahkan kisah nyata serangan teroris yang terjadi di sebuah kereta api di Eropa pada 21 Agustus 2015. Kereta tersebut tengah melakukan perjalanan dari Kota Amsterdam menuju Paris, Prancis.

Dalam film ini, sutradara Clint Eastwood menceritakan dua orang tentara Amerika yang menggagalkan serangan teroris tersebut. Mereka berhasil menyelamatkan sekitar 500 orang yang berada di dalam kereta. Alur cerita yang diangkat berdasarkan buku berjudul The 15:17 to Paris: The True Story of a Terrorist, Train and Three American Heroes kaya Spencel Stone. Film tersebut dirilis pada 9 Februari 2018.

3. 22 Menit.

film terorisme kisah nyata © 2019 brilio.net

foto: Instagram/@22menitthemovie

Film 22 Menit merupakan film buatan Indonesia yang mengisahkan kejadian nyata aksi teror yang terjadi kawasan MH Thamrin, Jakarta pada Januari 2016 lalu. Film ini mengisahkan anggota kepolisian yang terlibat dalam misi perburuan pelaku teror yang berlangsung selama 22 menit.

Film yang disutradarai Eugene Panji serta Myrna Paramita itu dirilis pada 19 Juli 2018 lalu. Film ini dibintangi oleh beberapa artis kenamaan seperti Ario Bayu dan Ardina Rasti.

4. 12 Strong.

film terorisme kisah nyata © 2019 brilio.net

foto: Instagram/@12strongmovie

Film 12 Strong menceritakan tentang perjuangan 12 prajurit Amerika Serikat melawan teroris Afghanistan pascatragedi menara WTC pada 11 September 2001. Film ini dirilis pada 31 Januari 2018 lalu, dibintangi oleh Chris Hemsworth dan Michael Sannon. Alur cerita diangkat dari kisah nyata yang diadaptasi dari buku berjudul Horse Soldiers karya Doug Stanton.

5. The Kingdom.

film terorisme kisah nyata © 2019 brilio.net

foto: empireonline.com

The Kindom adalah film tentang terorisme yang berlatar di Arab Saudi. Film ini menceritakan serangan bom yang terjadi Menara Khobar pada 1996 dan Ibu Kota Riyadh pada 2003. Sekelompok agen DBI menerima penugasan untuk menginvestigasi ledakan bom tersebut. Film The Kingdom garapan sutradara Peter Berg tersebut dirilis pada 22 Agustus 2007.

6. Black Friday.

film terorisme kisah nyata © 2019 brilio.net

foto: imdb.com

Black Friday adalah film Bollywood yang mengangkat kisah nyata aksi teror di Mumbai, India pada 12 Maret 1993. Serangan bom tersebut terjadi di 12 titik lokasi berbeda dan mengakibatkan sebanyak 257 orang tewas. Disutradarai oleh Anurag Kasyhap, alur cerita film ini diadaptasi dari buku berjudul Black Friday: The True Story of Bombay Blast karya Hussain Zaidi dan dirilis pada 9 Februari 2007

7. Munich.

film terorisme kisah nyata © 2019 brilio.net

foto: wikipedia.org

Munich adalah film garapan sutradara Steven Spielberg yang mengangkat kisah nyata serangan teror di Kota Munich, Jerman, pada tahun 1972 lalu. Serangan tersebut bertepatan dengan penyelenggaraan Olimpiade Musim Panas.

Sejumlah kelompok ekstremis yang menamakan dirinya Organisasi September Hitam membunuh beberapa atlet yang ikut serta dalam Olimpiade. Tak tinggal diam, agen bernama Avner Kaufman yanh diperankan oleh Eric Bana turun dalam misi melumpuhkan pelaku teror. Film Munich dirilis pada 23 Desember 2005 dan mendapat respon positif dari para kritikus film.

8. World Trade Center.

film terorisme kisah nyata © 2019 brilio.net

foto: tasteofcinema.com

Serangan teroris yang menyerang gedung World Trade Center (WTC) di New York pada 11 September 2001 diangkat dalam sebuah film berjudul World Trade Center oleh sutradara Oliver Stone. Film ini bercertita tentang dua orang polisi yang terjebak dalam reruntuhan salah satu menara World Trade Center. Beberapa artis yang membintangi film ini antara lain Nicolas Cage, Michael Pena, dan Maria Bello.