5. Bombshell (2019).

film dan serial Netflix kekerasan perempuan berbagai sumber

foto: imdb.com

Bombshell merupakan film Netflix kisah kekerasan perempuan yang melibatkan kehidupan jurnalis. Film ini didasarkan pada kisah nyata tentang skandal terbesar di Fox News dan Fox Television Stations. Skandal pelecehan seksual yang dilakukan mantan chairman dan CEO mereka Roger Ailes.

Roger Ailes (John Lithgow) telah melakukan perbuatan tak senonoh sejak 1960 saat dia masih menjabat sebagai eksekutif produser di program acara The Mike Douglas Show. Pada 2006, Roger melakukan pelecehan kepada seorang reporter senior bernama Gretchen Carlos (Nicole Kidman). Sejak saat itu, perlahan banyak pekerja wanita di kantor tersebut mengalami pelecehan seksual yang Roger lakukan.

6. Unbelievable (2019).

film dan serial Netflix kekerasan perempuan berbagai sumber

foto: imdb.com

Unbelievable merupakan serial Netflix kisah kekerasan perempuan yang menceritakan Grace Rasmussen, detektif Departemen Kepolisian Westminster di Westminster, Colorado. Dia bersama Karen Duvall, detektif Departemen Kepolisian Emas di Golden, Colorado mencoba untuk mengungkapkan kasus pemerkosaan yang simpang siur.

Marie, seorang remaja yang dituduh berbohong telah diperkosa. Hal ini pun membuat Rasmussen dan Duvall harus bekerja untuk mengungkapkan detail yang diutarakan korban.

7. 27 Steps of May (2018).

film dan serial Netflix kekerasan perempuan berbagai sumber

foto: imdb.com

27 Steps of May merupakan serial Netflix kisah kekerasan perempuan yang dilami oleh May (Raihaanun). Dia menjadi korban pemerkosaan Kerusuhan Mei 1998 dan hal itu menyebabkan mentalnya terganggu dan mengalami trauma berkepanjangan.

Hal itu juga membuat ayahnya (Lukman Sardi) menjadi petinju untuk menyalurkan emosinya akibat trauma dari kerusuhan tersebut. Walaupun tak banyak dialog, film ini berhasil menampilkan pesan bahwa kekerasan seksual akan selalu menjadi trauma bagi penyintas dan keluarganya.