Brilio.net - Buat kamu penikmat serial televisi, pasti tidak asing dengan serial berjudul Chernobyl. Serial yang ditayangkan saluran televisi HBO tersebut mendapat banyak perhatian tak lama usai serial Game of Thrones berakhir beberapa waktu yang lalu. Serial itu digarap oleh Craig Mazin sebagai penulis naskah dan Johan Renck sebagai sutradara.

Meski hanya berlangsung selama lima episode, mini seri Chernobyl berhasil membuat para penonton berdecak kagum dengan isi tayangan tersebut. Chernobyl menceritakan perjuangan manusia yang terjebak di kawasaan yang tertimpa bencana kebocoran nuklir di Kota Pripyat, Ukraina, pada tahun 1986 silam. Tak hanya bagi segelintir orang, insiden itu juga mengancam ratusan juta penduduk di Eropa.

Penasaran dengan serial tersebut? Jangan khawatir, brilio.net merangkum lima fakta menarik serial televisi Chernobyl dari berbagai sumber, Jumat (28/6) sebagai berikut.

1. Ceritanya sangat akurat dengan peristiwa aslinya.

fakta serial chernobyl © 2019 brilio.net

Loading...

foto: Instagram/@pgp.images

Meski bukan serial dokumenter, Chernobyl berhasil memperlihatkan kondisi bencana nuklir di Ukraina pada tahun 1986 secara akurat dan kronologis. Selain alur cerita, setting tempat dan lokasi dalam serial tersebut sengaja dibuat mirip dengan kondisi asli ketika insiden bocornya nuklir itu terjadi.

2. Memicu kontroversi.

fakta serial chernobyl © 2019 brilio.net

foto: YouTube/@HBO

Meski banyak pihak yang memuji Chernobyl sebagai serial televisi terbaik saat ini, serial ini tak lepas dari sejumlah kontroversi. Ada yang menganggap serial televisi itu adalah bentuk propaganda. Selain itu, kontroversi yang muncul antara lain mengatakan bahwa alur cerita terlalu menyalahkan pihak pemerintah. Selain itu ada yang menganggap serial itu telah menampilkan fakta yang menyimpang dan penuh kebohongan.

3. Bisa dinikmati lewat podcast.

fakta serial chernobyl © 2019 brilio.net

foto: YouTube/@HBO

Selain melihat langsung versi serial televisinya. Chernobyl juga dapat dinikmati dalam versi podcast. Mazin, penulis skenario serial Chernobyl akan memandu podcast tersebut.

4. Dipuji banyak kritikus.

fakta serial chernobyl © 2019 brilio.net

foto: digitalspy.com

Serial Chernobyl mendapat banyak pujian dari kalangan kritikus. Di situs Roten Tomatoes, seri ini mendapat 95 persen nilai positif dengan skor rata-rata 8,87 dari 10 berdasarkan 41 ulasan. Menurut para kritikus, serial Chernobyl berhasil menggambarkan kegelisahan yang terjadi saat insiden bencana nuklir terjadi.

5. Mengalahkan Game of Thrones.

fakta serial chernobyl © 2019 brilio.net

foto: YouTube/@HBO

Saking banyaknya orang memuji Chernobyl, serial televisi tersebut mengalahkan Game of Thrones sebagai serial televisi dengan rating tertinggi hingga saat ini. Di IMDb, Chernobyl mendapatkan nilai 9,6 dari skala 10.