Brilio.net - Sutradara peraih Best Director dari film 'Born on the Fourth of July' dan 'Platoon' serta Best Adapted Screenplay dari film 'Midnight Express', Oliver Stone akan menayangkan satu film lagi berjudul Snowden pada awal November 2016. Film itu adalah biografi seorang Edward Snowden, yang menghadirkan bintang Joseph Gordon-Levitt.

Snowden adalah seorang programmer komputer asal Amerika Serikat yang pernah bekerja di Central Intelligence Agency (CIA) dan National Security Agency (NSA). Fokusnya adalah mengungkap program pengawasan global. Setelah diberhentikan dari NSA, Snowden menyatakan perang dengan negara dengan mengungkap ribuan dokumen rahasia NSA.

Sosoknya oleh sebagian orang disebut pahlawan namun juga pengkhianat oleh sebagian orang lain. Snowden kini tinggal di Rusia, negara yang berkenan memberinya suaka.

Berikut ini adalah beberapa fakta tentang sosok Edward Snowden yang dihimpun brilio.net dari quora dan politico, Selasa (20/9).


1. Menjadi Person of the Year 2013 versi The Guardian.

snowden fakta © 2016 brilio.net



2. Hanya 24 jam setelah membuka akun Twitter pada 29 September 2015, lebih dari 1 juta orang mengikutinya meskipun dia hanya mengikuti NSA.

snowden fakta © 2016 brilio.net



3. Bayarannya satu tahun sebesar USD 300.000 (Rp 3,9 miliar).

snowden fakta © 2016 brilio.net



4. Meski pun tidak selesai kuliah strata 1 di Maryland, namun dia diterima untuk belajar materi perkuliahan strata 2 di University of Liverpool.

snowden fakta © 2016 brilio.net



5. Selama tinggal di Hawaii, Snowden menampakkan perilaku enggan berinteraksi. Meskipun mendapat sapaan dari tetangganya dia hanya terus berjalan terburu-buru dan sibuk dengan urusan sendiri.

snowden fakta © 2016 brilio.net