×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
24 Karakter di film kartun SpongeBob SquarePants, unik semua

View Image

0

BRILIO » Film

24 Karakter di film kartun SpongeBob SquarePants, unik semua

Ada karakter yang sering muncul tapi banyak orang tak tahu namanya.

(brl/vin)

28 / 11 / 2018 14:08

Brilio.net - Siapa sih tidak kenal Spongebob SquarePants? Karakter kartun ini menjadi salah satu yang paling populer di seluruh dunia. SpongeBob SquarePants menjadi karakter utama dalam serial animasi. Selain itu,  terdapat tokoh lain termasuk keluarga dan teman SpongeBob.

Kartun SpongeBob SquarePants ini pertama muncul di tahun 1999. Namun, kabar duka dirasakan para penggemar kartun yang menceritakan dunia bawah laut. Kreator atau pencipta karakter-karakter lucu, Stephen Hillenburg meninggal dunia. Kabar duka tersebut diungkapkan pada Rabu (28/11) melalui Twitter Nickelodeon.

Sejak kemunculannya di Indonesia, kartun SpongeBob tak butuh waktu lama untuk menarik perhatian penonton. Serial dan film SpongeBob bukan hanya disukai anak kecil. Beragam usia dan kalangan seperti remaja sampai dewasa pun menyukai kartun SpongeBob SquarePants.

Loading...

Sudah ada sekitar ratusan episode SpongeBob dari awal sampai sekarang, belum lagi ditambah dengan dua film animasi layar lebar, yaitu The SpongeBob Squarepants Movie (2004) dan The SpongeBob Movie: Sponge Out of Water (2015). Film tersebut muncul dan semakin membuat kartun ini dicintai oleh para penggemarnya.

Cerita SpongeBob ini berlatar bawah laut bernama Bikini Bottom, sebuah kota bawah air yang ditempati spesies ikan dan makhluk laut lainnya. Jalan cerita animasi ini berpusat pada Spongebob Squarepants, seekor spons kuning bercelana kotak yang tinggal di rumah nanas dan bekerja di restoran burger ternama di Bikini Bottom yang membuat Krabby Patty bernama Krusty Krab.

Selain tokoh Spongebob, ada beberapa karakter di SpongeBob seperti Patrick Star, Squidward Tentacles, Sendy Cheeks, Eugene Krabs, Plankton dan Gary. Nah, pastinya kamu sudah tidak asing lagi dengan nama-nama karakter dalam serial kartun SpongeBob SquarePants, kan?

Ternyata masih ada karakter yang belum disebutkan, lho! Ayo ingat-ingat siapa lagi nama karakter yang ada di kartun SpongeBob SquarePants? Masih nggak menemukan jawaban? Brilio.net telah merangkum 24 karakter dalam Spongebob Squarepants yang berasal dari berbagai sumber, Rabu (28/11).

1. Spongebob Squarepants

karakter spongebob © 2018 brilio.net

foto: nicklelodeon.com

SpongeBob SquarePants, tokoh utama dalam kartun ini adalah makhluk hidup spons. Bentuknya menyerupai spons mandi berwarna kuning. Dia adalah pribadi yang baik, mudah diajak berteman, dan optimistis.

Spongebob tinggal di rumah berbentuk nanas di laut, Bikini Bottom. Ia tinggal bersama siput peliharaannya, bernama Gary. Sehari-hari SpongeBob bekerja di restoran bernama Krusty Krab, bermain bersama teman-teman, atau belajar mengemudi.

SpongeBob merupakan pegawai yang hebat di Krasty Krab. SpongeBob berhasil memenangkan pegawai terbaik selama 374 kali. Kendati demikian kesuksesannya sebagai pegawai nggak sejalan dnegan tes mengemudinya. Ia selalu gagal dalam tes mengemudi.

2. Patrick Star

karakter spongebob © 2018 brilio.net

foto: costumewall.com

Patrick Star adalah seekor bintang laut berwarna merah muda yang merupakan sahabat baik SpongeBob. Walaupun sering tidak berkonsentrasi dan salah pengertian dalam percakapannya, Patrick tetaplah sahabat yang baik.

Patrick tinggal bersebelahan dengan rumah Squidward yang juga bersebelahan dengan rumah nanas SpongeBob. Rumah Patrick berada di bawah batu. Patrick sering bermain bersama Spongebob seperti menangkap ubur-ubur dan bermain tiup gelembung.

3. Squidward Tentacles

karakter spongebob © 2018 brilio.net

foto: spongebob.wikia.com

Squidward Tentacles adalah seekor gurita yang bertetangga dengan SpongeBob dan Patrick. Dia memiliki enam tentacle, dua tangan dan empat kaki, dia juga memiliki hidung yang besar. Squidward adalah kasir di Krusty Krab yang sering membuat ulah, dan membuat repot semua orang di sekitarnya.

Squidward memiliki raut wajah muram cenderung datar. Ia tidak senang dengan kedua tetangganya, yaitu Spongebob dan Patrick. Bagi Squidward, SpongeBob dan Patrick dianggap sering mengganggunya. Di balik itu, Squidward adalah sosok yang menyukai seni. Dirinya gemar bermain klarinet walaupun musik yang dilagukannya jelek.

4. Tuan Krabs

karakter spongebob © 2018 brilio.net

foto: spongebob.wikia.com

Tuan Krabs memiliki nama lengkap yaitu Eugene H. Krabs. Dia adalah seekor kepiting berwarna merah pemilik restoran Krusty Krab yang sangat terobsesi dengan uang. Karena ia terlalu mencintai uang, ia sampai-sampai tidak rela memberi uang satu sen pun. Dia juga terkenal sangat pelit. Meski begitu, ia sangat dihormati oleh Spongebob. Mr. Krabs mempunyai pesaing yang bernama Plankton, temannya masa kecil sekaligus pemilik restoran Chum Bucket yang daganganya tidak pernah laku.

5. Sandy

karakter spongebob © 2018 brilio.net

foto: nicklelodeon.com

Sandy sering disebut Sandy Cheeks atau Sandi Si Tupai. Dia adalah seekor tupai yang tinggal di dalam laut. Karena Sandy merupakan binatang darat, kesehariannya di Bikini Bottom membuat dia harus memakai baju astronot yang berisi udara pada helmnya. Kostum tersebut digunakan agar Sandy bisa bernapas dengan lancar di bawah laut.

Sandy menyukai karate dan menyukai kegiatan ekstrem. Sandy sendiri berasal dari Texas dan kini bertempat tinggal di Bikini Bottom. Sandy pun menjadi salah satu sahabat SpongeBob. Dia tinggal di sebuah kubah akuarium kedap air dan berisi udara.

Ciri khas rumahnya adalah mempunyai pohon besar sebagai tempat tinggalnya. Dalam salah satu episode, Sandy pernah berseteru dengan warga Bikini Bottom tentang siapa yang lebih hebat antara mahluk darat atau mahluk laut.

6. Sheldon Plankton

karakter spongebob © 2018 brilio.net

foto: cartoonbucket.com

Karakter yang satu ini tergolong cukup unik, dia adalah mahluk terkecil di Bikini Bottom, yakni Plankton. Sheldon Plankton sendiri adalah pemilik rumah makan Chum Bucket yang sepi pengunjung. Plankton percaya bahwa saat berhasil mencuri resep Kraby Patty maka rumah makannya akan laku keras. Jadi segala daya upaya ia kerahkan untuk mencuri resep dari rumah makan saingannya ini. Ia memiliki istri berwujud sebuah komputer bernama Karen.

7. Gary

karakter spongebob © 2018 brilio.net

foto: spongebob.wikia.com

Gary adalah seekor siput peliharaan SpongeBob. Dia dikenal pemalas dan hanya berdiam dirumah saja untuk menemani Spongebob. Meskipun siput, ia berbunyi seperti kucing yang tidak suka mandi.

8. Nyonya Puff

karakter spongebob © 2018 brilio.net

foto: spongebob.wikia.com

Nyonya Puff adalah seekor ikan gembung yang mempunyai dan mengajar di Sekolah Mengemudi 'Mrs. Puff Boating School'. Nyonya Puff memiliki pengalaman buruk dengan SpongeBob. Ia sudah lelah mengajari SpongeBob yang terlalu ceroboh.

Nyonya Puff digambarkan memiliki tubuh yang gendut. Ikan Gembung ini akan mengembang saat dirinya terkejut. Begitulah perubahan Nyonya Puff saat terkejut dengan kecerobohan SpongeBob.

9. Pearl

karakter spongebob © 2018 brilio.net

foto: spongebob.wikia.com

Pearl adalah anak dari Tuan Krabs. Meskipun Tuan Krabs adalah seekor kepiting, Pearl sendiri adalah paus. Sampai saat ini belum ada yang bisa menjelaskan tentang hal ini.

Pearl terobsesi menjadi pemandu sorak dan gemar bersenang-senang. Hobinya ini bertolak belakang dengan keinginan Mister Krab untuk menghemat uangnya. Benar sekali, Pearl terkenal sangat boros dan menghambur-hamburkan uang.

10. Larry Lobster

karakter spongebob © 2018 brilio.net

foto: spongebob.wikia.com

Larry adalah teman dari SpongeBob yang berbentuk lobster merah yang memiliki tubuh atletis. Selain suka berolahraga, ia juga menjadi seorang penjaga Pantai Goo Lagoon.

11. Mermaid Man

karakter spongebob © 2018 brilio.net

foto: spongebob.wikia.com

Mermaid Man adalah seekor ikan duyung tua yang juga mantan pahlawan bertopeng di Bikini Bottom. Sekarang dia tinggal bersama Barnacleboy, rekannya, di rumah panti jompo Shady Shoals. Meski sudah tua, ia adalah pahlawan yang sangat diidolakan oleh SpongeBob dan Patrick.

12. Barnacle Boy

karakter spongebob © 2018 brilio.net

foto: spongbophobia.com

Barnacle Boy adalah pendamping pahlawan Mermaid Man. Meskipun sudah berusia lanjut, ia selalu dianggap anak kecil oleh Mermaid Man. Mereka suka mengendarai 'invisible boat' yang benar-benar tidak terlihat. Baik Mermaid Man dan Barnacle Boy ini tinggal bersama di panti jompo.

13. Flying Dutchman

karakter spongebob © 2018 brilio.net

foto: spongebob.wikia.com

Flying Dutchman adalah seorang bajak laut hantu yang suka menakuti siapa saja. Dia berwujud orang tua dengan jenggot yang panjang dan melayang tidak memiliki kaki. Flying Dutchman berwarna hijau dan tinggal disebuah kapal hantu yang melayang di langit Bikini Bottom.

14. Karen Plankton

-foto: spongebob.wikia.com

Ia adalah istri dari Plankton. Istri dalam bahasa Inggris adalah wife, namun bagi Karen wife sendiri adalah sebuah singkatan dari Wired Integrated Female Electroencephalograph.

Karen Plankton adalah komputer ciptaan Plankton yang bisa menirukan perasaan manusia. Dia membantu Plankton mencuri resep rahasia Krabby Patty.

15. Harold SquarePants dan Margaret SquarePants.

karakter spongebob © 2018 brilio.net

foto: spongebob.wikia.com

Mereka berdua adalah orangtua Spongebob yang lebih menyerupai spons laut ketimbang Spongebob yang menyerupai spons dapur.

16. Neptunus

karakter spongebob © 2018 brilio.net

foto: spongebob.wikia.com

Neptunus dikenal sebagai raja lautan. Neptunus tinggal di Atlantis, bersama putrinya Mindy dan Ratu Amphitritre. Neptunus beberapa kali muncul di episode spesial SpongeBob SquarePants. Digambarkan seorang raja yang bentuknya menyerupai manusia berbadan kekar serta mahkota di kepalanya.

17. Mama Krab

karakter spongebob © 2018 brilio.net

foto: spongebob.wikia.com

Mama Krab adalah kepiting tua yang merupakan ibu dari Tuan Krab. Memakai kacamata dan gaun berwarna pink. Di salah satu episode, Mama Krab pernah jatuh cinta dengan Plankton yang membuat Tuan Krab kebingungan.

18. Fred

karakter spongebob © 2018 brilio.net

foto: spongebob.wikia.com

Meski sering muncul, ikan yang satu ini jarang diketahui namanya. Fred adalah ikan berwarna coklat yang sering muncul di Krusty Krab. Pernah ada salah satu episode spesial dari Fred yaitu saat ia berteriak, "KAKIKU!"

19. Herb dan Maggie.

karakter spongebob © 2018 brilio.net

foto: spongebob.wikia.com

Mereka berdua adalah bintang laut yang merupakan kedua orangtua dari Patrick yang tinggal jauh dari Bikini Bottom.

20. Flat

karakter spongebob © 2018 brilio.net

foto: spongepedia.com

Flat merupakan seekor ikan gepeng yang sering mengancam memukul Spongebob di sekolah mengemudi Nyonya Puff.

21. Kakek Jenkins

karakter spongebob © 2018 brilio.net

foto: buzzfeed.com

Kakek Jenkins adalah orang tua yang dulunya tinggal di Krusty Krab sebelum menjadi restora. Sekarang Jenkins tinggal di Rumah Jompo Shady Shoals

22. Squilliam Fancyson

karakter spongebob © 2018 brilio.net

foto: spongebob.wikia.com

Squilliam Fancyson adalah gurita yang juga teman sekolah Squidward Tentacles. Squilliam Fancyson digambarkan jauh lebih kaya ketimbang Squidward. Kondisi tersebut membuat Squidward iri. Selain itu, Squilliam lebih pandai memainkan musik dan memiliki insting seni yang tinggi.

23. Don

karakter spongebob © 2018 brilio.net

foto: spongebob.wikia.com

Don adalah paus yang sering terlihat di Pantai Goo Lagoon yang suka berolahraga dan angkat besi. Ia merupakan teman dari Larry si Lobster.

24. Patchy Si Bajak Laut

karakter spongebob © 2018 brilio.net

foto: spongebob.wikia.com

Patchy adalah seseorang yang sangat terobsesi oleh SpongeBob SquarePants. Ia sering kali tampil di kartun menjadi manusia biasa dan menonton kartun SpongeBob di rumah bersama burung yang dijuluki Potty.

Reporter: mgg/ Renno Hadi Ananta





Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    68%

  • Ngakak!

    11%

  • Wow!

    5%

  • Sedih

    2%

  • Marah

    11%

  • Love

    2%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave more