Brilio.net - Belakangan ini, budaya Korea sedang digandrungi di Indonesia. Betapa banyak remaja Indonesia yang mengalami demam K-Pop maupun K-Drama. Ada yang melakukan berbagai usaha agar bisa datang di konser sang idol. Dan ada juga yang bisa menghabiskan banyak waktu untuk menonton drama Korea secara maraton. Tidak hanya itu, gaya berpakaian dan makeup ala Korea pun tak ketinggalan menjadi kiblat mode fashion.

Fenomena menakjubkan ini memang telah banyak disadari oleh sebagian orang. Produk dari industri hiburan di Korea lah yang memiliki pengaruh besar atas masuknya budaya Korea di Indonesia. Namun jika mengingat kembali, televisi nasional pun pernah lho menayangkan drama Korea di Indonesia.

Episodenya yang tidak panjang, akting yang natural, serta jalan cerita yang menarik sudah cukup membuat drama Korea mendapatkan respons baik dari penontonnya. Untuk nostalgia, berikut brilio.net rangkum dari berbagai sumber pada Jumat (18/10) 20 Drama Korea yang pernah tayang di Indonesia

1.Jewel In the Palace

Drakor Hameda © 2019 brilio.net

Loading...

foto: dramabeans.com

Drama ini adalah drama bertema kerajaan pertama yang tayang di TV Indonesia. Tokoh utamanya bernama Dae Jang-geum yang berprofesi sebagai tabib istana. Sepanjang cerita, kita akan diperlihatkan betapa tabahnya Jang-geum menghadapi setiap tekanan di istana.

2. Autumn in My Heart/ Endless Love

Drakor Hameda © 2019 brilio.net

foto: dramabeans.com

Sukses membuat para penonton menangis, drama ini memang mengisahkan kisah Eun-seo yang penuh lika-liku. Ia harus menghadapi banyak kondisi yang menyulitkan. Mulai dari kenyataan sebagai anak yang tertukar, konflik keluarga, hingga penyakit yang ia derita.

3. Full House

Drakor Hameda © 2019 brilio.net

foto: dramabeans.com

Drama yang dibintangi oleh Song Hye-kyo dan Rain ini juga tak kalah populer. Dikisahkan Ha Ji-eun dan Lee Young-jae harus tinggal bersama dalam satu rumah. Tingkah mereka yang sering bertengkar hingga jatuh cinta, membuat drama ini semakin menarik disaksikan.

4. Princess Hours

Drakor Hameda © 2019 brilio.net

foto: kurio.id

Bagaikan kisah cinderella, gadis sederhana bernama Chae-gyeong ternyata harus menikah dengan pangeran sekaligus putra mahkota bernama Lee Shin. Dalam drama ini, kita akan diperlihatkan betapa Chae-gyon sangat kerepotan beradaptasi dengan kehidupan kerjaan yang serba glamour dan formal.

5. Boys Before Flowers

Drakor Hameda © 2019 brilio.net

foto: dramabeans.com

Drama yang dibintangi oleh Lee Min-hoo ini pasti sudah tidak asing lagi di telinga kita. Drama ini mengisahkan tentang kelompok anak-anak dari keluarga kaya di Korea yang di juluki 4F. Sudah menjadi kebiasaan mereka untuk membully murid di sekolahnya, namun Go Joon-pyo, ketua F4 justru jatuh cinta pada gadis miskin yang pemberani bernama Geum Jan-di.

6. The Heirs

Drakor Hameda © 2019 brilio.net

foto: dramabeans.com

Berkisah tentang percintaan dari anak haram keluarga kaya bernama Kim Tan, dan anak pembantu di rumahnya yang bernama Cha Eun-sang. Tidak mudah mempertahankan hubungan cinta mereka, namun mereka selalu punya cara untuk menyelesaikannya.

7. Dong Yi

Drakor Hameda © 2019 brilio.net

foto: dramabeans.com

Seperti judulnya, drama ini mengisahkan tentang selir kerajaan bernama Choi Dong-yi. Karena berasal dari kasta rendah, ia banyak menerima penghinaan dan tekanan di istana. Namun Dong-yi dalam drama ini juga dikisahkan sebagai orang yang cerdas dalam menyelesaikan suatu penyidikan.

8. Dream High

Dibintangi oleh Bae Suzy, Kim Soo-hyun, Taecyeon, Eun-jung, Woo-young, dan UI, drama berjudul "Dream Hight" juga pernah populer di Indonesia. Drama ini mengisahkan tentang perjuangan murid di sekolah seni Kirin untuk menjadi idol.

9. My Lovely Girl

Drama ini dibintangi oleh Rain sebagai Lee Hyun-wook dan Krystal Jung sebagai Yoon Se-na. Berkisah tentang CEO dari perusahaan industri musik, yang kehilangan kekasihnya bernama Yoon So-eun. Ia sangat terpukul dan tidak ingin bekerja dengan hal yang berkaitan dengan hiburan dan musik. Namun ia perlahan bisa melupakan kesedihannya karena Yoon Se-na, adik dari kekasihnya yang telah tiada.

10. King of Baking / Bread, Love and Dream

Drakor Hameda © 2019 brilio.net

foto: dramabeans.com

Drama yang dibintangi oleh Yoon Shi-yoon ini sukses membuat para penonton terbawa dalam cerita. Mengisahkan perjuangan Kim Tak-goo, anak kandung dari ketua Geosung Foods Enterprise. Ia sangat suka memakan roti dan bercita-cita menjadi pembuat roti terenak dan terbaik di Korea. Namun dalam perjalanannya, ia harus berpisah dengan ibu kandungnya yang menghilang. Ia juga kabur dari rumah ayahnya.

11. Queen Seon Deok

Drakor Hameda © 2019 brilio.net

foto: pinterest.com

Drama yang mengangkat kisah sejarah kerajaan Silla ini juga mendapatkan respon positif ketika ditayangkan di Indonesia. Drama ini mengisahkan perjalanan hidup Putri Deokman yang dibesarkan di luar istana karena hampir dibunuh saat masih bayi. Ia kembali ke istana setelah terjadi masalah pada saudari kembarnya. Keberanian dan kecerdasan Putri Deokman pun pada akhirnya mengantarkannya sebagai Kaisar Perempuan dan Ratu pertama di kerajaan Silla.

12. Naughty Kiss

Drakor Hameda © 2019 brilio.net

foto: dramabeans.com

Drama ini mengisahkan tentang perjuangan O Ha-ni memenangkan cinta Baek Seung-jo. Diawal cerita kita akan diperlihatkan bahwa O Ha-ni ini benar-benar selalu menguntit kemanapun Seung-jo pergi. Uniknya, Baek Seung-jo dan O Ha-ni memiliki sifat dankepribadian yang sangat berbeda. O Ha-ni adalah gadis yang ceria, namun suka bertingkah konyol dan payah dalam hal pelajaran. Sedangkan Baek Seung-jo adalah pria yang dingin, dan populer disekolah karena selalu menduduki peringat pertama disekolahnya.

13. Secret Garden

Drakor Hameda © 2019 brilio.net

foto: dramabeans.com

Masih berkisah tentang cinta si miskin dan si kaya. Namun drama ini memberikan sentuhan cerita yang sedikit berbeda, yaitu dengan mengisahkan bertukarnya jiwa dari Kim Joo-won dan Gil Ra-im. Drama ini kian menarik karena tinggah keduanya yang telah tertukar satu sama lain.

14. The 1st Shop Coffee Prince

Drakor Hameda © 2019 brilio.net

foto: dramabeans.com

Drama ini mengisahkan tentang kehidupan Go Eun-chan yang harus bekerja keras untuk melunasi hutang-hutangnya. Ia bertemu dengan Choi Han-kyul dan bekerja di kedai kopinya. Sesuai nama kedainya yakni Coffee Prince, seharusnya semua pekerja didalamnya adalah laki-laki. Namun karena Eun-chan adalah gadis tomboy yang terlihat sangat mirip laki-laki, maka ia mendapatkan pekerjaan tersebut.

15. My Love From the Star

Drakor Hameda © 2019 brilio.net

foto: dramabeans.com

Bercerita tentang alien yang terdampar di Bumi bernama Do Min-joon. Ia harus menghabiskan banyak waktu untuk menunggu komet yang bisa membawanya pulang. Ketika tinggal menghitung hari kemunculan komet, Do Min-joon justru bimbang karena ia telah jatuh cinta pada seorang aktris bernama Cheon Song-yi.

16. You're Beautiful

Drakor Hameda © 2019 brilio.net

foto: dramabeans.com

Menceritakan tentang Go Min-nyeo yang lebih serng dipanggil Go Min-nam karena menggantikan peran saudara kembarnya. Ia terpaksa harus menyamar menjadi laki-laki dan masuk dalam boyband yang dikisahkan sangat populer di Korea. Drama ini berfokus cerita pada cinta segitiga antara Go Min-nam, Kang Shin Woo dan Hwang Tae-kyung.

17. Pinocchio

Drakor Hameda © 2019 brilio.net

foto: dramabeans.com

Drama yang satu ini menceritakan tentang perjuangan Choi In-ha yang diperankan oleh Park Shin-hye dalam menjalankan profesinya sebagai jurnalis. Selain itu ia juga memiliki sindrom pinocchio. Sehingga saat berbohong, ia akan langsung cegukan.

18. I Can Hear Your Voice

Drakor Hameda © 2019 brilio.net

foto: dramabeans.com

Drama ini mengisahkan tentang Park Soo-haa, lelaki yang bisa membaca pikiran. Ia jatuh cinta pada pengacara cantik bernama Jang Hye-suk dan sangat bahagia karena bisa bertemu dengannya setelah sekian lama. Namun masa lalu Soo-haa juga diperlihatkan penuh dengan hal menyakitkan.

19. Emergency Couple

Drakor Hameda © 2019 brilio.net

foto: dramabeans.com

Mengisahkan tentang mantan suami istri bernama Oh Jin-hee dan Oh Chang-min yang bertemu kembali dirumah sakit tempat mereka magang.Karena sering berkerja sama menangani pasien diruang emergency.

20. Winter Sonata

Drakor Hameda © 2019 brilio.net

foto: dramabeans.com

Drama yang dibuat tahun 2002 ini menampilkan kisah cinta yang pelik antara Kang Joon-sang dan Jung Yoo-jin. Kang Joon-sang mengalami kecelakaan dan membuatnya amnesia. Namun diakhir cerita Joon-sang ternyata masih mengingat Yoo-jin. Drama ini juga turut mempopulerkan pulau Nami yang menjadi latar tempat dari drama populer ini.

mgg/deta jauda