Brilio.net - Seperti diketahui, serial TV peraih penghargaan terbanyak sepanjang sejarah, Game of Thrones diadaptasi dari novel karya George RR Martin. Jika kamu adalah fansnya, tentu sudah hafal di luar kepala siapa saja tokohnya dan apa saja yang sudah masing-masing lakukan.

Amy Blumson dari The Telegraph menemukan kemiripan masing-masing karakter yang ada dalam novel George RR Martin ini dengan sosok-sosok dalam sejarah. Mungkin Martin terinspirasi dari sejarah sehingga karakternya tidak benar-benar murni fiksi. Siapa sajakah itu?

Berikut ini daftarnya, seperti dirilis brilio.net dari emgn, Selasa (27/9).

1. Brienne of Tarth dan Joan of Arc.

got sejarah  © 2016 brilio.net

Loading...

Brienne adalah sosok perempuan ksatria yang memiliki pedang terkenal, The Maid of Tarth.

Joan of Arc dikenal dengan nama 'La Pucelle' atau 'The Maid'. Dia adalah sosok pahlawan Prancis karena keikutsertaannya dalam Perang Seratus Tahun yang berlangsung pada 1337–1453 di Prancis, Inggris, Belanda, Belgia, Spanyol. Blumsom pun menyatakan, sumber-sumber yang dia gunakan menyebut sosok Joan juga lebih suka mengenakan pakaian pria seperti pakaian perang dan pedang.

2. Daenerys Targaryen and Henry Tudor.

got sejarah  © 2016 brilio.net

Daenerys Targaryen adalah orang terakhir dari rumahnya yang berhasil bertahan. Dia adalah sosok yang berniat menaklukkan dunia.

Henry Tudor adalah orang terakhir dari keluarga Lancastrian yang selamat dalam perang perebutan kekuasaan di Inggris yang lebih dikenal dengan Perang Mawar.

3. The Dothraki dan Mongols.

got sejarah  © 2016 brilio.net

Dothraki adalah suku nomaden yang jumlahnya besar. Dipimpin oleh Khals.

Mongols adalah masyarakat nomaden yang menyebar di Asia Tengah selama abad 13-14. Dipimpin oleh Genghis Khan.

4. The Night's Watch dan the Knights Templar.

got sejarah  © 2016 brilio.net

The Night's Watch mati-matian mempertahankan Seven Kingdoms dari musuh. Kostumnya sepenuhnya hitam. Dipimpin oleh Lord Commander Jon Snow. Semua dosa akan terhapus ketika bergabung.

Knights Templar adalah orang-orang yang hidup dalam kemiskinan, kesucian, dan kepatuhan demi melindungi Kerajaan Yerusalem sekaligus orang-orang Eropa yang berziarah ke Yerusalem. Pakaiannya putih dengan tanda salib merah. Dengan bergabung di sini, maka Paus menjamin dosa-dosa akan terhapus.

5. Sansa Stark dan Anne Neville.

got sejarah  © 2016 brilio.net

Sansa Stark merupakan anak tertua Raja Eddard Stark, pewaris tahta the North. Dia bertunangan dengan Joffrey sebelum menikah dengan Tyrion, dan kemudian dengan Ramsay. Dia menyimpan dendam berkepanjangan setelah mengalami penderitaan hidup.

Anne Neville, putri dan pewaris dari Earl of Warwick. Dia menikah di usia belia 14 tahun dengan putra Edward of Lancaster, Henry VI. Beberapa bulan setelahnya, sang ayah dan suami terbunuh. Dia kemudian menikah dengan Richard III pada 1472 untuk mempertahankan tanah House York.

6. Robert Baratheon dan Edward IV.

got sejarah  © 2016 brilio.net

Robert Baratheon menggulingkan oleh 'The Mad King' Aerys.

Sedangkan Edward IV dari House of York merebut kekuasaan Lancastrian King Henry VI ketika Perang mawar.  

7. Stannis Baratheon dan Richard III.

got sejarah  © 2016 brilio.net

Saudara Robert, Stannis Baratheon, yakin bahwa dia seharusnya memimpin Westeros karena sepupunya Joffrey dan Tommen dianggapnya tidak sah.

Saudara Edward IV, Richard dari York menyatakan bahwa sepupunya tidak sah memimpin sehingga dia mengambil alih kerajaan pada 1483.

8. Tywin Lannister dan Warwick the Kingmaker.

got sejarah  © 2016 brilio.net

Tywin Lannister adalah seorang bangsawan kaya raya dan berpengaruh di Westeros. Dia turut mendukung pembuktian perihal Robert Baratheon yang menggulingkan Mad King.

Richard Neville, Pangeran Warwick, adalah seorang kaya raya dari Inggris dan mendukung pembuktian kejatuhan king Henry VI oleh Edward IV.

9. Talisa Stark and Elizabeth Woodville.

got sejarah  © 2016 brilio.net

Rob Stark kehilangan koalisi pentingnya ketika menikahi Talisa. Dia mengabaikan janjinya untuk menikahi salah satu putri Walder Frey.

Edward IV menikahi secara diam-diam Elizabeth Woodville, seorang gadis cantik yang bukan dari keluarga kerajaan pada 1464. Koalisinya, Pangeran Warwick lalu menikahi putri Prancis dan lantas terluka ketika membantu Henry VI menggulingkan Edward pada 1470.

10. The Red Wedding dan Glencoe Massacre.

got sejarah  © 2016 brilio.net

Walder Frey membantai si ramah Starks pada pernikahan Rosalind Frey dengan Edmure Tully. Pernikahan itu lebih dikenal dengan istilah The Red Wedding.

Pada 1692, anggota dari Clan MacDonald dibunuh oleh tamunya sendiri. Padahal orang-orang MacDonald telah menjamu dengan ramah. Alasannya adalah MacDonald tidak bersedia mengucap janji setia pada raja dan ratu yang baru.

11. Yara Greyjoy dan Empress Matilda.

got sejarah  © 2016 brilio.net

Setelah kematian kakak tertuanya, Yara dipersiapkan untuk menggantikan posisi ayahnya, Balon Greyjoy sesuai dengan aturan di Pulau Iron. Theon juga tidak dianggap layak memimpin. Ternyata setelah Raja Balon wafat, penduduk tidak menyetujui yara menjadi pemimpin mereka. Euron yang telah membunuh Yara dipilih menjadi raja.

Henry I kehilangan putranya dan hanya menyisakan putrinya Matilda. Henry telah meminta masyarakatnya bersumpah untuk menerima kepemimpinan Matilda sepeninggalnya kelak. Namun ternyata sepupu Matilda, Stephen mengambil alih kerajaan dengan backingan bangsawan Inggris yang menganggap perempuan tak layak memimpin.

12. The Purple Wedding dan Eustace of Boulogne.

got sejarah  © 2016 brilio.net

Joffrey adalah sosok jahat dalam serial Game of Thrones. Dia tewas dalam pernikahannya sendiri karena tersedak. Ini menyebabkan banyak fans serial ini gembira.

Putra Raja Stephen, Pangeran Eustace of Boulogne diduga mati secara misterius pada suatu pesta di tahun 1153. Dia tidak begitu dikenal di masyarakat. Hanya saja kitab Peterborough Chronicle menyebutnya manusia kejam yang membuat kerusakan ke manapun dia pergi.

13. Kaum Targaryen dan Dinasti Ptolemaic.

got sejarah  © 2016 brilio.net

Selama beberapa abad, kaum Targaryen menikahi saudara sendiri demi menjaga darah naga tetap murni.

Dinasti Ptolemaic juga menjaga darah keluarga tetap murni dengan menikahi sesama saudara untuk memperkuat kerajaan mereka. Misalnya Cleopatra menikah dengan saudaranya Ptolemy XIII. Ketika sang suami wafat, dia menikah dengan adiknya Ptolemy XIV.

14. Rhaegar Targaryen dan Black Prince.

got sejarah  © 2016 brilio.net

Kakak tertua Daenerys, Rhaeger, terbunuh dalam perang sebelum sempat memimpin Westeros.

Putra Edward III, Edward atau juga dikenal Black Prince, wafat sebelum sempat memimpin.

15. Viserys dan Crassus.

got sejarah  © 2016 brilio.net

Saudara Daenerys, Viserys, terbunuh secara sadis ketika dia diberi 'mahkota emas' oleh Khal Drogo.

Marcus Licinius Crassus, seorang politisi yang bekerjasama dengan Julius Caesar, dipaksa menelan emas cair oleh orang Parthian ketika terlibat dalam perang di tahun 53 SM.

16. Aerys sang 'Mad King' dan Charles VI dari Prancis.

got sejarah  © 2016 brilio.net

Ayah Daenerys, sang Mad King, secara perlahan kehilangan kewarasannya dan digulingkan oleh Robert Baratheon.

Charles VI dari Prancis dikenang sebagai Charles the Mad. Salah satu kisah terkenalnya adalah ketika dia menjatuhkan tombak pada tahun 1932. Dia begitu paranoid dan membunuh prajuritnya sendiri serta beberapa orang lainnya.

17. The Wall dan Dinding Hadrian.

got sejarah  © 2016 brilio.net

The Wall adalah dinding setinggi 800 kaki di sebelah utara Seven Kingdom yang melindungi dari orang asing. Dinding ini dilindungi oleh prajurit Night's Watch.

Kerajaan Hadrian membangun dinding di utara Inggris untuk perlindungan dari warga Skotlandia yang dulu lebih kerap disebut barbarian.

18. Iron Bank dan Medici Bank di Florence.

got sejarah  © 2016 brilio.net

Iron Bank adalah institusi kuat di Bravoos yang mampu meminjamkan banyak uang kepada para bangsawan Westerosi serta kerajaan.

Medici Bank didirikan oleh Bicci de Medici untuk mendanai kerajaan dan para bangsawan Eropa pada abad 15.

19. Sparrows dan Reformasi Protestan.

got sejarah  © 2016 brilio.net

Sparrows adalah kelompok religius yang melenceng pada saat terjadi reformasi gereja Westeros yang korup. Mereka yang mendambakan kesederhanaan dan kerendahan hati dipimpin oleh High Sparrow yang didengar dan diikuti oleh masyarakat.

Selama abad 15-16, seperti Marthin Luther kecewa pada gereja Katolik dan ingin agama kembali pada alur semula, fokus pada ajaran bibel.

20. Cersei Lannister dan Anne Boleyn.

got sejarah  © 2016 brilio.net

Pernikahan Cersei Lannister dengan saudaranya Jaime menyebabkan Joffrey menjadi murka.

Anne Boleyn dihukum oleh Henry VIII setelah terbukti bersalah karena tidur dengan saudaranya George.