Brilio.net - Industri film India alias Bollywood mempunyai ciri khas yang melekat di ingatan, yaitu dibumbui dengan tari dan nyanyian. Padahal gaya ini hasil dari adaptasi panggung broadway loh.

Industri film India juga sangat produktif. Bahkan, sampai saat ini memegang rekor sebagai produsen film terbanyak dalam satu tahun, mengalahkan Hollywood.

Pada tahun 2009, Bollywood mampu membuat 1.288 judul film dengan 24 bahasa yang berbeda. Sedangkan rekor yang dipegang Hollywood hanya 606 judul film pada 2008.

Dari sekian banyaknya film India yang telah dibuat, banyak di antaranya masuk pasar Indonesia. Di Indonesia sendiri film Bollywood sudah sangat familiar.

Lalu apa saja film India terbaik sepanjang sejarah? Berikut, brilio.net merangkum 15 film India terbaik dari berbagai sumber, Kamis (23/1).

Loading...

1. Kuch Kuch Hota Hai.

film india sejarah istimewa

foto: Pinterest.com

Diperankan selebriti andalan India, Shah Rukh Khan dan Kajol, serta alur cerita yang menyayat hati, membuat film ini mendapatkan berbagai penghargaan di FilmFare Awards. Film ini juga merupakan debut dari sutradara Karan Johar yang mengusung pembaruan untuk sinema Bollywood menjadi terkesan lebih modern, berwarna dan dinamis.

Syuting dari film ini bukan hanya di India, namun juga di Mauritius dan Skotlandia. Bukan hanya alur ceritanya yang menyayat hati, namun lagu-lagu dari Jatin Lalit juga sangat memorable, sehingga wajib kamu tonton ulang.

2. Koi... Mil Gaya.

film india sejarah istimewa

foto: Pinterest.com

Siapa yang nggak kenal Jadoo? Film fiksi ilmiah India ini sangat melegenda dengan karakter Alien yang bernama Jadoo. Film terbaik tahun 2004 ini bercerita tentang hubungan seorang laki-laki yang diperankan aktor tampan Hritik Roshan dengan Alien. Film ini menerima banyak penghargaan.

Memiliki jalan cerita yang begitu menyentuh hati, membuat setiap penontonnya akan menangis tersedu-sedu. Walaupun sering ditonton kembali, namun tetap saja akan mengundang air mata jika melihat pengorbanan setiap orang untuk melindungi Jadoo. Bahkan, film ini mempunyai series selanjutnya yaitu Kriss.

3. Dilwale Dulhania Le Jayenge.

film india sejarah istimewa

foto: Pinterest.com

Shah Rukh Khan dan Kajol merupakan salah satu pasangan dengan chemistry terbaik di film. Awal kesuksesan mereka saah satunya di film yang diproduksi pada 1995 ini.

Film yang disutradai Aditya Chopra ini dianggap sebagai film fundamental yang mengubah pola dan gaya perfilman Bollywood.

Selain berhasil membawa pulang Best Movie di FilmFare Awards, film ini juga termasuk satu dari tiga film India yang ditampilkan di buku 1001 Movie You Must See Before You Die. Film ini juga masih diputar di bioskop Maratha Mandir di India sampai saat ini, sehingga memegang rekor film dengan penayangan terlama, 20 tahun tanpa henti.

4. Lagaan.

film india sejarah istimewa

foto: Pinterest.com

Film yang diproduksi tahun 2001 ini adalah film India ketiga yang masuk nominasi Academy Awards untuk kategori Best Foreign Language Film. Film Lagaan dibintangi dan diproduseri Aamir Khan dan disutradarai Ashutosh Gowariker.

Bercerita tentang latar belakang olahraga kriket, namun sebenarnya film ini adalah film perjuangan rakyat kecil melawan kekuasaan asing. Banyak media internasional memasukan film India ini sebagai salah satu film terbaik di daftar film-film terbaik yang mereka susun, seperti BBC, majalah Empire dan Time.

5. Taare Zameen Par.

film india sejarah istimewa

foto: Pinterest.com

Film karya Aamir Khan produksi tahun 2007 ini berhasil menembus Amerika Serikat lewat Walt Disney Pictures dengan judul Like Stars On Earth setelah dua tahun penayangan.

Banyak hal monumental bagi perfilman India lewat film ini. Selain film pertama yang didistribusikan di Amerika Serikat, film ini juga yang menggunakan teknik Clay-Animation.

6. 3 Idiots.

film india sejarah istimewa

foto: Pinterest.com

3 Idiots adalah film komedi produksi 2009 yang mendapatkan kesuksesan hampir di seluruh dunia.

Di negaranya, film ini berhasil mendapatkan pendapatan terbanyak kedua sepanjang masa. Di Asia termasuk China dan Indonesia merajai puncak box-office. Saat ditayangkan di Amerika Serikat, film ini mendaptkan box-office yang begitu besar.

Film garapan sutradara Rajkumar Hirani berkolaborasi dengan Aamir Khan ini bercerita tentang tiga mahasiswa. Film ini memaparkan pentingnya pendiidikan bagi kehidupan bangsa, serta menyindir halus sistem pendidikan yang salah.

7. My Name Is Khan.

film india sejarah istimewa

foto: Pinterest.com

Film ini sedikit berbeda dengan film yang diperankan oleh Shah Rukh Khan dan Kajol sebelumnya. Film ini lebih berat jalan ceritanya dan sangat sensitif temanya, dibumbui dengan agama dan politik. Namun, setiap menampilkan "the golden pair" selalu ditunggu dan mengundang perhatian penggemarnya.

Dirilis pada 2010, film ini langsung sukses di India dan Amerika Serikat. Disutradarai oleh Karan Johar fil ini menampilkan sisi Shah Rukh Khan dan Kajol lebih dewasa dan memiliki masalah yang dalam serta menguras emosi.

8. Barfi!

film india sejarah istimewa

foto: Pinterest.com

Film ini bergenre komedi romantis yang disutradai, ditulis, dan diproduseri Anurag Basu. Barfi! menampilkan trio Ranbir Kapoor, Priyanka Chopra, dan Ileana D'Cruz. Film ini berhasil meraih banyak penghargaan di FilmFare Awards.

Yang mengundang decak kagum adalah penampilan Priyanka Chopra yang totalitas memerankan wanita penyandang autis. Ia tampil sangat jauh berbeda dan tidak terlihat sebagai mantan Miss World yang cantik jelita.

9. Bajrangi Bhaijaan.

film india sejarah istimewa

foto: Pinterest.com

Film yang dibintangi Salman Khan dan Kareena Kapoor, serta disutradarai Kabir Khan ini mengangkat kisah yang menyayat hati. Film yang dirilis pada 27 Juli 2015 ini ditayangkan dalam 20th Busan International Film Festival (BIFF).

10. Raees.

film india sejarah istimewa

foto: Pinterest.com

Film yang lagi-lagi dibintangi Shah Rukh Khan kembali hadir di dalam daftar film terbaik India. Film yang dirilis tahun 2017 berbeda dari film-film sebelumnya yang dibintangi oleh Shah Rukh Khan, kali ini bergenre action-thrillier.

Bercerita tentang Raees, seorang mafia yang memiliki bisnis minuman kerasa ilegal. Raees dan anggotanya selalu licin dan tidak pernah tertangkap polisi. Aapalagi Raees didukung istrinya yang merupakan kepala gangster di wilayahnya.

11. Zindagi Na Milegi Dobara.

film india sejarah istimewa

foto: Pinterest.com

Diproduksi tahun 2011, film ini begitu banyak ditaburi bintang seperti Hritik Roshan, Farhan Akhtar, dan Katrina Kaif. Film ini banyak mendaptkan penghargaan dari beberapa festival film, terutama dari FilmFare Awards yang mendapuk film ini menjadi box-office sebagai Best Movie.

Film ini mengambil syuting di Spanyol, India, Mesir, dan Inggris.

12. Rang De Basanti.

film india sejarah istimewa

foto: Pinterest.com

Film ini meraih Best Movie di ajang FilmFare Awards dan juga mendapat sambutan hangat dari para kritikus film dunia. Dianggap sebagai film India dengan nilai produksi tinggi, naskah kuat, dan dialog yang baik.

13. Andhadhun.

film india sejarah istimewa

foto: Pinterest.com

Film yang dirilis pada 2018 ini berhasil menjadi box-office. Film yang bergenre komedi gelap ini ditulis dan disutradarai Sriram Raghavan. Film ini bercerita tentang seorang pianis tunanetra yang tidak sengaja terlibat pembunuhan aktris film.

Sejak dirilis pada 5 Oktober 2018, film ini berhasil meraup keuntungan hingga Rp 200 miliar. Film yang dibintangi Ayushman Khurrana, Tbau, dan Radhika Apte ini juga masuk ke dalam film India terlaris sepanjang masa.

14. Dangal.

film india sejarah istimewa

foto: Pinterest.com

Dangal adalah film biografi olahraga yang menceritkan sebuah keluarga pegulat. Film ini disutradarai Nitesh Tiwari dan berkerja sama dengan Walt Disney. Dangal suskses meraih penghargaan film terbaik tahun 2017.

15. Mohabbatein.

film india sejarah istimewa

foto: Pinterest.com

Film yang diproduksi tahun 2000 ini disutradarai Aditya Chopra. Film ini dibintangi Shah Rukh Khan, Amitabh Bachchan, dan Aishwarya Rai sebagai pemeran utamanya.

Film ini mendapatkan berbagai penghargaan di FilmFare Awards, bahkan lagu-lagu di film ini menjadi playlist lagu India yang sangat disukai. Mohabbatein juga menjadi film favorit masyarakat Indonesia yang masih sering diputar di televisi nasional Indonesia.

Reporter: mgg/Nurul Fitriana