Brilio.net - Siapa penggemar film animasi Pixar seperti Toy Story, Monster Inc., Finding Nemo, Ratatouille dan lain-lain? Kamu tentu penasaran jika rupanya ada rahasia di balik setiap film keluaran Pixar.

Jon Negroni, seorang blogger dan kritikus film, telah menemukan teori yang disebut The Pixar Theory. Teori ini menyebutkan bahwa setiap karakter di film Pixar berada dalam satu alam semesta yang sama. Lho, kok bisa ya?

Nah, daripada makin penasaran ini dia rahasia di balik film animasi Pixar, seperti dikutip brilio.net dari Brightside, Jumat (23/9):

1. Hewan dan benda-benda di semua film Pixar bisa bergerak dan berbicara.

rahasia film animasi Pixar © 2016 brilio.net

Loading...

Dimulai dari film Brave (2012) yang menceritakan berkat ramuan penyihir bisa mengubah binatang dan benda-benda mati bertingkah laku seperti manusia. Ialah sang ratu, ibu dari Merida yang berubah menjadi beruang kemudian mengajarkan beruang dan binatang lainnya untuk berperilaku layaknya manusia.

2. Hewan menjadi lebih pintar dan cerdas, bahkan dapat menggantikan peran seseorang.

rahasia film animasi Pixar © 2016 brilio.net

Hewan di Pixar Universe berkembang dan membentuk populasi yang memiliki kecerdasan dan kepribadian. Mereka tak hanya berperilaku seperti manusia tapi juga bisa memasak layaknya manusia seperti terlihat dalam film Ratatouille (2007).

3. Charles Muntz, karakter antagonis dari film Up (2009) menciptakan alat yang akan memanfaatkan pikiran hewan.

rahasia film animasi Pixar © 2016 brilio.net

Tampaknya Charles Muntz mulai sadar jika hewan di Pixar Universe lebih cerdas dari yang selama manusia pikirkan. Ia kemudian memiliki ide untuk menciptakan kalung yang memanfaatkan pikiran seekor anjing.

4. Buy-n-Large (BNL) muncul dalam film sebagai sebuah perusahaan yang mengambil alih pemerintahan dan dunia.

rahasia film animasi Pixar © 2016 brilio.net

Masih ingat adegan di film Up di mana Carl dipaksa menyerahkan rumahnya kepada sebuah perusahaan untuk kepentingan memperluas kota? Ya, ialah Buy-n-Large yang juga muncul dalam film Wall-E (2008).

5. Kita juga bisa melihat logo BNL dalam film Finding Nemo dan Toy Story.

rahasia film animasi Pixar © 2016 brilio.net

Dalam film Finding Nemo (2003), konfrontasi antara manusia dan hewan mencapai batasnya. Makhluk laut bersatu untuk menyelamatkan Nemo yang ditangkap manusia dan BNL muncul lagi melalui artikel berita tentang dunia bawah laut yang indah. Sementara dalam film Toy Story, BNL memproduksi baterai untuk Buzz.

6. Banyak film di Pixar yang memiliki sebuah truk Pizza Planet misterius.

rahasia film animasi Pixar © 2016 brilio.net

Jika kamu memperhatikan dalam film Pixar seperti A Bug's Life (1), Finding Nemo (2), Monster,Inc. (3), Cars (4) rupanya ada sebuah mobil dengan roket di atapnya. Keberadaan mobil ini membuktikan bahwa segala sesuatu terjadi di alam semesta yang sama.

7. Mesin mengontrol manusia dan manusia pindah ke Axiom.

rahasia film animasi Pixar © 2016 brilio.net

Dalam setiap film Toy Story, sangat jelas terlihat bahwa mesin berusaha untuk membalikkan keadaan dengan mengontrol manusia. Mesin-mesin ini menggunakan perusahaan yang mengarah ke revolusi industri karena mereka pasti bergantung pada mesin, di mana pada akhirnya hal ini berujung pada polusi. Kehadiran mesin yang tak seimbang, membuat Bumi tak layak huni bagi manusia dan hewan.

Sehingga dalam film Wall-E terlihat manusia yang tersisa diletakkan di Axiom sebagai upaya terakhir untuk menyelamatkan mereka. Namun di dalam Axiom, manusia hanyalah ingin kebutuhan hidup terpenuhi dan semuanya berkat mesin. Mesin-mesin telah membuat manusia bergantung pada mereka.

8. Manusia meninggalkan Bumi dan hanyalah mobil cerdas yang tinggal di sana.

rahasia film animasi Pixar © 2016 brilio.net

Mesin yang masih tinggal di Bumi dan memiliki kehidupan terlihat dalam film Cars (2006). Tak ada hewan dan manusia tapi kita tahu bahwa planet yang ada di film ini adalah bumi. Dalam Cars 2 (2011), mobil-mobil pergi ke Eropa dan Jepang, sehingga jelas bahwa ini semua terjadi di planet bumi.

9. Tanaman yang tumbuh dari sepatu boot di film Wall-E adalah pohon yang sama dari film A Bug's Life.

rahasia film animasi Pixar © 2016 brilio.net

Selama film Wall-E, kita dapat melihat sepatu berisi tanaman yang menggambarkan kehidupan. Tanaman tersebut akhirnya tumbuh menjadi sebuah pohon yang kokoh yang sama seperti ikon dalam film A Bug’s Life. Kedua tanaman dalam film tersebut sama-sama tumbuh dan berkembang menjadi sebuah pohon sebagai simbol harapan untuk kebangkitan.

10. Ada beberapa orang tinggal di Bumi dan sekelompok serangga membentuk sebuah peradaban.

rahasia film animasi Pixar © 2016 brilio.net

Serangga dalam A Bug’s Life (1998) memberitahu kita bahwa serangga dapat bertahan dalam planet tercemar ini. Namun tak banyak manusia yang masih hidup. Itulah sebabnya mengapa kita tak bertemu siapapun di film ini, hanyalah anak laki-laki mengambil serangga dan memegang sayapnya.

11. Di masa depan, spesies baru muncul dan hidup harmonis.

rahasia film animasi Pixar © 2016 brilio.net

Serangga, mesin dan orang-orang yang selamat hidup berdampingan sampai muncul spesies baru di Pixar Underwear, Monster. Dari mana mereka berasal? Jon Negroni percaya bahwa mereka bermutasi selama ratusan tahun oleh polusi bumi. Anggapan lain, monster muncul karena perkawinan antara manusia dan hewan untuk menyelamatkan diri dari situasi bumi yang mengancam hidup mereka.

Apapun alasannya, monster ini tak terlihat seperti hewan mengerikan yang bermutasi, hanya lebih besar dan beradab. Bahkan mereka memiliki kota sendiri dan perguruan tinggi, seperti yang kita lihat di film Monsters University (2013). Berkat mesin, monster menemukan cara untuk menggunakan pintu untuk melakukan perjalanan ke masa lalu di mana masih ada manusia.

12. Mobil trailer film Monster,Inc muncul juga dalam A Bug’s Life.

rahasia film animasi Pixar © 2016 brilio.net

Kedua film tersebut jika kita mengamati ada sebuah mobil trailer yang sama persis. Bedanya pada film A Bug’s Life trailer lebih tua dan lebih bobrok, sementara trailer di Monsters Inc terlihat lebih baru. Menurut teori ini film Monsters Inc. adalah film Pixar yang berada di linimasa terkini, di mana pada akhirnya manusia, hewan, dan mesin menemukan cara untuk saling memahami dan hidup harmonis.

13. Dalam film Monster,Inc tokoh utama Boo, mencari tahu apa yang terjadi pada temannya, Sully.

rahasia film animasi Pixar © 2016 brilio.net

Boo melewati pintu dan melihat semua yang ada di masa depan. Ia ingin mencari tahu apa yang terjadi pada Sully dan mengapa hewan di zamannya tak sepintar yang ia lihat di masa depan. Nah, sementara Boo sendiri adalah penyihir dalam film Brave. Penyihir dalam film Brave menurut Negroni adalah Boo tua. Tapi bagaimana bisa ya?

Dalam film Brave, kita juga bisa melihat munculnya ukiran berbentuk Sully di gubuk milik sang penyihir. Selain itu, kita juga bisa melihat truk Pizza Planet yang dipahat oleh penyihir di gubuknya. Hal ini tentu tak masuk akal bagi penyihir abad pertengahan kecuali ia pernah melihat sebelumnya.

Gimana teori film animasi Pixar menurut Jon Negroni nih? Makin bingung apa penasaran? Rincian lebih lanjut dan keterkaitan antar film bisa kamu baca selengkapnya lewat blog pribadi Jon Negroni ya.