1. Inventing Anna (2022).

film serial Netflix kisah nyata berbagai sumber

foto: imdb.com

Inventing Anna merupakan film serial Netflix yang diangkat dari kisah nyata tentang sebuah penipuan besar. Film ini mengisahkan aksi penipuan yang dilakukan oleh Anna Sorokin. Anna mampu meyakinkan para pengacara dan bankir bahwa dia adalah pewaris kaya yang mampu membayar pinjaman. Ia kemudian membuat dokumen palsu yang mengklaim dia memiliki dana perwalian sebesar 60 juta euro.

Anna Sorokin yang lahir di Rusia mampu menipu anggota lapisan atas Kota New York untuk percaya bahwa dia adalah pewaris Jerman dengan akses ke kekayaan besar. Ia memanfaatkan citra ini untuk menerima ratusan ribu dolar dalam bentuk tunai, barang dan jasa sambil bekerja menuju tujuannya untuk membuka klub bertema seni eksklusif.

2. The Billion Dollar Code (2021).

film serial Netflix kisah nyata berbagai sumber

foto: imdb.com

The Billion Dollar Code merupakan film serial Netflix yang diangkat dari kisah nyata tentang dua jenius komputer asal Jerman berdasarkan kisah nyata. Kisah bermula pada era 1990-an ketika kedua jenius komputer itu menemukan algoritma yang kemudian digunakan untuk membuat Google Earth. Alur cerita berkisar pada sengketa pelanggaran hak paten pada 2014 melawan Google dan menuduh bahwa TerraVision digunakan untuk mengembangkan Google Earth.

Karakter fiksi Brian Anderson mengacu pada Brian McClendon dan Michael T Jones yang menemukan Keyhole Inc untuk mengembangkan browser planet. Serial ini sempat mendapatkan gugatan dari pihak Google dan selesai pada 2017. Namun, imbas dari gugatan tersebut, beberapa skrip penting dihilangkan dari serial ini untuk menghindari konflik dengan Google.

3. Extracurricular (2020).

film serial Netflix kisah nyata berbagai sumber

foto: imdb.com

Extracurricular merupakan film serial Netflix yang diangkat dari kisah nyata kasus Nth Room yang sempat menghebohkan publik Internasional, karena pelakunya adalah seorang pelajar. Extracurricular mengisahkan sekelompok siswa sekolah menengah yang menjalankan sebuah bisnis ilegal. Semua bermula saat Oh Ji-soo menjalankan bisnis terlarang tersebut dan kemudian diketahui Bae Gyu-ri yang juga ingin bergabung menjalankan bisnis tersebut.

Namun, semua berubah saat Seo Min-hee yang juga terlibat dalam bisnis tersebut ditangkap polisi. Bisnis yang awalnya menjadi jalan mereka mencari uang, mulai mengundang banyak petaka. Sejak itulah, petualangan siswa sekolah menengah ini dimulai.

4. Unorthodox (2020).

film serial Netflix kisah nyata berbagai sumber

foto: imdb.com

Unorthodox merupakan film serial Netflix yang diangkat dari kisah nyata pertama berbahasa Yiddish, bahasa Jermanik Barat yang secara historis dituturkan oleh orang Yahudi Ashkenazi. Serial ini terinspirasi oleh otobiografi Unorthodox: The Scandalous Rejection of My Hasidic Roots karya Deborah Feldman pada 2012.

Serial besutan sutradara Maria Schrader ini mengangkat kisah nyata Deborah yang tumbuh besar di dalam komunitas Yahudi Hadistic. Dalam empat episode, Unorthodox mengisahkan wanita muda Yahudi yang melarikan diri dari pernikahan dan komunitas agamanya. Serial ini mengisahkan bagaimana seorang wanita Yahudi menemukan hal lain di luar komunitas agamanya dan pergi ke pusat kota Berlin Jerman untuk menemukan jawaban.

5. The Spy (2019).

film serial Netflix kisah nyata berbagai sumber

foto: imdb.com

The Spy merupakan film serial Netflix yang diangkat dari kisah nyata tentang aksi mata-mata Eli Cohen, seorang mata-mata Mossad. Cerita ini terjadi selama tahun-tahun menjelang Perang Enam Hari pada 1967 antara Israel dan Suriah. Film serial ini mengisahkan masa lalu Cohen di Mesir sebagai tentara yang menolak menolak untuk melakukan infiltrasi dari Kementerian Pertahanan Suriah.

Cohen menggunakan identitas Kamel Amin Thaabet dan memantapkan dirinya dalam bagian elite Suriah. Setelah berteman dengan orang-orang yang pada akhirnya akan mengambil alih Suriah, Cohen diangkat sebagai Wakil Menteri Pertahanan negara itu dan menjadi orang kepercayaan presiden masa depan Amin al-Hafiz.

6. Unbelievable (2019).

film serial Netflix kisah nyata berbagai sumber

foto: imdb.com

Unbelievable merupakan film serial Netflix yang diangkat dari kisah nyata yang menceritakan Det. Grace Rasmussen, seorang detektif Departemen Kepolisian Westminster di Westminster, Colorado. Ia bersama Det. Karen Duvall, seorang detektif Departemen Kepolisian Emas di Golden, Colorado mencoba untuk mengungkapkan kasus pemerkosaan yang simpang siur.

Marie, seorang remaja yang dituduh berbohong telah diperkosa. Hal ini pun membuat Rasmussen dan Duvall harus bekerja untuk mengungkapkan detail yang diutarakan korban. Menggunakan beberapa bukti yang didapatkan, mereka segera menyusun premis-premis tentang segala kemungkinan yang terjadi dalam kasus tersebut.