Brilio.net - Gerhana matahari total merupakan fenomena tak biasa sehingga layak untuk diabadikan. Foto maupun rekaman adalah bentuk yang paling mudah, bisa didapat oleh siapapun asalkan menggunakan pelindung yang memnuhi standar. Cara lain adalah mengabadikannya dalam bentuk audiovisual.

Tercatat sejak 1935 telah hadir tayangan yang mengangkat fenomena 1,5 tahun sekali ini. Adalah serial komedi film pendek asal Amerika Serikat berjudul Our Gang yang berkisah tentang petualangan anak-anak miskin sepermainan yang merupakan tetangga. Serial ini telah tayang sejak tahun 1922. Pada episode Little Sinner yang tayang pada Oktober 1935, dihadirkan kisah bocah yang membolos sekolah hari Minggu ke gereja dan memilih bermain-main ke kolam ikan milik salah satu warga tanpa ijin kepada sang pemilik. Ketika itu terjadi gerhana. Bersamaan dengan itu, si anak bernama Spanky itu mendengar nyanyian baptisan dari gereja yang tak jauh dari tempatnya, menyebabkan dia ketakutan dan memilih datang ke gereja.

Selain salah satu episode Our Gang tersebut di atas, ada beberapa film yang mengangkat fenomena gerhana, seperti dikutip dari wikipedia pada Rabu (9/3).

1. King Solomon's Mines (1937)

11 Film berikut ini mengangkat gerhana dalam ceritanya

Loading...

foto-foto: imdb.com

Robert Stevenson mengangkat novel garapan Henry Rider Haggard dengan judul yang sama menjadi sebuah film. Kisah yang diangkat adalah perebutan wilayah yang memuat tambang berlian di Afrika Selatan. Pada saat terjadinya gerhana, terjadilah pemberontakan terhadap pemerintahan yang tengah berkuasa yang dinilai kejam. Sang pemimpin pemberontakan mengaku dirinya merupakan putra dari pemimpin sebelumnya yang telah dirampas oleh para penguasa sekarang. Film ini pernah diproduksi ulang pada 1950, 1985, dan 2004.

2. A Connecticut Yankee in King Arthur's Court (1949)

11 Film berikut ini mengangkat gerhana dalam ceritanya

Tay Garnett mengangkat novel karya Mark twain menjadi film berjudul sama. Film ini termasuk yang laris pada masanya. Berkisah tentang seorang mekanik tahun 1912 yang terdampar di tahun 528. Dirinya diuntungkan karena telah kenal teknologi.

3. Barabbas (1961)

11 Film berikut ini mengangkat gerhana dalam ceritanya

Richard Fleischer memfilmkan novel karya penulis Swedia Pär Lagerkvist dengan judul sama. Karya ini pernah difilmkan lebih dulu di Swedia pada 1953. Kisah yang diangkat adalah penyaliban Yesus, yang mana pengambilan adegan dilakukan ketika tengah terjadi gerhana matahari.

4. Incubus (1966)

11 Film berikut ini mengangkat gerhana dalam ceritanya

Film garapan Leslie Stevens yang dianggap hilang selama bertahun-tahun, sampai salinan ditemukan di Paris pada tahun 1996 ini mengisahkan sebuah desa yang tenar karena memiliki sumur ajaib. Airnya dipercaya dapat menyembuhkan orang sakit dan membuat wajah seseorang menjadi lebih indah. Momen gerhana dalam film horor ini berperan dalam mendekatkan dua orang untuk saling jatuh cinta.

5. Pharaoh/Faraon (1966)

11 Film berikut ini mengangkat gerhana dalam ceritanya

Jerzy Kawalerowicz mengangkat film karya penulis Polandia Bolesaw Prus dengan judul sama. Latarnya adalah kehidupan Mesir kuno yang diambil di Eropa, Asia dan Afrika. Proses pembuatan film ini memakan waktu 3 tahun.

6. 2001: A Space Odyssey (1968)

11 Film berikut ini mengangkat gerhana dalam ceritanya

Film yang disutradarai oleh Stanley Kubrick ini bertemakan evolusi manusia, teknologi, kecerdasan buatan, dan kehidupan luar bumi. Film ini hadir setelah ditemukannya monolit hitam yang disebut-sebit memngaruhi evolusi manusia.

7. The Watcher di Woods (1980)

11 Film berikut ini mengangkat gerhana dalam ceritanya

Diangkat oleh John Hough dari novel karya Florence Engel Randall. Kisahnya adalah seorang gadis remaja bersama adiknya yang tersesat di sebuah hutan di Inggris. Gadis bernama Karen itu dinyatakan menghilang dalam sebuah upacara serupa pemanggilan arwah setelah petir menyambar menara dan lonceng jatuh di atas tubuhnya. Hilangnya Karen dikaitkan dengan gerhana matahari.

8. Dragonslayer (1981)

11 Film berikut ini mengangkat gerhana dalam ceritanya

Film fantasi karya  Matthew Robbins ini emgishakan seekor naga bernama Vermithrax Pejorative yang usianya 400 tahun menyerang kerajaan Urland. Latar waktunya adalah abad ke-6, pasca kerajaan Romawi. Pertempuran antara penyihir penyelamat dengan naga tersebut terjadi ketika gerhana matahari. Naga membawa terbang sang penyihir dan mati bersama-sama.

9. Himala/Miracle (1982)

11 Film berikut ini mengangkat gerhana dalam ceritanya

Film drama garapan sutradara Filipina Ishmael Bernal ini mengisahkan sebuah desa ynag mengalami kekeringan akibat kutukan. Beberapa tahun sebelumnya, masyarakat desa itu memaksa seorang penderita kusta menjauh dari desa. Ketika terjadi gerhana matahari, seorang gadis desa melihat Bunda maria di dekat sebuah pohon. Gadis itu lalu melibatkan diri dalam penyembuhan spiritual warga.

10. Darkness (2002)

11 Film berikut ini mengangkat gerhana dalam ceritanya

Film garapan Jaume Balagueró ini berkisah tentang sebuah keluarga Amerika yang pindah ke sebuah rumah di pedesaan Spanyol. Di tempat baru ini pernah terjadia enam anak menghilang selama ritual okultisme empat puluh tahun sebelumnya. Putra dan putri dari keluarga ini mengalami 'gangguan' di rumah. Ternyata diketahui ayah di keluiarga itu merupakan salah satu dari tujuh kurban di ritual yang dilakukan per 40 tahun itu. Kepala keluarga bernama Mark itu batal dikurbankan karena ayahnya dulu menyadari tidak mencintai Mark, sedangkan syarat kurban adalah sosok yang dicintai dalam keluarga.

11. Gerhana

11 Film berikut ini mengangkat gerhana dalam ceritanya

Jika kamu generasi 90an, kamu pasti tak asing dengan sinetron yang dibintangi Pierre Roland yang menghiasi layar kaca tanah air 1999-2003. Sosok Dina Lorenza, Soraya Abdullah, Peggy Melati Sukma, Ruhut Sitompul, serta Meyranie Vauziah menghidupkan sinetron ini hingga 3 musim.